NEW MEMBERS: LEK MUN DAN DIO

Semarang oh Semarang

Kalo mikir ttg betapa Semarang dah jadi kayak rumah kedua buat gw bikin gw selalu terkenang keluarga kedua gw, disini di Semarang, dikosan gw... Mungkin waktu itu sempet gw bahas personelnya dan gw bilang "mungkin mereka2 inilah yg akan menemani gw selama beberapa tahun kedepan" ternyata ada yg pergi ada juga yang datang. Oke gw cerita dulu ttg kondisi kosan gw
Gw itu bisa dibilang ngekos bisa dibilang engga
soalnya gw tinggal serumah sama keluarga ibu kosnya. Jadi kamar gw itu di lantai dua, satu kamar doang, dulu (seperti di notes yg Djawa in Java) gw pernah tinggal sekamar sma temen gw, cewek jawa yg kaleeeeeem bgt...namanya tita. mungkin dia agak culture shock sama gw jadinya dia pindah deh (sedih ga sih lw kalo jd gw? hahahaha)
kamar gw itu deket genteng dan tempat jemuran laundry ibu kos gw... jadi mirip2 penghuni loteng sih beruntung selama enam bulan ini gw belum menemukan kemiripan gw sama tikus, kecoa atau sejenisnya. Walaupun kadang kalo bangun tidur gw suka liat di cermin jangan2 tiba2 gw punya ekor atau tb2 muncul sungut dari kepala gw
Yah sudahlah lupakan

Sedikit flashback kosan gw terdiri dari ibu bpk kos, 2 anaknya namanya erin sama oki dan saat ini gw mau cerita anggota baru kita yaitu
jreng jreng jreng.... lek mun dan dio
Hmmm dari siapa ya, dari lek mun aja deh ya
Lek mun itu sebenernya pegawainya ibu kos gw, dia yg suka nyuci laundry, beres2 rumah. Tapi gw ga tau kenapa ni orang sangar bgt...wanita paruh baya dengan perawakan gede, tampang sangar, gila macho abis. Tangan kekar, dan tutur katanya galak bgt... Jadi awal2nya gw takut juga sama dia.
Bayangin deh dia lg nyetrika dan gw pst ngelewatin tmpt itu kalo mau ke kamar gw di lantai atas
Lek Mun: "MBAK LINA KAMU INI KULIAH APA APA TO? KAYAKNYA SIBUK TEROS! MAU JADI APA SUAMIMU NANTI"
Gw yg mau naik tangga cuma melongo ga percaya ke arah lek mun sambil pegangan takut gelundung ke bawah 
dalam hati... GILA!! MAK GW AJA KALO MAU NGOMONGIN HAL SENSITIF GINI MUTER2 DULU
misalnya: Lin, mama tau km memang sgt aktif dan bla...bla...blaa... tp seorang wanita hebat seharusnya tau kodratnya...blaa blaa blaa... jadi ada baiknya kalo kamu bisa membagi...dst dst
tp ini??? SGT FRONTAL DAN AKH MENUSUK!
masih banyak kejadian dahsyat gw dan lek mun
misal gw lagi nyuci
"KAMU KI CAH WEDOK (anak perempuan) KOK NYUCI KAYA GITU TO?? MANA BERSIH!"
gw cuma nelen ludah
pas lagi meres pakaian
"MERES KOK DIREMET-REMET GITU TO! YA LAMA KERINGNYA"
gw cuma bisa ngisep jempol
"NJEMUR KAYA GITU MAH SETAHUN LAGI BARU DIANGKAT!"
Gw cuma bisa ngisep jempol kaki...
"NYETRIKA KAYA GITU MAH MALU DIPAKENYA MASIH LECEK"
dalam hati , boleh ga gw praktekan adegan di film triler ke org ini. misalnya melempar setrikaan ini? atau menyetrumkan dia ke stop kontak... tp gw pikir2 gw takutnya dia punya jurus kebal gitu, trus malah gw yg bernasib naas
Belum cukup sampe disitu kalo dh ngomentarin kamar gw udah deh hancur kuping gw
"KOWE KI KEMPROH BGT (kamu itu jorok bgt) KALO NGENE TERUS ELEK BOJOMU MESTI! (kalo gini terus suamimu jelek pasti)
Okeeeeeey! bung ini sudah menyangkut fisik seseorang. dan apakah ada yg sepakat kalo Johny Depp jelek? ga kan? jd pasti primbon lek mun salah.
Tapi karena didikan gw yg anti cengeng gw ga lantas nangis digituin sama lek mun. Kadang gw suka bilang
"lek mun galak bgt sih, nih martabak ambil lek mun"
atau kadang2 gw suka muji2 suara dia kalo lagi kosidahan "ajiii gileee lek mun? daftar indonesia mencari bakat gih, bagus bener suaranya!"
"YO AKU KAN SERING IKUT PENGAJIAN, MAKANYA JGN LAGU RA GENAH TERUS MBOK APALIN (jgn lagu ga bener aja yg dihapalin, mklum gw suka jerit2 di kamar mandi lagu2 barat punya)"
sabar sabar...
terus gw coba terus pendekatan2 sama lek mun. Dan terungkap lah sebenernya gimana...
Lek mun itu trauma sama yg namanya anak orang kaya, dulu sebelum kerja disitu dia pernah kerja di kos2an lain. dan di situ dia diperlakukan semena-mena, sangat semena-mena
Kalo dia ngepel diinjekin lagi,kalo dia bilang "maaf mbak baru saya pel" dijawab gini "HEH LW TUH CUMA PEMBOKAT DISINI!! LW MAU GW ADUIN KE IBU KOSAN? DASAR BABU!"
Rasanya gw pengen nangis dan pengen njambak rambut anak setan yg ngomong kyk gt *LW LIAT EFEKNYA KE GW!!!
Jadi wkt awal2 gw dtg kan naik taksi tuh ya, trus kalo ditanya gw balik gw emang lbh sering terbang tuh nah itu dia yg bikin lek mun menyimpulkan gw anak tajir yg manja dan harus ditatarpdhl jelas2 gw anak cangak (ada hubungannya ga?). Ditambah keterampilan gw yg terhitung low average buat pekerjaan rumah, bikin dia makin naik pitam.
Habis itu gw lgsg bilang "Ya Allah lek mun, ga semua org kyk gt juga kali lek mun... Manusia mah dimana aja sama, yg beda kan dr tingkat ketaqwaannya" (dlm hati belagu amaat gw yak, sbnrya gw dh siap2 kalo diguyur air cucian beras yg lagi ditangannya)
Trus kata lek mun "Hmmm ya kamu mungkin gak, tp tetep aja kamu ga bisa nyuci"
"Ah lek mun, kalo itu aku musti banyak belajar sama lek mun"
dan hbis itu kita jdi sohiban
Kadang kalo gw capek, dia suka bantuin nyuci ga pake bayar walaupun plus omelan... gpp gw terima dgn hati riang gembira
Kadang juga lek mun suka beliin gw kue walaupun dgn omelan
"BADANMU KEREMPENG SIBUK TERUS, NIH KUE!"
Cengar cengir aja gw sambil ngoceh yg bikin dia tmbah nyebut2 asmaul husna (tp emang agamanya lek mun bgus bgt)
Satu lagi kebiasaan buruk gw tp gw suka bgt, gw kan suka ngelempar sisa makanan ke luar jendela ya...dan itu bertaburan di jalanan dan dikerubutin ayam2. Nasi sisa, air jemuran, pokoknya yg organik2 lah, posisi lek mun kerja itu di bawah kamar gw jadi kalo gw lg lempar tulang ikan, tulang ayam, nasi kering, roti basi lek mun pasti liat. Makanan terbang itu dh jadi pemandangan biasa buat lek mun sejak kedatangan gw
Dan beruntungnya ayam2 itu adalah ayam ternaknya si Lek Mun...jadi gw masih bisa melakukan habit gw yg agak aneh tp menyenangkan itu
paling2 dia bilang "MBAK LINAAA!! NASINYA MASUK GARASI TUH!!"
paling gw sahutin "MAAF LEK MUN! TAPI YG PENTING AYAMNYA LEK MUN JADI GEMUK2 KAN??"
"DASAR CAH SABLENG"
"GPP LEK MUN KADANG2 DUNIA BUTUH ORANG SABLENG"
dia cuma geleng2 sambil dzikir
O iya baru2 ini gw solat jamah sama lek mun, gilaa bacaan Al Qurannya bagus bgt!

Setelah lek mun ada Dio. Dio itu anak ibu kos yg baru lahir, masih 4 bulan.... dulu wkt ibunya hamil yg muntah2 bapaknya. Dan yg nambah gemuk juga bapaknya jd pas gw pulang kosan dan si ibu sudah siap melahirkan gw ngerinya si bapak kos juga ngebrojolin anak. untungnya engga.
Dio itu lucuuu bgt...kalo diajak ngomong pasti ngakak.
Maenan gw bgt deh kalo lg bete atau capek di kampus pulang ketemu anak itu langsung gw gendong2...tapi kadang2 gw diompolin juga. pernah gw mau pergi kampus, gendong dio dulu... eh rezeki gw dipipisin..alamat cucian lagi..lek mun lagi.. hahahha

kalo pagi gw nganggur kadang gw bawa jalan2 sekalian jemur tu anak. Pernah gw dipelototin ibu2 di tukang sayur gara2 dikira mau nyulik dio
Jadi ceritanya wkt Minggu pagi gw gendong dio, gw kan ajak jln2 nyampe depan gang, eh ibu2 yg lg pd beli sayur itu pd ngomngin gw
Ibu2 rempong 1: "Lho..lho..itu kan anaknya bu Titi"
Ibu2 rempong 2: "lho tp itu siapa? itu bukan erin kan?"
Ibu2 rempong3: " "waduh kalo dio diculik gimana?"
KAMPRET GW DAH GA TAHAN!
LANGSUNG GW SENYUMIN DAN GW AJAK KENALAN ITU IBU2 REMPONG
"SAYA LINA BU, ANAK KOS NYA BU TITI" dlm hati dah pengen gw tabrak pake gerobak sayur depan mereka.
mereka cuma bilang serempak "Ooooooo"
Hiiih ampun dah!Tapi sejak saat itu gw jd malah deket sama ibu2 itu... kadang kita ngobrol2 sambil gendong bayi..(mreka juga punya bayi) dan pasti mereka nyeletuk
Rempong 1:"Mbak Lina...kamu tu dh cocok lo jd ibu"
Rempong 2: "Iya mbak jgn2 yg kmrn nganter itu calonnya ya?"
Rempong 3: " iiih mbk lina mah banyak yg nganter, suka gonta ganti cowok ya??"

yaaaaah...terserah kalian lah buuuu...stress gw kalo diladenin!
cuma bisa nyengar nyengir kaya kuda kebanyakan tolak angin gw
tapi mereka peduli bgt sama gw, kadang kalo gw pulang kemaleman , dah dikunciin mereka pas lwt diajak nginep dirumahnya...hahahha


Semua itu cuma sebagian kecil yg gw alami bersama keluarga kedua gw...
Banyak yg bisa diambil pelajaran kalo kita mau peka dan peduli pada lingkungan sekitar... walaupun sebagaimana pun sibuknya kita, gw sadar kalo lingkungan tmpt tinggal itu juga ga boleh luput dr perhatian kita.
Oke harus cepet pulang...sebelum gw dikunciin lagi dan gedor2 pintu rumah yg bikin tetangga pd bangun. dan gw disangka buka praktek jual bayi, atau jual kutang. bahaya kan?
(gw rasa , otak gw dah mulai ngeheng)

Komentar

Postingan Populer