KUTUKAN PNS


Haiii haiii.... I'm come back...
Gila dah lama banget gue ga nulis notes, rasanya ada yang hilang. Padahal banyak juga kejadian-kejadian kocak yang pengen di ceritain. Tapi semua hanya menjadi draft-draft yang belum rampung dan gagal terbit.
Dan mari kita salahkan penyebab utama gue kehilangan hidup gue di semester 4 ini.
SPAM!
SPAM adalah sebuah mata kuliah yang membuat mata anda hancur, kuliah anda berantakan
SPAM alias Sistem Penyediaan Air Minum, jadi matkul dimana lo disuruh merencanakan pendistribusian air bersih di sebuah kecamatan. Dan ini memerlukan survey lapangan yang ga nanggung2 jauhnya...matkul ini sbnernya cuma 2 sks tp ga tau kenapa berasa 23 sks.
SPAM bagaikan agama baru yang muncul di Teknik Lingkungan, karena seharian penuh anak angkatan gue berkutat dengan SPAM, dari bangun sampai bangun lagi cuma SPAM di depan mata, bahkan gue suka horor sendiri, soalnya anak kastil sering bgt ngigau, gue yg terkantuk-kantuk jedat jedot laptop dikagetkan teriakan ul yang udah pingsan ga kuat menghadapi si kunyuk SPAM
"Nanti reservoirnya agak geser dikit biar ga bocor pipanya"
atau kalo detik2 mau asistensi, dunia dah kayak mau kiamat, isinya teriakan doang, ga ada yg bisa diajak ngomong, bahkan gue jalan pake tangan sambil megang gelas pake kaki di depan mereka aja ga ada yg sadar,
Gue coba akrobat, jalan di atas tali sambil joget-joget pake hulahop juga ga ada yg sadar, gue makan kecoa juga ga pada sadar, akhirnya gue tidur (dramatis abis)
Besoknya mereka baru sadar kalo gue ternyata masih hidup
"Lho lin, kapan pulang?"
#jedotin pala ke pintu

Terus terang aja, gue bukan orang yang doyan ngerjain tugas jauh-jauh hari sebelum deadline, dan hampir semua temen-temen gue rajin bgt berkutat dengan tugas, ini tuh semacam lu satu-satunya cewek di keluarga yg belum punya pasangan disaat adek lu dah siap nikah (curcol), tekanan bertubi-tubi.

Yah intinya nothing spesial lah hidup gue beberapa bulan kebelakang, sampai suatu hari gue ditelpon sama mak gue
Mak gue: "LIN! LIN!!!! SEMALEM RUMAH KITA KEBAKARAN!!!!"gue: "APAAAAAAAAAA!!!????? TIDAAAAAAAAKKK!!!!!!!" (langsung backsound petir)
tapi serius deh kaget juga gue
Mak gue: "Iyaaa jadi kan mati lampu ya, terus biasa lah di atas lemari, itu loooh lemari kerudung mama, ditaro lah lilin disitu, nah terus kan semua tidur ya, mama tidur sama si uya yg di kamar deket lemari itu, si papa tidur di kamar yang sebelah lin...."
Gue: trus?Mak gue: "Trus ya mama kira mimpi tp kok jadi terang bgt, pas diliat ternyata lemarinya dah dilahap api gitu!!!! GILAAA PANIIIK, SYOKING SODA BGT KAAAN?Gue: (biasa aja biasa aja)Mak gue: ya udin (rempong) mama lari aja ke papa, terus bangunin papa, soalnya mama dah panik bgt! maksudnya si papa biar yg ngambil air, terus tau ga apaa?"Gue: "Apa?"
mak gue: "aduuuh ga sanggup bgt ceritanya"
gue: "AMPUN MAMA LEBAY BGT"
mak gue: "taau ga? pas mama bangunin papa, si papa malah teriak doang, KEBAKAAARAN YA ALLAAAH!!! KEBAKARAN! RUMAHKU KEBAKARAN!, mama bilang EH PAPA LEMARI DOANG!, tp si papa masiiih aja teriak teriak, sampe mama gebuk, masih aja TOLOOONG TOOOLOOONG.... ya udin mama keluar ke kamar mandi ngambil air di gayung. Dibantu si Uya, diiringi teriakan di papa yg sama sekali ga membantu, ya udin deh"
Gue: (rusak udah bahtera keluarga) Mah sejak kpn sih itu 'ya udin ya udin, dah kayak tante rempong'?
Mak gue: "sejak bertemu hatimuuu"----> emak emak korban televisi
Gue cuma bisa guling-guling di kontrakan
Yaaah setelah peristiwa kebakaran itu mak gue sedikit sedih karena koleksi kerudungnya habis dilahap jago merah, tp alhamdulillahnya 'cuma' satu lemari itu doang sih..
Mak gue: "Liiin mama sekarang telah menjadi gembel, yg cuma punya dua helai kerudung yg bisa diselamatkan. Mama akan mengikatkan kerudung kemudian berjalan ke luar rumah didinginnya malam, sambil menjual korek api..."
Rasanya kalo bukan ibu kandung udah gue matiin hape gue terus berendem di kali (ga nyambung ya)
Gue: YEEEEEEEE! Dikira Gadis Penjual Korek Api, ya udah sih tinggal beli
Mak gue: yaaaa ketipu kan? jadi sedih kan? emang mama mau ke tanah abang hari ini, mau belanja kerudung sama si uya!Ada yg model baru tau Lin, yg hijabers hijabers gitu Lalalalalala"
Gue nelen ludah pake baygon
Gue: "MAAAAA Mama harus tau esensinya kerudung dibakar sama Allah, itu soalnya kurang amal kayaknya..."
Mak gue: "oh iya juga ya, ya udah deh mama mau belanja kerudung sekalian dibagi-bagiin ntar"
Ampun ya robbi...
Mak gue: "eh lin, papa mau dines ke semarang lusa paling nyampe"
Akhirnyaaaaa harapan itu selalu ada, perbaikan gizi perbaikan gizi!!
Mak gue menutup teleponnya dengan sesuatu yg paling ga waras yg pernah gue denger
Mak gue: "Liiiin! Kamu nonton konser Lady Gaga ga?"
Gue: "Gak mahal, mama jgn2 nonton?" (sampe mak gue bilang 'iya' gue langsung aksi protes keluar jd anak)
Mak gue: "Gaak lah, eh lin (heboh bgt kyk ibu-ibu PKK nyanyi Mars PKK) tau ga tau ga? (gosip ala ibu-ibu yg nunggu jemuran kering) LADY GAGA KAN PACARNYA ORANG INDONESIIIIA!!! MAKANYA DIA MAU KONSER DISINI!"
Gue: "AAAAH SERIUUUUUS MA! GA MUNGKIN LAH!" gue dah bayangin cowok sejenis apa yg jadian sama dia, pejabat kah? artis? binaragawan seperti Hercules? atau mahasiswa ala Dewi Persik?
Mak gue: "pacarnya itu Bang Haji, tau ga lagunya yg Romaaa romaa rommaaa, want your bad romance"
GUE UDAH BENER-BENER DIEM DIIRINGI KETAWA MEMBAHANA SI MAMA, BANTING HAPE, BUKA BUKU KULIAH, BELAJAR SAMBIL NANGIS!
Mak gue: "jangan disebar ya Lin, kamu pasti seneng kan dpt jokes baru buat temen2 kamu"
Gue: "Gak bakal, mama stres, ga ada yg lucu dari tebak-tebakaaan mamaaa!" diiringi gelak tawa lagi dan perbincangan absurb kedua anak ibu selesai
dan gue kena kutukan, kalo dipikir-pikir ini gue lagi nyebarin guyonan mak gue ga sih? 
sedih juga kalo ternyata sumber inspirasi lo adalah kegilaan mak lo sendiri

Setelah kejadian abnormal terjadi kemarin... datanglah kejadian abnormal lainnya, waktu bapak gue di semarang.
Semua bersumber pada PNS, cukup 3 huruf yg membuat gue seharian gulung tiker, gelar lagi, gulung lagi, gelar lagi (mulai ga jelas)Jadi ceritanya gini... Bapak gue kan lagi dines ya di Semarang. Nah biasanya kalo bapak gue dines di daerah Jawa suka disempetin tuh nengok gue. Dua hari yg lalu bapak gue nelpon gue tuh... terjadilah perbincangan berikut:Bapak gue: "Lin papa lagi di Semarang lhooo"
Gue: "Girang amat, baru 2 hari kemaren rumah kebakaran, papa saking paniknya teriak teriak doang"
Bapak gue: "yaaaah ga usah dibahas juga kaleee. eh Lin, papa ada surprise seru bgt buat kamu"
Gue: (membayangkan sebuah mercedez benz markir di depan kastil atau minimal sepeda kumbang--> jauh amat?)
Bapak gue: KAMU BESOK KETEMU PAPA DI HOTEL PANDANARAN YA,,, TEMENIN ANAK BOS PAPA, KASIAN DIA SENDIRIAN"
Gue: "APPPPPPAA??!!" efek halilintar
Bapak gue: "iyaa dia kayaknya butuh temen, papa disuruh bos papa nyariin temen dia"
Gue: "papa mau jual anak papa demi sebuah jabatan?"
Bapak gue: "apaaaan sih ni anak, cewek kok anaknya. Lucu, baik"
Gue: "sama aja itu namanya menjual anak menjadi TKW di negeri tetangga"
Bapak gue: : "Ya udin deh kalo kamu ga mau, siap-siap surat pengunduran diri dari kuliah, papa dah ga sanggup bayar uang kuliahmu, papa sudah tua, tidak sanggup lagi angkat beras kalo dipecat dari pekerjaan ini"
MATI, KEGILAAN ORANG TUA GUE 10 KALI LIPAT SEJAK TERAKHIR BERTEMU
Gue: "Ya udaaaaaaaaaaah deh ah elaaah ampun dah tp aku ga bisa kesana, dia suruh ke kampus aku aja lah gimana pa?!"
Bapak gue: "asiiiik, ya udin ntar papa tanyain dulu"
Gue: "pah, itu sejak kapan 'ya udin ya udin' dah kayak bencong aja"
Bapak gue: "sejak hatimuuuu"---> kurang bisa menghapal guyonan di televisi jadi sepotong-sepotong
MATI, GALI KUBUR SENDIRI, MASUK, NUTUP LOBANG SENDIRI

Akhirnya besok siang sebuah telpon masuk dengan nomer tidak dikenal
nomer tidak dikenal:  "Halooo... ini benar dengan Mbak Lina?"
gue: EH SANTAI DONG LO 'HALO' NYA?---> dalam hati doang, "iya benar, dengan siapa?"
nomer tdk dikenal (capek juga nulisnya): "Ini tante April, ini tante lagi sama Dera. Anak big bos. kita mau jemput kamu, ketemuan di mana say?"
MIMPI APA GUE SIANG-SIANG BOLONG MAU MASUK KULIAH, DITELPON TANTE-TANTE MODEL MUCIKARI BEGINI, DISURUH MILIH ANTARA JADI BADUT ANCOL ATAU BERHENTI KULIAH SELAMANYA
KUTUKAN PNS

Gue: "aduh tante, aku ada kuliah, kalo sore gimana?"
Tante April (alhamdulillah ada namanya sekarang): "Aduh sayang, doski udah pengen bgt nih jalan-jalan skrg aja gimana? Nanti tante yg repot deh bo kalo ga sekarang" (pengucapan 'nanti tante yang repot deh bo kalo ga sekarang-nya' kecil bgt, nyaris berbisik bikin gue maklum---> nasibnya sama kayak bapak gue, PNS)
TAPI KENAPA GUEEE TUMBAAAL!! GUE TUMBAL DARI KUTUKAN PNS

memperhitungkan nasib kedua PNS yang harus menghidupi keluarganya, akhirnya gue melepaskan jadwal kuliah gue, sekali kali lah bolos
Gue: "ya udin tante ke kampus aku aja"---> gue tau dia tipe tipe ya udin ya udinnan. dan gue jadi geli sendiri kenapa gue ngikut bpk ibu gue yg udah gue kata-katain
Tante april: "ini tante udin di depan pom bensin, depan gedung serba guna undip gitu lhoo say, gimance?"
Gue: (ALAMAAAAK!!!) "Ya udin tante lurusin aja (rebonding yuuk mari), akika di deket dekanat bo kampusnya?"
Tante April: "Adududu ga ngerti ah, daripada terjerembab ke lubang nista, tante tunggu disini ya sama si Dera, avanza merah ya say"
WHAT THE HELL
Padahal serius tinggal lurus doang, males bgt sih, akhirnya terpaksa gue naik angkot yang itu harus muter-muter kampung se-Tembalang dulu. Pas di jalan gue mikir, si Dera ini orangnya gimana ya? pasti bawel nih anaknya,pemarah, teriak-teriak, nyuruh nyuruh, makanya si bos sampe minta banyak orang buat nyenengin dia, tapi kalo rempong serba hebring juga  bisa mati gue di dalem mobil, bayanginnya aja dah ga kuat... yuuuk mari...hiiiy...

Setelah 15 menit muter-muter yg sbenernya bisa 5 menit, gue turun di dpn avanza merah. Dan gue disuruh langsung masuk, penculikan
Gue duduk di kursi tengah, dera di depan, tante hebring itu yang nyupir.
ALAMAK! kalo boleh dibilang, tante april ini bentukannya mirip bgt sama Afriyani. Pengemudi Maut yg menewaskan 13 pejalan kaki, gue dah horor nih kalo tiba-tiba pas bangun gue udah di POLDA METRO JAYA
Kerudung merah maroon, baju ijo, celana kuning, sepatu item high heels, tas gucci (entah KW berapa), perhiasan menjuntai dimana mana.
"Eh cintaaa... yuk naik bo, gilingan ya panas bgt semarang!" (sambil kipas-kipas, benerin make up)
GILINGAN ADALAH SEBUAH ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGGILING, BIASA DITEMUKAN DI PASAR DAGING.
TAPI KENAPA DISINI DIJADIIN KALIMAT EKSPRESI! DAN KENAPA DIA UDAH CINTA SAMA GUE???? KENAPAAA???
Yuk udin T.T

Dera ternyata 100000 kali jauh dari bayangan gue. Gue pikir dia cewek yg serba pink, yang manja-manja, berisik, mengganngu, ngomel-ngomel minta barbie atau pengen nonton High School Musical
Dera kelas 2 SMA, rambutnya cepak, pake kaos abu-abu, celana item, sepatu kets. tas ransel tentara, diem murung dan terkesan jijik dengan segala sesuatu, apalagi tante2 di sebelahnya
"Berisik Tan"
MAMPUS! BENCANA ALAM 2012

Gue boleh ga minum bensin? itu di depan tinggal nyebrang
Akhirnya gue memecah ketegangan "Emmm jadi ini mau kemana? Ada lawang sewu, candi songo, museum kereta api, apalagi ya? kalo mall mah masih bagusan jakarta"
tante apriliyani (mampus horor lagi gue ternyata namanya memiliki kemiripan, gue dah nyaris nanya sebelumnya dia nyabu kaga): "eh mama doski, si bu boss, tadi sih minta anterin dera ke Fakultas Kedokterannya, kamu tau ga tempatnya?"
Gue: "oooh tau tau, ya udah yuk cus"
Dera: "Ke kampus dia dulu aja" sambil nunjuk belakang
KAMPRET!
Tante April: "seriiius ciiin, kamu jurusan teknik kan ya? Eh mbak Lina teknik lho cyiiin"
Dera: "Gpp"
Gue reflek jedotin pala ke kaca mobil
Tante April: "Eh say knp, ngantuk yaaa? aduh gimance nih say?"
Gue yg udah semi nangis, cuma bisa bilang "ya udah tinggal lurus aja"
KENAPA GA DARI TADI LU JEMPUT GUE DI KAMPUS!!
habis keliling kampus teknik, kita bertiga meluncur ke kampus kedokteran di Semarang bawah
suasana Semarang yg udah panas ditambah suasana mobil yang horor menambah gue nyaris makan sol sepatu gue

Dan sampe FK, si tante ini malah ketemu temennya gitu, alhasil kita disuruh pergi berdua, keliling-keliling
Sebenernya gue bingung juga, baru sekali ke gedung FK. Ditambah bareng orang kayak Dera gini, bikin speechless
Gue: "emang kamu mau masuk kedokteran ya?"
Dera: "kali"
Gue: "ooo"---> mati gaya
"terus emang nanti mau di undip ya?"
Dera: "ga"
Gue: "oooooo"---> mati rasa
"terus maunya dimana?"
Dera: "mana aja"
Gue: "oooo" sambil makan tanah

jalan-jalan yang cuma berlangsung 5 menit itu membuat gue harus nunggu si Tante Girang itu selesai ngobrol sambil ngajak ngobrol orang yg udah kaya batu di bawah pohon di parkiran gedung FK.
Gue: "hobi kamu apa?"---> basi bgt
Dera: "banyak"
Gue masih terus mencoba tidak akan menyeraaaah!!! Walaupun wajahnya yg suramnya naudzubillah membuat gue pengen manjat petronas
Gue: "baca suka ga? aku suka bgt baca"
Dera: "suka tapi biasa aja"
mengusap air mata
Gue: "nulis?"
Dera: "nulis PR"
yuhuuuu ada yg tau psikiater terkenal ga di Semarang? gue butuh bgt T.T

Terus gue mencoba menggali apa yang dia suka setengah jam perbincangan satu arah gue lakukan
Sampai akhirnya ketika ada kecoa, timbul hasrat biadab gue, melampiaskan hasrat pembunuhan gue ke mahkluk tak berdosa itu,
JROOOOOOOT! Gue injek pake sepatu
BUUK BUUK! Gue loncat loncat di atasnya, kekesalan sudah terlampiaskan, maaf kan aku kecoa... aku berdosa padamu
tpi tiba-tiba si Dera ini senyum senyum juga
Dera: "pembunuhan berencana pasal 340 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun, kikikikii"
Kalimat terpanjang yg dia ucapkan
Gue: "gilaa hapal bgt kayaknya"
Dera: "iya aku suka sama yg gitu-gitu"
Gue mencoba mengingat ingat komik detektif, novel detektif, film film berbau kriminalitas
Gue: "suka conan dong ya, tapi aku lebih suka kindaichi"
Dia langsung membelalak, dan langsung berapi-api "Jarang bgt yg lebih suka kindaichi dibanding conan, aku juga suka bgt kindaichi, conan itu menurutku masih abal-abal. Analisisnya kadang kurang tajam, dan banyak tokoh-tokoh murahan ga penting"
Kata kunci pertama 'tokoh murahan ga penting' gue yakin yg dia maksud adalah cowok2 ganteng atau cewek2 cantik yg mempesona jadi jangan sekalipun bahas boyband atau girlband atau film percintaan kalo ga mau di injek kayak kecoa tadi 
Akhirnya dengan sedikit ilmu yang terbatas gue mencoba mengingat ingat film Sherlock Holmes, dan astaga dia girangnya bukan main... apalagi pas gue sebut film CSI (film detektif juga tapi serial), dia langsung berbinar-binar, sampe nepuk pundak gue
"SERIUUUUS MBAK TAU CSI?"
"CSI Miami lebih bagus sih dibanding seri New York, tapi aku ga suka Gary Dourdan, mainnya lebay"
Dia cuma melotot terkesima tapi banyak juga yg dia tau gue ga tau, ya iyaaalah dia dah freak begituan gitu masih ditandingin sama gue yang doyan segala jenis apapun hahaha
YES GUE BERHASIL! Kesananya gampang lah kalo kaya gini hahahaha minimal suasana mobil ga bakal kayak tadi

Habis itu kita habisin hari buat ke pameran buku dan bisa ditebak lah apa yg dia beli... beberapa novel pembunuhan Agatha Christie dan Sherlock Holmes tentunya...
habis itu makan-makan dan gue yg lg puasa terpaksa ga bisa nemenin dan cukup merusak suasana makan jadinya, dan gue dianter sampai depan kastil dengan banyak oleh-oleh, lumayan dibagi-bagi...
Malemnya gue ditelpon ibunya (si big boss itu) gue dah deg-degan, takut tiba2 dikasih kabar, SELAMAT BAPAKMU KEMBALI HARUS MENGANGKAT BERAS, tapi ternyata...
"Lin makasih ya... kok bisa sih lin, jarang lho dia akrab sama orang, besok ikut tante yuk, tante mau ke lombok liburan sekalian"
YAAAAAAH UNTUNG TAK BISA DIRAIH MALANG TAK BISA DIHINDAR, giliran yang enak-enak gue ga bisa
"Maaf tan besok aku ujian"
"Yaaah sayang bgt, ya udah makasih ya lin, eh tapi apa sih rahasianya?"
"Perbanyak tindakan kriminal aja tan"
"APAAAAA???"

mungkin dia mengira gue mengajari anaknya yg tampak tenang itu membunuh orang atau mencuri bank, ya udahlah terserah apa persepsinya tapi gue merasa gue seumur hidup ga mau jadi PNS kaya bapak ibu gue, tapi kalo itu jalan takdir yaaaah apa boleh buat, tapi ya ga mau juga gue...
Si papa telpon
Papa: "Linaaa my beibi, mau makan apa malam ini? mau buku apa? jalan-jalan kemana? tinggal bilang"

DASAR! PNS DAPET BONUS!
YUUUK UDIIIIIN....!!!!

I like them, but not really wanna be them

Komentar

Postingan Populer