Nilai Sebuah Seni, Seni yang Ditinggalkan


             "Art is not living. It is the use of living"
                                                                                                Audre Lorde 




Menyadari bahwa gw bukan lagi gw yang dulu meninggalkan segelintir perasaan yang aneh. Ini terjadi ketika gw mengunjungi ART JOG 2011 di Taman Budaya Jogjakarta. Bermodal dianter sepupu gw, melesatlah gw ke tempat itu. Dan begitu masuk gw sangat terperanjat.... Gw melihat jiwa gw beberapa tahun yang lalu, ketika setiap detiknya nafas gw berbau seni, ketika jiwa gw begitu rekat dengan warna....
Di Art Jog gw menemukan banyak sekali karya seni brilian milik anak bangsa (atau beberapa seniman luar negeri), di setiap detail karya mereka terhembus bukan saja keindahan semata... banyak nilai disana, ada politik, kemanusiaan, kemarahan, kebimbangan bahkan menertawakan seni itu sendiri ada... Saking mendalaminya gw berasa pengen guling-gulingan di lantainya dan mencium semua yg gw anggap karya spektakuler tp gw urungkan niat itu karena gw takut sepupu gw epilepsi liat gw.
Gw bakal tunjukin beberapa karya favorit gw


NOWADAYS karya Citra Kemala Putri
Lukisan ini menggelitik gw, simpel tp nampol. Di lukisan digambarkan sosok perempuan Indonesia masa kini yang mulai kehilangan jati dirinya sebagai warga Indonesia. Rambut yang berkonde itu tertutup oleh kacamata hitam khas barat, baju gahoel punya amerika... hilang sudah saat ini siapa kita sebenarnya... Nowadays.

DREAMER karya Wahyu Santosa
Baguuuus bgt kaaan? dilihat dari bentuknya aja dah bagus bgt, kalo liat lbh detail lagi ya ini tuh cantik bgt... seakan akan melayang... Dreamer... semua dari kita adalah pemimpi bukan? Semua dari kita punya mimpi, yang membedakan adalah yang satu memperjuangkan mimpi itu sedangkan yg lainnya hanya membiarkan mimpi menjadi bunga tidur


INI BUKAN SENI karya  F. Sigit Santoso
Pas lihat pertama kali, gw semi teriak ANJRIT WOOOOY SIAPA BOKER DISINI?! setelah gw menenangkan diri beberapa saat gw terpukau bahwa ini adalah salah satu karya seni yg dipamerkan, dengan judul sangat menggelitik 'Ini Bukan Seni', kalo lebih jeli lagi di toilet itu ada ukiran bertuliskan "Art Now Not Art". Ah nampol bgt! Bener kan? Sekarang coba liat film-film yang diputer, POCONG KESURUPAN, KUNTILANAK BUDEK, besok gw buat KEONG NGEPET gmn? musik-musik yg didengungkan? ga jauh jauh dari cinta dua orang yg ga kesampean krn yg satu kaya satu miskin, ampun. Semua cuma melihat pasar... nilai seninya nihil apalagi nilai di dalam seninya itu sendiri, mines malah!!
Menurut gw justru karya inilah yg paling berseni, liat aja eek nya aja bertuliskan seni. Lw tau bapak-bapak di belakang gw pas lewat sampe TUTUP HIDUNG! Dahsyat ga tuh efeknya,? haha

aaaaah sebenernya banyak bgt yg masih gw masukin tapi mata gw dah 5 watt... Cuma perenungan aja sih buat gw... Kalo liat aktivitas gw dulu, teater, ngelukis, kristik (seni menjahit), gw jadi kangen... terlebih teater... disana gw bisa mencurahkan apa yg ingin disampaikan seorang nenek tua renta, seorang gembel kumuh sampe segenggam rumput yang dicabut paksa (ketauan kan peran gw kacau semua, seumur-umur teater paling bagus peran gw nenek tua renta yg jatuh cinta dan punya anak nemu di kali waktu lagi nyuci, tragis).

Tapi sekarang ini gw bergulat di dunia politik... dunia yg keras, walaupun selalu ada seni dimanapun... di politik pun ada seninya, seni menjatuhkan lawan, seni pencitraan, seni lobbying dan negosiasi. Tapi gw ga pernah menyesal, karena pastinya gw yang paling kenal diri gw sendiri. Sekarang sebagai pengamat dan penikmat seni gw juga cukup bersyukur.
Sekarang ini kalo gw disuruh manggung lagi mungkin gw cuma gelepar geleparan diatas panggung yak? Tapi bermain di atas panggung taman ismail marzuki adalah salah satu dari One Hundred Dreams... Doain yaaa gimana caranya biarlah Allah yg mengatur, mungkin nanti gw cuma jadi pembukaan ngupil depan panggung *agak ga mungkin sih tp gw selalu percaya bahwa segalanya itu mungkin selama kita punya Allah

Komentar

Postingan Populer