ITB dan Sebagian Diri yang Terakui

Beberapa hari yang lalu temen baik gue, sahabat gue, si Dinul nge-chat gue “Eh boy gue kangen deh sama tulisan-tulisan cangak lu, jadi kemarin gue baca-baca lagi, parah kocak banget. Nulis lagi dong lu buruan” That’s words really heal me from every stress that I got in my life. Sekalipun kadang gue merasa dengan banyaknya permintaan menulis hal konyol gue punya side job jadi sulap badut. 

Sebenernya gue udah lama pengen nulis hal-hal konyol lagi tapi gue takut ga puas sama hasilnya jadi ketunda mulu sampai kemarin gue baca kata-kata bagus banget dari redaktur eksekutif majalah Tempo, “Tulisan yang sempurna adalah tulisan yang tidak pernah dituliskan” so, let try to show your imperfection!

Tulisan kali ini gue mau cerita tentang kehidupan baru gue sebagai mahasiswi magister salah satu institut teknologi terbaik di Indonesia yang berlokasi di Bandung sebut saja ITB (jenis kalimat tidak efektif). Gue kemarin-kemarin cukup syok dengan perbedaan kultur yang gue alami di sini, setelah lama mendekam di Kota Semarang dan belajar di UNDIP tercinta, banyak banget hal-hal yang bikin gue geleng-geleng kepala sendiri, menyadari bahwa banyak hal yang gue baru tahu dan gak habis pikir.

Sekedar preface aja, ITB adalah impian terbesar gue waktu gue SMA, gue bahkan beberapa kali masuk rumah sakit gara-gara belajar buat masuk ITB, ITB adalah ikrar bersama gue dan Dinul, sahabat gue. Dulu kita punya mimpi masuk ITB bareng terus S2 di Eropa bareng, gue Belanda, dia Jerman. Tapi Tuhan berkata lain, Ia punya rencana lain, kita berdua ga ada yang di ITB, gue S1 Teknik Lingkungan di UNDIP dan Dinul S1 Ilmu Gizi di UGM. Sepanjang perjalanan mencari ilmu itu, gue dan Dinul terus keep in touch. Kita sama-sama prepare buat S2 di Eropa. Dan lagi-lagi Allah menunjukkan jalan lain, justru disaat gue lupa tentang ITB, Allah mengirimkan gue untuk S2 di sana, dan Dinul saat ini menjadi relawan di Papua (disaat gue selalu pengen jadi Sekjen PBB, Presiden, Menteri, Rektor atau apapun yang berlimpah pengaruh dan kekuasaan, si Dinul selalu fokus mengambil sisi dunia yang terlupakan).

Anyway, tulisan ini bukan bermaksud membandingkan antara satu almamater dan almamater lain, tapi memang ada hal-hal yang nyata perbedaannya dan gue udah mencoba riset kecil-kecilan tentang hal ini, jadi ini serius samber duit bukan perasaan gue belaka, kalo kata @tahilalat ini FAK TAHI DUP! Setidaknya ada 3 hal yang gue rasa ITB punya perbedaan yang mencolok dengan UNDIP atau bahkan Perguruan Tinggi lain di Indonesia.

1. Iklim belajar yang gak manusiawi dan dosen berwatak predator penguasa rimba

Awal masuk dosen sudah mengingatkan “Di sini bukan tempat main-main, ITB bukan tempat kalian bisa masuk, terdaftar, titip absen, nongkrong haha hihi dan dapat ijazah”. Gue pikir ini sejenis gertakan sambalado tapi ternyata… JANGANKAN NONGKRONG SOB! NAPAS JUGA SUSAH! SERIUS INI!!

Kalo dulu jaman gue S1 ada tugas masih bisa SKS alias Sistem Kebut Semalam, bahkan yang disebut Tugas Besar bisa diselesaikan H-2 dengan bantuan teman-teman yang setia kawannya macem udah terikat janji tumpah darah. Di sini boro-boro H-2, tugas kecil, tugas upil, tugas mikroba atau apalah ya namanya, kalau mau agak dihargai kudu dikerjain seminggu sebelumnya.

Dosen biasanya dari 10-15 orang paling yang ganas 2-4 orang bener gak? Kalo di ITB dari 20 dosen, yang berhati lembut dan murah hati paling banyak 2, yang lain rata-rata titisan macan dan siluman uler putih. Tapi gue pikir mereka dedikasinya luar biasa banget. Segala cara dilakukan buat bikin anak-anaknya pinter.

Ada satu ibu dosen yang ngajar Statistik, gila lah ibu ini, luar biasa terkenal kegalakannya. Doi ngasih tugas yang bikin gue sampai ngehubungin temen gue anak statistika IPB buat minta bahan, bahkan temen sekelas gue ada yang NYEWA KONSULTAN STATISTIK PROFESIONAL SOB! Dan kalian tau apa kata-kata ibu dosen ini waktu tugas kita kumpulin??

“Tugas kalian ini jelek sekali, saya dari jaman SMP juga bisa bikin lebih baik!!!!”

Pulangkan sajaaa aku pada ibuku ataauuu ayahku huwwooo huwooo (Hati yang Terluka- Betharia Sonata)

Di ITB ada penyamarataan kurikulum gitu, jadi buat yang S1 nya dulu ga di ITB harus ikut beberapa mata kuliah S1, awalnya gue tersinggung tapi yah gue coba nikmati dan pada akhirnya gue emang gak layak tersinggung karena disitu banyak hal baru yang gue dapat. Mata kuliah persamaan itu pre-requisite namanya, gue harus ambil 5 MATA KULIAH LO BAYANGIN dan itu 0 SKS alias ga masuk transkrip lo, tapi gue ga ngerti kenapa semua orang memperlakukan itu seperti 100 SKS.

“Lin jangan lupa ya besok kita simulasi presentasi buat tugas presentasi pre-requisite mikrobiologi”
Gue mencoba mengorek kuping, sumpah tadi gue denger mau simulasi buat tugas mata kuliah NOL SKS????

Bahkan dulu besoknya seminar skripsi juga banyak yang ga pake simulasi-simulasian… gue berakhir ngupil di kelas sampai mimisan dan tergolek pingsan bercucuran darah.

Perihal kuis juga disini diperlakukan layaknya hidup mati. Ada satu mata kuliah yang dosennya selalu ngasih kuis di awal masuk dan kalian tau apa yang dilakukan anak-anak ITB buat menghadapi kuis ini?

Belajar kelompok di kampus sampai tengah malam!!!
Fix banget padahal dulu, jangankan kuis, UAS juga masih bisa bobo nyenyak di kosan

Dan kalian tau soal yang dikeluarkan ibunya di kuis itu letaknya kecil nyempil nyaris sejenis foot note. Disertai seringai, dosen ini memberikan wejangan

“Kuis ini bertujuan untuk membuat kalian sadar bahwa kalian tidak tau apa-apa, jadi jangan harapkan soalnya adalah sebutkan judul bab ini, sebutkan pengertian ini… itu mah anak TK juga bisa. Sana cari tempat lain kalau mau kuliah santai-santai”

Ibuuuukuuu sayaaaang…. Masih teruuus berjalaan (Ibu-Iwan Fals)

Itu masih belum ada apa-apanya. Pernah suatu hari gue kedapetan presentasi tentang Teknologi Membran yang gue suka pake banget, gue udah baca-baca materinya bahkan 3 minggu sebelumnya. Dan pas sesi tanya jawab dosennya nanya
“Kalau saya punya limbah dan mau pakai membran, jenis membran apa yang harus saya pakai”
Gue jawab “tergantung dari jenis limbahnya bu, dan outputnya akan dibuang atau di reuse”
Dia langsung murka “Anda ini tidak mengerti pertanyaan saya! kalau cuma asal ngomong silahkan di luar! Ini forum akademik”
Gue dilanda kepeningan yang bahkan se-ton paramex pun tak akan mampu mengobati. Gue pikir padahal gue gak jawab “La...Laa Laa aku sayang sekali Doraeemooon”
Pedih
Kampus buka 24 jam, Lab buka 24 jam, parkiran motor selalu penuh bahkan pukul 2 dini hari. Dan seisi semesta ITB adalah pemuda-pemudi yang berdiskusi ilmiah atau membaca setumpuk buku atau jurnal-jurnal.

Awal-awal di sini, karena diserang kepanikan tingkat akut, gue suka nangis kalau ketiduran. Gimana gak panik temen kos gue pulang kuliah misal jam 5 selalu langsung mengurung diri dan belajaaaar sampai jam 4 pagi!!! Terus tidur dan minta gue bangunin jam 6 pagi habis itu dia solat subuh dan ngampus lagi jam 7! Begitu terus tiap hari, ada pula yang jam 3 dini hari baru tidur dan minta gue bangunin jam 5. Semua tau kalau gue bangun pagi karena disini gue doang yang kayaknya tidur malem hari.  Mungkin gue ada di sarang kelelawar… gue juga heran… DAN MEREKA TIDUR 2-3 JAM SEHARI LHO!!! Sedangkan gue T,T bahkan tidur di toilet dan angkot belum diitung aja udah menghabiskan waktu 6 jam!!

Iklim belajar yang ga manusiawi ini memang cukup memakan korban, ada Komite tersendiri yang menangani anak-anak depresi di ITB sini, dosen gue salah satu pengurusnya, dia cerita seringkali menangani mahasiswa-mahasiswa yang ketawa-ketawa sendiri kemudian nangis histeris dan menerawang dengan tatapan kosong. Dia pernah bilang “Hebat ya ITB ini, mencetak banyak orang pinter tapi juga banyak orang depresi”

Gue juga pernah ketemu, ada seorang laki-laki agak kemayu gitu dan seorang perempuan yang lagi mengerjakan Gamtek (Gambar Teknik) di kertas A3 di taman, tiba-tiba si laki setengah ewang ini nangis “Gueee gak kuaat cin, gue pasti gagal, gue udah berusaha tapi selalu kayak ginii hasilnya… gimana nilai gueee cin…” kaget dong tentunya gue. Berasa pengen gue peluk sambil bilang “SAMAAAA CIIIIINNNNN”

Dan Si cewek ini dengan dinginnya menjawab “ya udah ih jangan nangis malu-maluin, ayo buru diselesaiin dulu tugasnya. Mana lo yang ga bisa? udah mau deadline, lo mau kita dapet D lagi”
FAK, gue lanjutin baca buku Termodinamika, dan seketika gue merasa bimbang akan  penciptaan manusia.

2. Kebebasan Berekspresi di Junjung Tinggi

Masuk kelas harus rapi, minimal pakai kaos berkerah, rambut untuk laki-laki gak boleh gondrong, bahkan di beberapa momen harus hitam putih, harus rok, bla-bla-bla. Di ITB semua itu gak berlaku. Lo bebas sebebas-bebasnya mau pake apa aja ke kampus. Gue lahir dari keluarga yang demokratis, urusan style bebaaaas banget, ibu gue menghargai selera berpakaian semua orang, bagi beliau yang terpenting bukan fisik seseorang tapi isi hati dan kepalanya. Makanya jaman S1 dulu gue terkenal sebagai anak yang nyentrik. Baju merah, celana hijau, kaos kaki ungu. Tapi di ITB ini gue pikir gue satu-satunya orang normal. Bayangin sob ada yang ke kampus pake KUTANG!!!! Gue syok banget! Agak malu-malu gue tanya ke anak S1

“Dek, itu baju yang itu yang putih transparan yang dipake anak cowok itu kutang kan?”

Dengan tatapan heran dia menjawab “Iya, emang kenapa sih ka?”

DIA HERAN GUE NANYA, GUE HERAN DIA GAK HERAN! Gue berakhir nelen cilok tanpa ngunyah beserta tusukannya

Bukan cuma kutang, kadang lo lihat ada yang pake celana training dipadu padankan kemeja, kadang lo liat ada yang pake celana tidur atasnya rompi, daaaan lo bisa temuin mbak-mbak rambutnya di cat HIJAU STABILO pake SEPATU BOOTS SEDENGKUL TAPI BAWAANNYA BUKU FUNDAMENTAL OF CHEMISTRY SEGEDE KARUNG! Kelar idup lo.

3. Tipikal Obrolan dan Humor yang Sulit Dipahami Manusia Pada Umumnya

Kalo lo lagi kumpul sama temen-temen lo apa aja sih yang diobrolin? Pasti gak jauh-jauh dari kegiatan sosial sehari-hari, macem cewek/cowok lu yang ngeselin, ortu lu yang punya rencana umroh atau Nikita Mirzani yang habis ketangkep polisi gara-gara prostitusi artis kan? Kalo disini itu semua gak akan kalian dengar.

Gue: “Kenalin aku Lina”
Si A: “A”
Gue: “Lo aslinya mana?”
Si A: “Bogor”
Gue “waaah sama doooong aku juga”
Si A: “OK”

FIX! Apa cuma gue di dunia ini yang kalo nemu orang bahkan sesama penggemar Teletubbies aja pasti seneng banget dan langsung bisa ngobrol ngalor ngidul dari A sampai Z.

Tapi akan berbeda ketika lo ngomongin ilmu pengetahuan

Si T: “Lin lo tau prinsip kerja konverter?”
Gue: “Hmmm pernah denger tapi lupa gue”
Si T: “Sumpah lo ga tau? Itu kan Teknik Lingkungan banget, gue lagi mau buat tugas tentang converter AC-DC itu, ada beberapa konversi energi yang menggunakan prinsip…….dengan rumus… seharusnya….”

Gue terpaksa sulam alis dan operasi plastik biar kerutan penahan emosi tidak nampak. As you know itu adalah perbincangan yang menemani makan siang. Dan itu bukan satu-satunya perbincangan absurd yang harus gue hadapi!

Disini gossip seputar Nikita Mirzani dan prostitusi artis (lagi-lagi) atau kabar burung operasi plastiknya Aurel Hermansyah kalah dibanding berita Stephen Hawking ilmuwan fisika ternama dunia yang menyatakan dirinya atheis atau peraih nobel baru dari Jepang. Dan seakan-akan mereka kesal diiringi harapan tahun-tahun berikutnya mereka yang dapat nobel tersebut (bahkan gue T.T terlalu pahit untuk dikatakan)

Dari segi perbincangan sudah absurd dari segi humor lebih parah lagi…

Tentunya dulu waktu gue S1 gue punya banyak temen-temen yang kosakata ancurnya itu melebihi tebelnya kamus oxford.

“Heh Silit Pitik (dubur anak ayam red., maafkan Hernawa teman saya) sini koe!”
“Opo sih Gondes (Gondrong Ndeso red.)?”
“Oalah dasar Pinggiran Keramik, raimu koyo ndas coro buntung!” (Dasar pinggiran keramik, mukamu seperti kepala kecoa buntung red., lagi-lagi maafkan Hernawa sebagai pakar kata-kata sampah)

Dan kita selalu berakhir menertawai kekonyolan-kekonyolan yang paling tidak bisa diterima akal sehat manusia. Tapi disini….

Segerombolan anak ketawa ketawa, gue coba mendekat mendengar keseruan apa yang mereka alami

A: “Iya sumpah Di, masa gue pakenya hukum Newton 2, gue pikir kan gradient gitu kan? Anjiiir salah banget gue, Gila aja lo 45 derajat!!” (shitmen1)

B: “Bahahhahahaha paraaah lo, gile ah, eh Wi, sini lu ngapain sih nyari-nyari yang panas mulu, emang lo taneman apa butuh sinar matahari buat fotosintesis” (shitmen2)

C: “bahahaha lu kata gue Autotrof!!!” (shitmen3)

Dan segerombolan anak itu tergelak-gelak, khusyuk bahagia sekali meninggalkan gue yang udah step stadium akhir di belakang mereka, kejang-kejang disertai panas 500 derajat celcius karena sedikit pun gue ga bisa menangkap titik humor Hukum Newton dan fotosintesis ini!!!

Pernah sekali temen gue pas S1 namanya Dian, ke Bandung dan dia sempat mendengar perbincangan anak-anak ITB, dia pulang sambil menitipkan pesan “Please Lin!! Lo harus tetep jadi manusia pliiiis”

Gue ga ngerti lagi

Kalaaaau beginii akupun jadi sibuuuk, berusahaaa mengejar-ngejar diaaa, matahari menyinaari semua perasaan cintaa tapi mengaaapaa hanya aku yang dimaraahiiii (OST Sinchan)

Gue pikir gue hampir nyerah, beruntung banyak orang yang selalu mensupport gue. Ibu bapak gue selalu menghibur gue setiap gue telpon buat cerita sambil nangis-nangis karena depresi berkepanjangan

“Alaaah selooo aja temen-temen sama dosenmu itu kebanyakan belajar karena ga pada encer otaknya, kalo anak mama zzeeeet baca sekilas langsung nangkep” Γ  minta diledakin warga ITB
Atau bapak gue “Papa juga raport dari 9 pelajaran yang item cuma 3 bisa kok Alhamdulillah beli rumah sama mobil” Γ  minta dimutilasi rektor ITB

Dan juga Allah mengirimkan sohib gue dari jaman maba, si Ul yang dari dulu sekontrakan sama gue, doi sekarang keterima kerja di Bandung dan berakhirlah kita satu kosan lagi (Satu kamar bahkan). Beruntunglah setidaknya dari jutaan manusia di sini ada satu anak yang ngerti apa yang gue anggap lucu dan apa yang tidak :-P

Bagaimana pun juga ITB pernah menjadi tempat yang sangat gue impikan, dan Allah memberikannya sekarang, mungkin waktunya tidak persis seperti doa 5 tahun yang lalu, tapi gue yakin Dia lebih tau mana yang terbaik bagi hambaNya. Seringkali gue membawa hadir diri gue yang 5 tahun lalu sengaja melancong sendiri ke ITB untuk merasakan euforia anak muda yang haus akan ilmu, kadang kalo udah mellow gitu, gue suka sendirian nontonin latihan marching band maba-maba S1 atau jalan-jalan keliling ITB di sore hari. Dan gue sering senyum-senyum sambil menitikan air mata sendiri (semoga gue gak ditangkep Komite Penanggulangan Depresi ITB)

Dalam adat Jawa yang kental gue adalah anak dengan tempramen tinggi, bengis, ambisius, kompetitif, arogan, tidak sabaran, tidak lemah lembut, dan lain-lain yang membuat gue ‘merubah diri’ agar gue bisa diterima dalam hubungan sosial yang penuh kearifan lokal, yang serba pakewoh (serba ga enakan), halus, sensitif, lembut, tenang, nerimo, dll. Tapi di sini, ada sisi-sisi dalam diri gue yang seringkali berkonotasi negatif itu berjalan searah seperti menemukan tempatnya, membangun sebuah kekuatan besar yang mungkin terlihat angkuh namun ia adalah harapan bagi yang lemah.

Apa yang menjadikannya sebagai yang terbaik di Indonesia?

Apa yang menjadikannya masuk dalam jajaran terdepan di Asia Tenggara?

Apa yang menjadikannya bermanfaat besar untuk manusia dan kehidupan?

Itu semua tidak diisi dengan kemudahan, ada banyak air mata penderitaan di dalamnya. Ada banyak kedisiplinan dan hati yang tersakiti di dalamnya, tapi yang bertahan, ia yang mampu mengubah masa depan.

Semester 1 telah usai, gue menatap nanar list target gue LULUS IPK 3,9 di dinding. Melihat perjalanan 6 bulan kebelakang, gue rasa tembus di angka 3 juga udah mukjizat Ilahi. Namun ternyata lagi-lagi Allah penentu segalanya.

3,82 angka yang tertera di dalam sistem online akademik atas nama Nur Novilina Arifianingsih. Gue terperanjat tak percaya, Ibu gue yang intens menemani masa-masa sulit gue pun tak percaya.

“Lin coba dicek dulu sana, jangan-jangan ketuker sama temenmu” Γ  ini antara gue mau ketawa atau mau nangis, antara saran atau penghinaan, tapi setelah itu ibu gue bilang gini “Dulu kamu nangis-nangis kejer ga lolos ITB karena ga mau kalah sama mama yang bisa masuk UGM dan UI, asal kamu tau aja, dulu S2 di UI IPK mama 2 koma, kamuuu ini 3,82 di ITB lho Lin, mama sudah kalah jauh dari kamu, sekarang fokus mama adalah ngeluarin nama kamu dari Top 3 list game Zuma supaya setidaknya ada satu bidang mama lebih baik dari kamu”

Ibu gue bukan tipe orang yang senang memuji, dan kalimat sejenis itu adalah penghargaan tertinggi dari dia selama gue hidup. 

Allah always bless me

Mungkin beberapa orang akan mencibir “Ya elah pamer nilai bgt sih” atau “Apalah arti IPK kalau ga bisa bermanfaat” semoga Allah membersihkan hati gue dari kesombongan terhadapNya. Tulisan ini lebih kepada mengingatkan gue bahwa bagaimanapun keadaannya, tetap percaya pada mimpi-mimpi kita, percaya pada kemampuan diri kita diiringi permohonan kepada Yang Maha Segalanya adalah yang paling penting. Kedepan pasti tantangannya akan lebih berat lagi, tapi gue ingin dengan mengingat pencapaian kecil ini semangat dan antusiasme gue tak akan pernah padam.

It’s always seems impossible until it's done- Nelson Mandela















Komentar

  1. Tengkiu linaaaaa...
    Tulisan lo nge-up gue lagi buat tetap semangat menggapai mimpi besar gue.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih nanda lo udah setia baca blog gueee.... sukses selalu nan

      Hapus
  2. Sebagai alumni ITB, saya banyak berterima kasih atas pujian ini. Akhirnya ada yang ngeh pada penderitaan kami dulu, salam kenal, πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai heni salam kenal juga,,, you are not alone kalo kata Michael Jackson hahahaa

      Hapus
  3. Glek..bukan alumnus ITB, kejer bacanya :D

    BalasHapus
  4. Kayaknya berlebihan deh. Gua dulu S1 di ITB nggak segitu beratnya. Apalagi S2-nya waktu dulu malah beberapa nyontek PR kami yang S1 karena sama soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ini jenis tulisan berlebihan koook... wah pinter yaa sampai dicontek anak s2,salut

      Hapus
  5. Semangat Lina, u can do more, trust me !!
    Thank you for always inspiring

    BalasHapus
  6. Huahahahhaa lhebhay, Mbaaakkkkkk... Perasaan dulu aku santai2 aja atau emang nggak temenan aja ya sama yang ngobrol pake bahasa sin cos tan saat makan siang, haha :p

    BalasHapus
  7. Jadi kuliah di ITB sekarang spt itu ya... Hhhmmm apakah ini tanda2 daya tahan mahasiswa dulu lebih ok daripada sekarang...walaupun kena NASAKOM.... (Lulus ITB <5 tahun......)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. sama dengan yg saya rasa mbk..

    BalasHapus
  10. sama dengan yg saya rasa mbk..

    BalasHapus
  11. Lebay ini mah, ane ga sampe segitunya ah haha

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Gw anak mikro padahal, kayaknya lebay deh

    BalasHapus
  14. Well, tulisan ini pasti memakai gaya bahasa hiperbola -_-
    Salam kenal Kevin dari SASTRA ITB wkwkwk
    SAPPK deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain hipebola ada pula majas totem to parte dan personifikasi wkwkk salam kenal juga... Semangat semoga cepet lulus wkwkwk

      Hapus
  15. You made my day, Mba Linaa wkwkwk. AKu yang bangun tidur tadi stress karena kesiangan tida bisa belajar secara intens, terus iseng masukin keyword "Blog mahasiswa ITB", eh muncul blog ini. Yo wis lah tak baca.
    Tapi beneran aku tertawa. Aku jadi harus sadar diri tapi tetap berusaha menggapi cita-cita asik.

    Semoga sukses selalu Mba Linaaa. Allohu yubarik fii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sungguh kamu termasuk golongan orang yang random yaa.. ngapain juga coba cari keyword Blog Mahasiswa ITB, haaha... salam kenal yaa semoga sukses juga buat kamu, amin

      Hapus
  16. Tiap kali aku stres atau down langsung baca ini wkkw

    BalasHapus
  17. salam kenal mbak. klw saya sih cari keyword digooglenya "cara bertahan jadi mahasiswa ITB" ketemunya blog ni deh. klw sy sih baru mau masuk januari thn dpn ni. moga bs ktemu mbak lin. biar bs bljr dr mbak spy ttp normal n gk depresi di itb.. serta bisa berprestasi yg baik

    BalasHapus
  18. Sumpah ya, Mbak Lina skrg gue lagi S1 di ITB dan ngerasain bgt cerita yg lo tulis di atas, apalagi nih lagi minggu2 UTS. Dan tau ngga? Baruu aja gue terbangun dengan panik, melewatkan deadline 1 kuis online gara2 ketiduran, krn sebelumnya belajar 2 hari nonstop. Parah banget. Alhasil gue nangis, buka browser, browsing "cara bertahan kuliah di ITB" dan ketemu blog ini. Rasanya udah hampir nyerah. Tapi baca tulisan ini, gue jadi semangat lagi. Semoga cerita dan pencapaian lo nular yaa, Mbak ke gue. Aamiin, Insha Allah. Gue ngga mau ngecewain orang tua, keluarga, diri gue sendiri, atau siapapun. Terlalu banyak pengorbanan yg gue lakuin demi bisa kuliah di sini. Dan gue ngga mau nyesel pada akhirnya... Innallaha ma'ashabirin. Btw Mbak Lina udah lulus ya S2 nya? Pengen ketemu, ngobrol yuk, Mbak tuker pengalaman. Hehe. Maturnuwun..

    BalasHapus
  19. Gajauh beda sama s1 ternyata wkw. Gw di fmipa s1 bercandanya juga rada rada ngaco gitu.
    "Ntar waktu ujian jangan minum air lho."
    "Kenapa?"
    "Ntar konsentrasi lo berkurang."

    Btw tulisannya bagus mbak hehe

    BalasHapus
  20. Salam kenal mbak... wih keren tulisanya... 😍😍😍

    BalasHapus
  21. Plis. Plis. Disini satu-satunya artikel yang punya logat beginian. Belajar nulis dari mana mbak? Btw thax u mbak, tulisannya unik banget =)

    BalasHapus
  22. Makasih mba udah bikin ngakak meskipun besok UAS fisdas

    BalasHapus
  23. hahaha tulisannya keren mbak, kebetulan saya baru lulus dari S1 Teknik Lingkungan ITB. Saya tau dosen yang mbak mention di tulisan mbak itu hahahaha tapi tidak semua dosennya serem kok mbak, bahkan di TL lebih banyak yang baik hati dan bisa encourage kita (walau cuek). Dan soal mahasiswa yang ngomongin newton sin cos tan dsb. mungkin itu mahasiswa TPB mbak (tahap smt 1 smt 2 di ITB) emang mereka kuliahnya ngebahas itu hahaha tapi percayalah anak2 yang udah masuk jurusan biasanya masih waras kok mbak haha sukses selalu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry, tapi menurut aku, ngomongin Sin, Cos dll itu lebih waras loh, daripada ngomongin seleb. Secara, yg dibahas biasanya apa coba? Gosip. Kalo enggak ghibah ya namimah, kalo ga dua duanya fitnah. kelaut.

      its okay to be different, tapi, menurut elo, lebih waras mana, orang yang biasa ngomongin orang, atau ngomongin pengetahuan

      Terimakasih and peace he he he

      Hapus
  24. Ajarin saya menulis mbak... :D

    Informatics Engineering itb

    BalasHapus
  25. hihihi kok gue nikmat nikmat aja hidup di itb yah, kayaknya krn gw juga erorejing kali ya

    dulu gw waktu kuliah pake rok batik panjang merah desain sendiri, daleman celana silat, ikat pinggang dari sampur tari, dan kaos hitam panjang tapi da sayamah merasa gaya ituteh

    kalian itu ya, mesti punya style sendiri, jadilah pembaharu tren, jangan ikut-ikutan tren, itu namanya kurang kreatif. Bukan baju enggak normal atau ajaib, itu sih, salah kacamata ngeliatnya, tapi ya seru aja.

    Hidup itu harus diseruin, entar ngebul hehe

    Dan sampe sekarang, ngomongin integral atau penemuan baru di National Geography itu super cool loh. Coba kamu ngomong di forum internasional ,ya enggak ada yang ngomongin soal selebriti lokal hihihi, gak akan ngerti.

    Pls, kamu pernah enggak nyoba nyebur forum internasional, terus ngomong nikita? cengo semua dong hehe..

    Sampe sekarang sy sedih, soalnya anak2 indonesia (bahkan orang dewasanya loh) kbanyakan keseret-seret logikanya kalo diajakin diskusi sains sama orang luar yg setara tingkat pendidikannya, mau itu sd, smp, sma atau kuliah.

    Makaya jangan kebanyakan nonton TV nak, isilah hidup dengan bacaan berguna, macam national geography atau bahkan philosophy. FYI, anak amrik biasanya dari SMA udah gape dialog logika, sedangkan, anak indonesia, yg udah puluhan taun aja kelaut.

    Yah begitu saja.

    Enggak salah sih, gape ngomong seleb, enggak salah gaul, tapi, look from the bigger picture. We definitely need to improve mpok. And btw, er, ngapain pamer IP disini lol, mana karyamu sekarang? kalo bisa nunjukkin tanpa menjelekkan orang lain yang lebih berusaha keras dari lo, aku diam deh

    Senior mu hehehehe

    BalasHapus
  26. wah aku senyum senyum sihh bacanya...sambil dalam hati " yang hukum newton sama fotosintesis emang lucu :D " - mahasiswa S1 itb 2015

    BalasHapus
  27. Maasyaa Allah termotivasi sekaliπŸ’•πŸ™

    BalasHapus
  28. Mantap bak infonya jadi pengen kuliah di itb. Jangan lupa kunjungi web saya http://fatihululum.site

    BalasHapus
  29. Jadi kangen kampuss 😊
    Aku ga nyadar kalau anak univ lain bisa culture shock kuliah di itb, padahal waktu kuliah profesi apoteker banyak banget yg dari univ luar

    Tidur 2-3 jam perhari itu ngerasa banget waktu musim uts s1 tapi praktikum masih tetep jalan dan laprak dan jurnal harus dikerjain, belum lagi tugas segunung πŸ˜‚

    Sampe udah lulus ampir 2 th yg lalu pun masih suka tidur jam 12 atau 1 malem. Tapi ada juga anak ajaib yg bisa tidur teng jam 8, akademik dan tugas masih lancar, dan sekarang malah s2 di eropa.. πŸ˜‚

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer