Djawa in Djava

Setiap orang pasti memiliki fase2 penting dalam hidupnya, fase2 dia berubah, memiliki lingkungan yg baru, kehidupan yg baru..dan inilah yg gw alami sekarang...
SEBUAH FASE HIDUP BARU, DJAWA IN JAVA... HAHAHHAHA 
Sudah genap seminggu gw jadi orang Semarang, tempat gw menuntut ilmu di Universitas Diponegoro...
Masih terekam jelas Sabtu kemarin gw dateng berdua bareng mak gw, dengan perasaan campur aduk, antara semangat dan sedih meninggalkan kota gw dibesarkan, Bogor tercinta.

Hari Sabtu kemaren gw habiskan full bareng mak gw, kita shopping bareng dari pagi sampe malem, makan, jalan2 pokoknya sengaja memanfaatkan detik2 terakhir lah... dan tiba saatnya hari Minggu... Ibu gw harus pulang... perpisahan yg sgt menyedihkan di bandara, ibu gw sengaja bgt lari supaya gw ga liat dia nangis, tanpa kata2 tp terasa sgt sgt memilukan, (ketauan bgt sifat mak gw.. keras abis)
Gw balik dr bandara ke  kosan dengan muka penuh aer , aer mata pastinya, ga mungkin kan aer kelapa
Di mana2 diliatin...Di becak gw nangis dan abangnya kebingungan sendiri...
Abang becak: "Mbak mau kemana?"
Gw: "Huaaaaa, mama,,, mama,,,"
Abang becak: "iya mbak kemana? (dikira gw teriak mana..mana..  gitu kali ya?)
dan akibat mis komunikasi itulah gw naek bis yg salah arah (dikasih tau abang becak stres itu)
masih dgn nangis antara kangen mak gw dan ngeri nyasar di kota orang dan belum genap 24 jam gw ada di sini
dan satu yg gw ngerasa sesuatu yg baru, semua org peduli sma gw...
Satu bis tuh nanya gw mau kemana, gw bilang aja "ke kosan saya bu"
bpk2 nanya: Kosannya dimana?
Gw: Saya juga ga tau alamatnya pak
kalo di bogor gw udah di bakar kali ya,,,  hahhaa
tp ini mereka dgn sabarnya ngebantuin
akhirnya pas gw bilang: Kalo ga saya ke UNDIP dulu deh bu (gw baru ngeh, setiap org disini pasti pada tau UNDIP dan kosan gw ga jauh dr kampus)
Plaak, semua org nepok jidat kaya pgn tereak BILANG DR TD DOONG CUMI!!!
akhirnyaaa sampelah gw di kosan gw tercinta, walaupun jadi muter2 semarang dan nanya nyaris ke semua org yg gw temui...yang harusnya setengah jam jadi 2 jam...gobs

Sampe di kosan  gw janjian sama temen baru gw namanya Purnima, kita makan tahu gimbal ,,maklum lagi sama2 ga puasa maen sampe malem bikin gw lupa nangis... kalo ga gw bisa nangis berjam jam tuh...
Akhirnya stelah cape maen kita balik, menuju KOSTAN TERCINTA. Gw termasuk beruntung karena gw dpt kosan yg serumah sama keluarga ibu kostnya. walaupun untuk beberapa org itu terlihat tidak menyenangkan tp buat gw itu seru bgt... kayak punya keluarga baru.. dan gw akan perkanalkan isi kostan gw

1. IBU TITIK
dia ibu kost gw, umurnya 40 tahun dan sedang hamil tua... sudah 8 bulan lebih, orangnya cantik, baik lagi... seumur idup gw kos disana (lebay bgt najos, baru ge seminggu) gw baru beli makan 2x sisanya...makan bareng keluarga ini... hahaha
tp kayaknya bentar lagi ngelahirin  deh, dan gw takutnya gw alih profesi dari mahasiswi jadi baby sitter atau bahkan penjual bayi (amit amit)2.PAK TITIK
sebenernya mah gw ga tau namanya... jadi panggil aja begitu... Lebih pendiam dr ibu kosan gw, tp tetap citra bpk2 jawa...kumis pak raden dan senyum si Bagong dalam serial wayang menghiasi wajahnya.

3. ERIN
anak pertama , perempuan usianya 17 tahun... Anak SMA ini cantik, kurus,  asik tp badung buanget... dia sepertinya anak geng terkenal, yaah tipe cewek2 populer di sekolah, tiap malem cowoknya ngapel.. tp dia asik bgt sumpah, seru anaknya, sopan juga, kalo sama gw.
dia seperti menghadirkan pengganti Arif di kosan gw

4. OKY
anak kedua, kelas 5 SD, gendut.. baweeeeel nya gilaaaa... semua diceritain tp gw cepet sayang sama ni anak... kadang dia maen ke kamar gw, sama temen2nya...cerita2 ttg sekolahnya... dia sangat mirip Uya
jadi gw ngerasa ini karunia Tuhan buat gw... keluarga baru gw...

dan satu lagi...temen sekamar gw. Tau ga, jadi waktu gw dpt kamar kosan gw itu, itu kamar untuk berdua dan waktu itu dia dah ngisi duluan tp blm ketemu gitu, jadi gw rada deg2an melihat siapakah temen misterius itu... Gw dah siap2 angkat kaki aja kalo yg muncul BUTO IJO yg super galak dan judes... atau seseorang seperti JUPE yg siap memamerkan gunungnya ke depan balkon atau mengajak teman prianya tidur bersama... jadi bertiga gitu sama gw, gw tidur di kolong kasur... gila ga lucu bgt!
Tapi semua ternyata berbeda 180 derajat...
temen kosan gw adalah cewek super manis pendiem (setidaknya dibandingin gw), cewek2 jawa yg manut dan patuh, yg selalu tersenyum dan menunduk dan bertutur kata sesuai ajaran Sri Sultan... namanya Tita. Justru dia yg ngeri waktu liat gw pulang malem hbs maen sma temen gw dan teriak pas liat dia dikamar, sambil membobardir dgn seribu pertanyaan, sampe ukuran kolor juga gw tanya (BOONG LAGI>>>Hahaha)

Itulah keluarga kecil gw yg baru, yg akan menemani gw selama 4 tahun (mungkiin kalo gw ga pindah atau ada yg pindah)

Semua di sini berbeda dgn kehidupan kota besar seprti jakarta dan bogor, semua di sini masih sgt sederhana...
yg agak susah buat gw adalah menghilangkan kata "GW" dan "LW"
Gw sampe minta maaf berkali kali setiap tanpa sengaja gw ngomong berapi api ke temn sekamar gw dengan kata itu, soalnya mukanya langsung berubah kayaknya tuh gw ngomong semacam Jablay atau Brengsek... haaah...culture shock.. akhirnya itulah pelajaran pertama yg harus cepat gw kuasai  berbicara dgn AKU KAMU...rada geli juga pertamanya tp kalo ga dibiasain gw ngerinya di arak bugil keliling kampung....
Pelajaran gw kedua adalah menghilangkan kata BANG dari kosakata kamus gw...
Gw kadang masih suka ngomong KIRI BANG! dan itu bikin gw diliatin satu angkot.. atau kalo lw belanja di pasar dan nanya "INI BERAPAAN BANG?" Harganya bisa 2x lipat dibanding bertanya dengan kata2 ini: IKI PIRO MAS?

Ada lagi kebiasaan baru gw.. Shalat taraweh di mushola..pokonya tuh deket kostan gw ga ada masjid gede, adanya suro alias mushola kecil dan yg lebih kocaknya lagi disitu IMAMNYA PERMANEN, kagak ganti2..setiap hari
mulai dr adzan, imam, ceramah semuanya dia...dan sekali lagi SETIAP HARI!!!
Sosok kakek2 dengan jenggot menjuntai...eh pokoknya mirip dah sama yg di iklan Axis yg lolipop tau ga?
dan satu yg pasti dia kalo sholat cepeet bgt... gila speed kuda itu walopun dah tua, normalnya kan makin tua makin lama ya, ini mah buset daaaah,, baru juga gw Ashadu Ala Ila Ha ILallah di udah Asalamualaikum aja
dan setiap ceramah dia malah lebih terlihat seperti DALANG WAYANG KULIT...
Dia membelakangi jemaah, duduk di sajadah lusuhnya dgn lampu remang2 , kadang2 tangannya mengepal ngepal ke atas, atau jarinya menunjuk nunjuk dan menciptakan bayangan di tembok...MANA PAKE BAHASA JAWA LAGI!! Udah kaya liat wayangan bener dah...
Karena yg dtg cuma sedikit berhubung tempatny kecil gitu gw jadi dah hampir hapal sama org2nya yg juga warga kampung situ
ada 3 org nenek2 tuarenta yg selalu pake kebaya dan kain samping disertai kerudung nenek2 (asal bgt ngasih nama kerudung) , mereka selalu dtg bergandengan. Gw curiga apa mereka dulu itu geng cewek2 bohay di situ yaa kaya Destiny's Child gitu kali yaaa
Selain itu ada anak bocah sekitar 4 tahun, cowok cewek yg udah kaya kucing kesetanan,,  kerjaannya tereak2an, lari2an, kadang mereka bekep2an pake sajadah gitu.. ntar yg cewek nangis diem di sebelah maknya. tinggal si cowok kehilangan temen dan terpaksa cuma bisa guling2 di karpet gitu sambil nabrak bapak2 yg lagi solat.. ampun dah apal bgt gw. pokonya nyampe ceweknya angis dia pasti cuma ngeguling guling ga penting gitu deh sampe imamnya selesai.

Di sini yg terasa manis adalah sikap tiap org yang sangaaat sangaat ramah, gw ga pernah liat ada yg jutek atau cemberut disini... kayaknya slogan dan seperti tertulis di jidat tiap orng adalah SENYUMLAH PADA SIAPAPUN, BAIK KENAL ATAU PUN TIDAK
Jadi pernah sekali gw penasaran di jalan mau ke kampus gw teriakin aja bapak2
WOY PAK! (sambil angkat tangan sok melambai gitu padahal kenal juga kagak,hahhaha)
dia dengan sok kenalnya juga Teriak : Yoo!! Ati2 yo!
buset gw geleng2 kepala aja, di bogor mah bisa langsung dibawa gw, pake sirene ambulan RSJ Marzuki Mahdi
Dan nyaris semua orang tingkat kepeduliannya masih tinggi... Kalo lw nanya di angkot arah ini ke mana, ini ke mana,, biasanya satu nagkot ikut ngebantuin. Di Jakarta dan sekitarnya yg peduli dgn yg lain ditinggalkan kalo di sini  yg ga peduli dgn yg lainlah yg ditinggalkan

Walaupun begitu kadang2 gw kangen juga dengan wangi2 mall besar jakarta, bau XXI botani square, mobilitas tinggi dan modernisasi, baju2 keren brand Luar punya, makanan2 junk food

Semua punya kelebihan dan kekurangan masing2... tapi sejujurnya gw sangat sayang kota ini... Damai dan mendamaikan...cuma satu yg kurang KEHADIRAN KELUARGA DAN TEMPAT DIMANA KITA BERASAL
Padahal segini baru di Semarang ya... belum di luar negeri seperti cita2 gw pergi keliling dunia
Tp Djawa in Java ga akan menyerah!! Dimana pun gw berada gw akan berusaha menjadi bagian dari mereka tanpa meninggalkan diri gw...
Seperti ikan yang hidup di laut, menyatu dengan garam tanpa mmbuatnya menjadi asin
btw gw kangen dipanggil jawa...karena ga mungkin gw dipanggil itu disini
karena di sini gw adalah yg paling GA JAWA...
mungkin gw bakal punya nama baru SI BOGOR atau SI TALES ... ah ga banget tp lebih baik lah daripada si SI KEBON RAYA atau
SI ASINAN 

NB: Kisah ttg kampus baru gw dan lika liku seorang mahasiswi baru bakal gw tulis nanti, setelah situasinya memungkinkan. Gw ngeri kalo nulis masih masa2 ospek gini, gw ga bisa nulis lagi buat selamanya...entah kehilangan tangan atau bahkan kepala... siapa yg tau? 
Hehehhee

Komentar

Postingan Populer