Jangan Sampai Anda Menawarkan 'Tongkat' kepada Bule




Hari ini, ga bakal gw lupa seumur hidup gw... karena hari ini gw MENJADI GUIDE DADAKAN!
Ceritanya gini, hari ini seorang teman bule gw dari Belanda, yaitu Mr. Marcel dan Ewout (buat yang ga tau siapakah dia ,baca notes gw sebelumnya yg PDAM Episode:2 "euh eta si Mansur emang dasar KOMPENI!!!) dateng ke Indonesia.

Ini bermula dari gw yang waktu itu ngucapin selamat waktu Ewout ulang tahun. Nah, wall gw dibales tuh dengan ucapan terima kasih, trus jadi ngobrol deh di situ sampe akhirnya si bule itu minta nomer gw karena dia besoknya tu mau ke Bogor, dan dia bilang nanti dikabari lagi setibanya di Indonesia. Dengan sangat terpaksa gw kasih aja nomer gw, padahal gw tau resikonya gw bisa diteror fans2 berat ge (najis, padahal gw memberikan nomer gw dengan kecepatan cahaya dalam ruang hampa)

Hari ini.Pagi2 buta gw yang bermaksud mendaftarkan diri ikutan SNMPTN iseng2 buka pesbuk dan melihat one message gitu...pas gw buka. DAAASHH... dari Ewout (gw berharap itu ajakan untuk menikah, jadi gw orang kedua setelah tias yg nikah di angkatan gw) tapi ternyata itu pesan untuk meminta gw jadi guide dia di bogor. "Can you show me some places in Bogor?"
gw basa basi aja nyampe basi beneran : "Of course, with my pleasure!"
Dan ternyata bener aja..dia sms ke hape gw, bilang dia dah di bogor dan menunggu gw untuk nganterin dia keliling2 bogor. Gw kira ga bakal jadi tea... Sebenernya sih gw pengen tapi ada dua masalah gw:
1. INGGRIS GW TERLALU BUDUK UNTUK MENEMANI SEORANG BULE SENDIRIAN DAN SEHARIAN! 
2. GW CUMA TAU JALAN KE KEBON RAYA BOGOR-RUMAH-SEKOLAH... (ga juga sih,,,tapi kalo dia minta anterin ke Jurug, atau Batu Tulis, atau Pemandian Air panas Ciseeng tea bisa bisa gw ngebawa dia ke Safari, gw nyesel selalu tidur di mobil setiap kemana mana)

Akhirnya setelah gw omongin dengan sangat hati2 ke orang tua gw, gw mendapatkan ilham
JANGAN PERNAH CERITA APAPUN KEPADA KEDUA ORANG TUA YANG MUR DI KEPALANYA ADA YG COPOT
Ada yg mau tau apa reaksi Mak & Bapak gw:
Mak Gw: "Alhamdulillah naaak.... mama pikir kamu selama ini Lesbi, akhirnya kamu punya cowok juga, bule lagi..."
(gw dah ngasah samurai)
Bapak gw: " Ayo ma, kita mandi, pake baju yg bagus, kta liat calon menantu"
(gw udah harakiri depan tetangga gw yg baru keluar dari kamar mandi pake kolor doang---ada yg percaya kata2 ini benar?)
Walaupun gw tereak tereak kalo tu bule bener2 cuma temen gw doang (Mr. Marcel dah punya anak, EWout dah mau nikah) yg tertanam di otak mereka adalah: ANAKKU BAKAL DAPET BULE!

Akhirnya gw terpaksa bilang ke Ewout : "can I invite my parents to join with us?"
Gw tau dalam hati dia bilang "hah?? ini apaan yak, kayaknya gw salah pilih temen nih" tapi yg muncul di layar hape gw : "Of course, you can"
Usaha gw biar ga malu2in bgt adalah:
1. SMS si Riris, minta tolong dia buat standby dpn hape, jadi kalo gw pgn nanya bahasa inggrisnya ini apa langsung sms dia dan lgsg dibales.
2. SMS si Hikmat, nanya2 tempat apa yg pantas dikunjungi Bule.
3. Bawa kamus, mulai dari Indonesia-Inggris, Inggris-Indonesia, Inggris-Inggris, Indonesia-Sunda (yg terakhir boong) banyak bgt dah pokoknya.
4. Searching2 di internet ttg intersting places in Bogor.

Dan melajulah kita ke Hotel Novotel, sampai lobinya gw liat 2 org bule yg ga asing,, yup dialah Mr.Marcel dan Ewout, sumpaah baca deh notes gw yg PDAM episode 2, nyambung bgt nih...
Tapi ternyata Mr.Marcel ga bisa ikut soalnya mau ada meeting gitu deeeh,,,jadi cuma sama Ewout aja.
Ewout tu bule dari Belanda yg wajahnya bule bgt (maksudnya apa sih? pokoknya keliatan lah dia kejuvora) tingiii bgt. gw cuma sepinggangnya kali...Umurnya 26 tahun.

Naah,, target pertama kita MUSEUM ZOOLOGI
Sampe disana gw malah kebingungan sendiri , kok zoologi digabung yak sama kebon raya,tampang gw dah tolol bgt kayak bayi dugong.
Dan sesampainya di museum gw agak kasian sama ni bule, dia girang bgt sumpah. dah kaya liat harta karun..
Dikit dikit."WOW AMAZING", "THATS COOL", "WONDERFUUUL"
Tiba2 pas lagi liat foto2 pemimpin zoologi (yang pasti yg pertama mendirikan kan org belanda kan ya? ) mak gw nyerocos "Your Granpa, Your Grandpa" (sambil nunjuk2 poto org belanda sama patungnya gitu)
dia cuma ngakak2 aja... "ha haha haha ..yes, my grandpa"
gw tau dalem hati dia pasti "GILA , GW SEORANG BELANDA SENDIRIAN DIKELILINGI MAK MAK JAWA STRES". ah hilang sudah harapan gw dapetin cowok bule. dia pasti ngeri.

Sebenenya ada enaknya juga sih jalan sama bule, malah banyak enaknya. Gw jadi diliatin semua mata yg ada di sana, setiap gw lewat ada aja yg nunjuk2 (HUAHAHHAA). Padahal gw tau ga mungkin lah mereka nunjuk gw, pasti semua gara2 penjulangan tinggi badan si Ewout dan kepirangan rambutnya (ini bahasa macem apa sih?)
Apalagi kalo cewek2 , mupeng bgt deh, langsung kaya org meleleh tea, Tapi sekalinya liat gw muka mereka berubah jdi kaya orang sembelit 3 kali lebaran. Masa ada yg ngomong "Ah ceweknya biasa aja, cantikan gw"
WHAT THE ****
Gilaaaa ga siii... mending gw ceweknya beneran, mau dihina juga gw dpt cowok bule ganteng, nah ini udah dihina, bukan cowok gw juga..perih...

Nah, hbs dari situ kita jalan2 ke Kebun Raya tuh... Dia pengen bgt liat Rumah Anggrek (Orchid House), jalan tuh...(gayanya dah bule bgt dah, kaos biasa, dengan lambang polo. sendal jepit, tas ransel gede). Pas dijalan bapak gw pake acara kecapean lagi... Bikin dia bingung liat bapak gw megap megap sendiri padahal jalan belom nyampe 20 langkah (akibat rokok). Dan kita terpaksa berhenti sebentar buat beli es krim. Makaan es krim berempat. Bapak gw dengan bagusnya BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!!
gw dah pengen nangis dah liatnya. Gw pungut dah tu sampah, gw buangin. Gw teriak aja PAPA MALU DONG NIH ADA BULE!DIA AJA BAWA BAWA SAMPAHNYA NYAMPE DAPET TEMPAT SAMPAH AH PAYAH NIH (si bule diem aja ga ngerti---ya iyalah)
Tau taunya kita rada nyasar gitu, untung ada mas2 (mas2 ini nantinya bakal menjadi biang malapetaka gw), mas2 yg jualan es krim nong-nong ini gw tanya: "mas rumah anggrek mana?".
mas2 es krim: "oh...terus aja, nanti kalo dah lewat jembatan naik aja"
Gw+ ewout : Terima kasih (haha bisa juga tu bule bilang makasih)
Sesampainya di rumah anggrek apa yg terjadi TUTUP. Daaash tampangnya kasian bgt dah... tp dia baik bgt, pas gw bilang "Oh..poor you.." Dia bilang "No, no...Poor your parents" sambil nunjuk bapak gw yg udah kaya orang asma mau keluar ususnya, sama mak gw yg udah kaya orang buka pijet urut duduk sambil mijet2 kakinya.
Astagfirullah, gw lupa kondisi orang tua gw dah sgt mengenaskan.
Tiba2 bapak2nya yg jaga bilang : "mbak, masuk deh boleh, tapi 10 menit aja ya"
Wakakaka gw pas bilang gitu ke dia , tampangnya kaget bgt, sambil bilang "Woow, It's weird"
dalem hati gw "ya iyalah ada elu, pasti semua jadi serba aneh"
Pas di dalem dia girang lag (maklum dia pecinta tanaman dan binatang)i...langsung dah kayak cacing kepanasan moto2 semua bunga2 anggrek sambil berdecak kagum. Nah, bapak sama Mak gw kan pecinta tanaman juga ya..jadi mereka saling bertukar pendapat.
Mak gw: "it is beautiful"
Ewout: "Iya Bagus ya.." (sengau2 gitu)
mak bapak gw kaget, dan mereka makin girang aja..girang girang dah lw bertiga.
Dan tiba2 mak gw membuat masalah lagi dengan minta taneman ke mas2 yg lagi nyemprotin bunga bunga, dan lebih cangaknya lagi DIKASIH!
Si bule cuma geleng2 sambil bilang "Really weird"
Padahal semua itu gara2 ada dia ,dia diistimewakan di situ.

Naaaah, habis dari rumah anggrek itu, gw berniat ngajakin dia liat kaktus di Taman Meksiko. Mak+ bpk gw yag dah kaya kura2 gondrong ga kuat dan akhirnya berniat untuk menunggu di gerbang masuk. Akhirnya gw cuma berdua aja sama Ewout (yes inilah waktunya!)
Naah pas dah jalan jauuuh bgt ga nyampe2, tiba2 ADA MAS2 ES KRIM TADI LAGI! Langsung aja gw tanya, soalnya petunjuk dia sebelumnyakan jitu bgt tuh.
Gw: "Mas kalo taman meksiko kemana ya?"
Mas es krim: "Laah mbak dah kelewat dr tadi"
dalam hati gw assan ga ada taman meksiko dari tadi
Gw: "Itu loh mas yg ada kaktusnya"
Mas es krim: "Oh itu mah bukan taman meksiko, mbak lurus aja terus kesana naik, nanti banyak kaktus deh di situ.namanya Taman Kaktus"

GW NYARIS GILA---> Taman kaktus???? Asa ga pernaah denger
tapi akhirnya gw percaya juga...dan gw bawa tu Bule ke tempat yg gw ga tau juntrungannya.
Makin lama, makin sepi...sepi bgt...ga ada orang , yg kedengeran cuma suara jangkring.. gw dah nyaris nangis..tp yg lebih tragis gw ngebawa ni bule belanda nyasar. Guide macam apa gw. Gw habis itu langsung bisa merasakan susahnya jadi guide.
Makin lama gw dah kaya masuk hutan. dah ngos2an capek bgt jalan jauuh bgt, si bule malah tenang2 aja lagi... malah seneng dengerin suara jangkrik. SUMPAH ITU SEPI BGT. Tiba2!! DEEESHH ada yg mojok di belakang pohon. Gobs! Muka gw dah merah kayak kepiting rebus. Dianya biasa aja lagi (dah sering kali di belanda mah) dan gw jalan makin ga jelas arah. Padahal tu bule dan nanya nanya: "Ini dimana, mau kemana, kamu yakin ini jalannya"
Gw pengen bilang:"maaf ya, gw juga ga tau ini dimana. Ayo kita buat asap membumbung di udara jadi SOS dan ada yg nyelamatin kita"
Gw bilang aja pake bahasa Indonesia: "Diem dah jangan bawel, ini gw juga bingung ada dimana" hbs itu gw senyum tanpa dosa, dan dia juga cuma senyum dikira tadi gw ngomong "sebentar lagi kita sampai" 
Tiba2 setelah makin jauh tau ga gw nyampe mana???
Nyampe ke tempat yg isinya HOMOAN SEMUA, gw liat ada 3 pasang cowok. Yg satu lagi suap-suapan bekel, yang satu lagi pegang2an tangan, yg lain main2in rambut pasangannya dan lagi megang hape.
GILA DI SITU GW PANIK BANGET, SAMPAI NYARIS NANGIS
Dan kayaknya si Ewout tau gelagat gw... dia nanya: "Are you oke?"
Gw akhirnya dah di puncak kegilaan, gw nanya ke dia: "What is your suggestion? Where we must go now?"---> gob ga. mana ada di dunia ini seorang guide nanya ke turisnya jalan mana yg harus ditempuh
dia cuma angkat bahu sambil bilang "I dont know"
Dalam hati gw kalo sampe ketemu tu mas2 es krim gw gebung sampe lambungnya hancur (astagfirullah sadis ga?)

Setelah keliling2, nanya2 akhirnya nyampe juga. Nyampe taman yg dihiasi banyak kaktus itu gw cuma diem aja malah dia yg jelasin, kaktus ini tuh gimana, yg itu gimana,,, hwaaaa malu bgt gw... sumpah kasian bgt ni bule...
Hbs dari situ kita keluar dan naik mobil...melanjutkan perjalanan... MAKAN-MAKAN

Meluncurlah kita ke Macaroni Panggang. Sampai sana ya biasa lah...ngobrol2, makan2... dia doyan bgt kayaknya makaroni panggang, dia bilang sih bisa masaknya tapi ga seenak itu... di situ banyak ngobrol2 lah, dan bapak ibu gw sepertinya sudah jatuh hati pada sesosok ewout.
Ada percakapan kocak antara gw sama si Ewout yg bikin gw malu sampe pengen khayang di depan dia
Gw: "Do you wanna steak?" tp gw ngomongnya "stick"
Ewout: "Can we eat stick?" (tampangnya dah ngeri bgt, takut disodorin tongkat dari kayu jati trus dia disuruh gerogotin kayak berang2 gitu)
Gw: "Yes, of course" (gw yg masih dengan tololnya ga tau kesalahan gw) , do you like beef steak (masih dgn pengucapan stick)
Ewout berpikir sejenak (apa di indonesia makananya aneh begini) tp dia cepat2 sadar dan bilang: Oh you mean steak (baca aja steak bukan stick)? Steak...steak..
Bah ! gw cuma nepuk pala doang... kayaknya cuma gw satu2nya yg nawarin makan tongkat ke turis asing. Gw sukses diketawain si Ewout, mak gw sma bapak gw (gw ga rido diketawain bapak gw...dia bahkan ga tau apa yg dia ketawai) dan lebih parah lagi diketawain mas mas restorannya. Bagus! Gw tepok aja enci2 gendut sebelah gw dan bilang : "Lw ga ikutan ketawa juga?"
Sumpaaah maluuuu bgt gw.... malu sampe masih geleng2 kenapa gw bisa salah ngomong gitu...

Mau tau apa? Pas pulang dari restoran tu si Ewout bukannya dipulangin ke hotel malah diculik paksa ke rumah gw!
Ibu bapak gw ngerayu rayu dia mau main ke rumah gw... (ampun dah)
Dan gw ga pernah bermimpi ada cowok bule yg main ke rumah gw. Sama sekali ga... dan coba tebak apa, ternyata lagi ada tamu gitu. Otomastis dia syook bgt. Dan saat ini gosip di sekitar rumah yg lagi hot adalah...MBAK LINA ANAKNYA PAK RW PACARNYA BULE BELANDA!!! 
Sampe ada yg bilang dah acara lamaran, ada yg dah ke ge eran bakal diundang ke belanda buat acara nikahan... tp gw belom denger ada yg bilang gw hamil duluan!! Liat aja yg ngomong gw libas pake linggis.

Gw tau bgt ibu bapak gw sukaaa bgt sama ni orang, bayangin aja... di rumah gw dihidangin banyaaak bgt, mulai dari teh (bayangin bapak gw sendiri yg bikin. seumur umur kalo gw sakit parah aja bapak gw tetep nyuruh gw bikinin dia teh...nah ini, buat bule aja gw disuruh duduk temenin ngobrol dan dia yg buatin teh),, Mak gw bikinin asinan, sama tape uli. Mana ditipu lagi tu bule... si mama bilang asinan aja 'Bogor Cocktail' tapi dia doyan siaah..dia nanya..."what is it?" gw jawab "Bengkoang"
"What is it?" dlm hati "GINIAN AJA GA TAU ??" tp gw jawab "Ubi"
"What is it?" gw pengen nanya di belanda ada buah apa aja sih , tp gw jawab aja "KEDONDONG!"
trus dia ulang2 tiap makan yg sama "this is kedondong, right??"
gw dah ngakak2 aja...
Habis ngobrol sama dia...adek2 gw dah kayak anak cumi, liatin doang dari jauh...apalagi si arif yg sukanya bawa cewek2 kerumah dan suka ngeledek gw ga bakal bisa bawa cowok ke rumah atau kalopun ada itu pasti si Kodir (abang nasi goreng keliling komplek gw)

MAMPUS TAH GW BAWA LANGSUNG BULEE!!!! la la la la... 

Di situ usaha bapak ibu gw menahan dia pulang belum selesai. bayangin dong dia diajak ke PUNCAK!! Ya Ampuuuun, sing eling atuh ini teh bule baru kenal, wakakkaa
tp akhirnya dia menolak dengan sopan dan bilang dia sudah merasa sangat senang hari ini dan dia harus kembali ke hotel untuk membicarakan proyek buat besok.
Tau ga ternyata dia dah bwain kita oleh-oleh dari belanda, mug dari team kesebelasan belanda yg mau tanding pas piala dunia gitu, terus dia bilang "Ini oleh-oleh dari Belanda"
makin jatuh hati dah ibu gw...

Pas diantar pulang, ade gw si Uya ikut. Di situ gw sedih bgt dah... bapak gw bilang "lin bilangin papa suka sekali dengan anak ini, pintu rumah selalu terbuka buat dia, kapan pun dia mau main, bisa langsung dateng, kalo dia bosan bisa telp papa , minta jemput nanti papa anterin kemana pun dia mau slama papa bisa. papa ga bisa bahasa inggris soalnya"
trus gw bilangin kan ke dia, dia cuma dieeem aja... trus ngomong
"Danke" artinya terima kasih tp dia ngomongnya daleem bgt...
trus dia cerita kalo ini proyek terakhir di Indonesia, hbis ini dia ga ke indonesia lagi buat kerja, tp dia usahakan datang untuk berlibur. Habis di bogor proyek selanjutnya di aceh selama 7 tahun, dia bilang kalo dia boleh meminta dia pengen di tempatin di bogor aja, tp semua ada di tangan bosnya." I will missing this place, orangnya ramah tamah",rasanya gw pengen bilang "pah pindah yuk ke Aceh"
wkakakakakak (ramah tamah aneh ga sih kalo digabung sama kata orang)

Apalagi pas sampe hotel, wah itu bapak gw lama bner lepas jabat tangannya, gw ga tau padahal dari tadi mereka juga ngobrol sedikit lewat perantara gw lagi (sambil ngerokok pula dua duanya bikin paru2 gw mau keluar)
"Thank you very much for your hospitality, What a wonderful day, everything is very fun today..thanks for your lovely parents, you have lovely family"
hospitality itu semacam rumah sakit apa gimana ya??? ternyata gw inget artinya keramah tamahan..haha

Selesai dari hotel, sepanjang perjalanan yg gw denger dar bapak ibu gw cuma nama bule itu terus....pujian mulai dari tampangnya, sifat bersahabatnya, perhatiannya, ramahnya, wawasannya sampe sendalnya aja dibilang keren (ngapain hooyy liat ampe sendalnya?)

bahkan sampe gw pura2 tidur bapak gw bilang apa coba "yaaa,,, semoga jodohmu cah londo kui yo (semoga jodohmu anak bule tadi ya)"
Whaaat??
ini si Ewout naburin pelet apaan sih ke emak bapak gw... gw mah walaupun suka ya biasa aja... kayak temen lah soalnya gw tau dia dah punya pacar. Tau ga pas gw bilang ke mak gw kalo dia dah punya pacar, mak gw bilang apa? " ah baru pacar, masih ada kesempatan. Besok kamu PKL aja lagi di PDAM. dia kan masih ada tuh 2 minggu lagi. Apa besok malem kita sambangi lagi hotelnya, kita ajak makan makan?"
YA ALLAH INI APA APAAN! gw mauu snmptn, mana mungkin tiap malem maen sama bule...wakakkaak

Tapi satu perasaan gw yg pasti...gw pengen punya cowok yg bisa bikin orang tua segitunya. Ga perlu dia lah...cukup bisa ngebuat orang tua gw nyaman disebelahnya.
Dan ini pengalaman baru yang tak terlupaaakan....memiliki teman dari luar negeri!!!
YEAAAAH..... 
pssst...Ibu2 di pdam pasti bisa mutilasi gw sampe 1000 bagian kalo tau bule kesayangannya udah jatuh ke anak didik mereka,,,hwahahhahaaa
(sampe2 saat gw menulis notes ini ada tetangga yg ke rumah gw cuma bilang "mbak lina, saya nitip keju ya" terus pulang begitu saja. Bikin gw jilat kaki dengernya! HOOI SADARRR SEMUAAAA)

Ditulis: Minggu, 30 Mei 2010
Nice too see you Ewout

Komentar

Postingan Populer