Kenangan yang Terlupakan Bersama Pak Noh dan Bu Noh (rada horor niiih...)

Kemarin malem asli gw kaget bgt sama mimpi gw...
lagi-lagi mimpi itu... gw langsung ambil air wudhu dan memanjatkan doa untuk orang dalam mimpi itu sebanyak-banyaknya... ini dah berkali-kali gw lakuin...Mimpi itu...tentang seorang nenek tua yang memangku seorang anak perempuan kecil di kursi goyang dan seorang kakek tua renta yang menceritakan dongeng si Gembala dan Kerbaunya... dan anak perempuan kecil itu tiada lain adalah GW SENDIRI....

Sebenernya rada ngeri juga gw ceritain cerita ini, karena orang tua gw pun ga percaya dengan kisah gw yg satu ini... soalnya gw kadang2 ngerasa hilang akal, apa emang udah gila kalo inget respon ga percaya mak bapak gw denger cerita ini... BEGINI CERITANYA...
(kukuruuuyuukk.... tadinya mau bunyi burung hantu biar lebih mistis , tp gw lupa gimana suaranya,,,ayam aja lah ya gpp)

Di gang sebelah gang rumah gw, ada sebuah rumah jaman dulu... rumah itu udah lamaaa bgt ga berpenghuni, dan santer bgt kabar rumah itu angker... jarang ada yg berani ngelewatin rumah itu sambil bugil (eh ya iyalah pasti), pokonya banyak gosip ttg rumah itu.
Rumah itu rada2 mirip rumah joglo, sederhana, pohon mangga besaaar bgt di halamannya, belum berlantai , masih pake ubin, jendela pintunya dah reyot dimakan rayap, halaman dan genteng ditutupi daun2 yang gugur di medan perang (halah!)...

Gosip yg paling terkenal adalah cerita bapak2 yg siskamling alias ngeronda tengah malem
ketika mereka melewati rumah itu saat berkeliling, bayangkan apa yg terjadi.... batang pohon itu bergerak gerak !! dan akarnya dengan sendirinya tercabut ke atas, dan melayanglah pohon itu !.... kemudian ketika bapak2 itu menjerit ketakutan , pohon itu turun lagi...diam dan kokoh seperti sedia kala. Dan membuat bapak2 naas itu hilang akal dan lari terbirit-birit... Besoknya cerita itu tersebar kemana- mana, dari mulut ke mulut... cerita itu banyak dipercaya karena saksinya lebih dari 3 orang...
Kejadian ini sudah lamaaaa sekali, waktu kelas smp kelas 1 apa sd kelas 6 yak, gw lupa... 
Semua orang hampir percaya dengan cerita itu, tapi tak satu pun yg percaya cerita gw, kalo gw pernah hidup dan tinggal di rumah itu...dengan seisinya... dengan Pak Noh dan Bu Noh...

Seperti di jelaskan sebelumnya di notes gw yg Keluarga Beringin, sewaktu gw pertama kali dtg ke kompleks gw, isinya cuma dikit...masih sepi... ga kayak sekarang , nyari napas aja susah (ga juga sih)... nah dari sekian dikitnya orng yg tinggal di situ selain gw ada sepasang kakek nenek yg tinggal ga jauh dr rumah gw...yaaah kira2 jaraknya 8 rumah lah...Penghuninya namanya Pak Noh dan istrinya yg dipanggil Bu Noh. tapi mereka sangat tertutup, jarang keluar rumah... itu yg membuat rumahnya selalu tampak tak berpenghuni.

Semua bermula ketika bapak gw minta tolong dibelikan rokok di warung tahun 1996, sekitar 4 rumah dr rumah gw dulu ada warung punya Bu Albar namanya WARUNG ALBAR (penting ga?) sekarang dah pindah jadi berkembang tea usahanya jadi gede tokonya, jualan mukena juga kalo lebaran gini (lagi2 informasi yg tdk dibutuhkan)
Nah, gw dengan tampang imut dan bermodalkan kutang dan celana strit,  habis bangun tidur siang melaju ke warung bu albar dan  gw mendapati rokok pesanan bpk gw habis... maka bu Albar memberikan solusi yg gw inget sampe sekarang
"Tuh , ke warung bu Noh aja... berani ga?"

Bukan gw namanya kalo takut sama sesuatu...asiik...
Gw dengan kaki kecil dan jempol kaki yg sering dipake ngupil melangkah ke warung bu Noh...
sepi....hanya angin yg menyapa...
Gw berteriak setengah gemetar "BU NOH , BELI...BELI..."
Krriiiieeekk....pintu dibuka, gw membayangkan seorang monster besar dengan taring besar di mulutnya dengan harapan yg muncul adalah sosok Johny Depp pake kolor doang, berdiri di pintu melemparkan tatapan nakal menggoda ke arah gw, (ga mungkin)
ternyata yg keluar adalah seorang nenek tua, badannya bungkuk, masih mengenakan baju kebaya zaman perang dan kain batik...tapi satu hal yg gw inget, senyum yg ramaaah sekali...
dia mulai membuka suara: "oalah cah ayu... mau beli apa?" dengan aksen jawanya yg medok...
"beli rokok, bu" (wes keren ga, anak usia 5 thn beli rokok)
"buat bapakmu ya...rokok apa?"
"dji...saaam...soe bu... " kata gw yg rada pengen ngompol di celana
setelah dia memberikan rokoknya, beeess...gw kabur secepat kilat...lari ngibrit sambil mata merem merem ayam, sumpah kalo dibayangin bu Noh nya yg harusnya takut ada anak tuyul belanja ke warung dia

Sampe rumah, bapak gw mengambil rokoknya dan terkejut..."Loh, ini uangnya kok masih utuh? kamu beli dimana?"
TOLOL GA??? GW LUPA NGASIH DUITNYA KE BU NOH TADI!!!
"Sini kamu, dasar anak ga berguna" gw langsung disetrum tea sambil disundut rokok (ga lah boong lagi gw,hahaha)
Akhirnya bapak gw dengan kesalnya mengambil uang itu dan berjalan ke warung bu albar untuk membayar (dikira beli disitu kali gw)
dan pulang dengan tampang lebih bingung lagi..."Lin, kamu beli dimana sih?"
gw jawab dengan santai "di bu noh"
bapak gw yg udah ngira gw stress nyuruh gw besok kembaliin uangnya ke warung manapun kamu beli rokok itu..

Dan besoknya gw melaksanakan tugas gw... Gw siang2 pulang sekolah taman kanak2 langsung ngibrit ke rumah bu Noh lagi...
"BU NOOOOH BAYAR ROKOK!"
Krieet...kali ini yg keluar Pak Noh, pria usia senja, kurus sekali..kulit keriput dengan warna coklat tua, bajunya kaos putih khas engkong2 dengan celana bahan warna abu2 dan ikat pinggang dari kulit warna coklat tua dn peci hitam di kepalanya.
"Eh cah ayu, bu Noh e lagi tidur... sini sini,,ono opo (ada apa?)"
"Mau bayar rokok pak, kemaren saya lupa bayar"
"Ooo cah pinter, sini, tak kasih permen, gelem ra (sini saya kasih permen, mau ga?)"
Anak goblok macem gw kalo dah dikasih apaan juga pasti mau lah, jangankan permen, batu juga gw mau...gobs
Akhirnya gw masuk ke dalem rumahnya...
Rumahnya asli JADUL ABIS!
itu kaya rumah jaman 60 an dilempar ke masa kini, di ruang tamunya ada satu set sofa tua dan mejanya dengan taplak putih di atasnya ada vas bunga. Di sekeliling temboknya ada foto2 berbingkai, mulai dari foto pernikahan hitam putih, sampe foto2 anak bayi sampe foto seorang gadis yg memakai toga dan diapit dua orang , berwarna tp kusam. Beralaskan ubin, dan di ruang keluarga ada tivi 14 inchi dan kursi goyang di depannya dan sehelai karpet.
Kemudian datanglah pak Noh membawa sebuah permen, sehabis mengucapkn terima kasih gw pamit pulang... 

Permen itu mengundang gw untuk kembali lagi ke rumah itu...
Secara tidak tau malunya gw manggil2 dari depan pager
"PAK NOOOH, PAK NOOH, MAU LAGI DONG PERMENNYA!"
Bocah epilepsi mana pun ga bakal bertindak setolol ini kan?
Dan lagi2 wajah penuh senyum pak noh menyambut gw, gw masuk lagi, kali ini bu Noh tidak tidur dia sedang memasak... dan dengan senyum yg sangat ramah gw dikasih sepotong pisang goreng panas...
Semenjak itu resmilah gw sebagai anak cacat , satu2nya yg masuk ke dalam rumah itu...
Bapak Ibu gw kan kerja ya dari pagi sampe sore, jadi ga ada di rumah tuuuh...dan di siang hari mbak gw yg ngasuh gw itu selalu ngelonin (menidurkan) si Arif dan ikutan tidur, di saat2 itulah gw selalu bermain ke rumah bu noh dan pa noh. Kira2 jam 1 laaah... nanti gw balik pas mbak nah belom bgun jam 3 atau setengah 4, habis itu gw pura2 bangun tidur siang dan langsung mandi buat berangkat mengaji, sebelum itu nonton CILUKBA dulu ..rutinitas bocah TK jaman dulu.

Gw inget bgt...gw sering digendong, dilempar lempar gitu ke atas terus ditangkep lagi sama Pak Noh, nemenin bu Noh masak, baca buku2 yg gw sendiri ga tau, cuma liat gambarnya aja, liat album foto, dan gw sering dipangku sama Pak Noh di kursi goyangnya sambil nonton tv atau sambil dibacain cerita apaa ajaaa...mulai dari kisah2 lucu dan menegangkan waktu pak noh kecil, waktu punya anak (yg konon mirip gw), atau cerita2 legendaris kayak malin kundang atau si jack dan kacang panjang...atau gw cukup menggelinding gelinding kayak ulet tolol di karpet (ngapain juga lagi yak?) 
biasanya gw tertidur di pangkuannya pak Noh kalo lagi dongengin, nanti dipindah, digendong sama bu Noh ke kamar. Dibangunin jam 3 dan disuruh pulang buat mandi...

Sampe suatu hari....
waktu itu bu Noh beda bgt... dia ngelus2 gw terus... beda deh... kayak mau pergi jauuuh bgt,, wajahnya duka tp dipaksa tersenyum...
dan setelah gw dibangunin bu Noh buat pulang ada rasa enggan yg tak biasa, benar saja...
pulang dr ngaji...jam 4 sore, rumah pak noh rame dikelilingi warga....dan ternyata bu Noh meninggal dunia...

waktu itu gw nangis meraung-raung... tapi ortu gw kebingungan sendiri, dlm hati  ngapain ni anak nangis lebay bgini... kayak neneknya aja yg meninggal... (padahal pas nenek gw meninggal gw ga se-meraung-raung waktu bu Noh meninggal)
Pak Noh bilang Bu Noh meninggal karena kepeleset di dapur, dan dengan mudahnya menghembuskan nafas terakhir... 
Terakhir kali gw liat Pak Noh menangis ditemani seorang perempuan dewasa, tinggi, cantik... mungkin itu anak di foto yg gw liat dengan toga...

Setelah peristiwa itu, rumah itu terkunci rapat... Pak Noh tinggal bersama anaknya entah dimana, dan kabarnya tak lama setelah itu Pak Noh meninggal dunia....
Gw tiba2 hilang ingatan, asli dah..maksud gw, gw lupa dgn mereka, lupa bgt...mungkin karena masih kecil, dan ga ada satu pun yg mengingatkan gw pada mereka, perlahan-lahan gw lupa. Tapi menginjak gw sd, kadang2 gw suka nanya ke mak gw..."ma, eyang siapa sih yg suka ngasih permen ke aku? yang suka ngayun2 di kursi goyang gitu"
Mak gw cuma ngangkat alis dan ngakak ," Asli nih anak dah gila!" (ga juga sih) tp mak gw selalu ga bisa jawab dan kebingungan sendiri...
Kenangan itu menjadi semacam Deja Vu... asa mimpi dan nyata... tp selalu terasa damai di hati gw setiap inget 2 sosok tua yg memberi permen dan menggendong gendong atau bercerita sampe tertidur, tp gw ga tau siapa...

Sampe tiba2 gw dikasih mimpi...mimpi tentang semua kenangan gw dan mereka, dengan Bu Noh dan Pak Noh...
mimpi itu dimalam kejadian pohon terbang itu... di situlah semua memori gw terkumpul, gw nangis antara haru dan rindu yg besar sekali...
dan waktu mak gw pulang kantor dan bercerita "lin, tau ga, itu rumah pak noh, katanya pohonnya terbang sendiri lho, trus balik lagi"
gw kaget abis dan dengan lancarnya bercerita bahwa gw mimpiin Pak Noh dan Bu Noh
keluarga gw rada kaget , tp mak gw bilang " itu minta doa artinya lin, kamu harus kirim doa buat mereka. Tapi kok bisa sih, datengin kamu?"
habis itu gw cerita panjaaaang lebaaar ttg semua yang pernah gw alami bersama pak noh dan bu noh... tapi hasilnya sangat menyakitkan
Bapak gw nelp ambulan, rumah sakit jiwa, mak gw ngakak sampe ususnya keluar, adek2 gw pada mukulin kentongan supaya warga liat aksi orang paling tolol sedunia
LEBAY siiih...

intinya mereka ga ada yg satupun benar2 percaya... bahkan arif dengan sarkastiknya menyahut : "lo ga tu mbak, mereka kan orang tua kandung lw, sebenernya ini rahasia besar keluarga kita, ternyata lw dah tau"
sialan ga!

Sejak saat itu, gw merasa kenangan bersama Pak Noh dan Bu Noh adalah kenangan paling aneh yg pernah gw punya...indah tapi mengerikan, terasa tp tak ada, maksud gw, ga ada satu pun bukti gw pernah mengalami hal itu, tp setiap pikiran itu dtg, bahkan setiap lwt rumahnya yg mengerikan itu , semua kenangan itu terasa memenuhi sanubari gw..... perasaan bahagia yg mumbuncah... bahkan kenangan bersama mereka lebiiih drpd kenangan gw sama nenek kakek gw sendiri...
Dan sampai saat ini keluarga gw yg cangak itu cuma ketawa kalo gw bahas masalah ini,,, yaaa lama2 capek juga gw dan gw berhenti meyakinkan mereka bahwa memang gw pernah masuk ke rumah keramat itu (sebenernya gw sebel sampe pengen gw gundulin org2 yang mengada-ada , hantu pak noh, hantu pak noh, SIA!!!)...hanya doa yg terselip untuk mereka... 
Mimpi itu beberapa kali datang ke tidur gw, dan rasanya gw merasa mereka ada di sekeliling gw...
apalagi di bulan ramadhan kali ini, mereka dateng lagi ke mimpi gw... Ya Allah , limpahkanlah pada mereka karunia dan ampunan dariMu sebesar- besarnya untuk mereka, Amin Amin ya Rabal Alamin...

Komentar

Postingan Populer