I AM AS BABY SITTER

Semua ini bermula dari mak gw... (GW SEBENERNYA BENER-BENER HERAN KENAPA YG ANEH-ANEH DALAM HIDUP GW PASTI ADA SANGKUT PAUTNYA SAMA MAK GW??!!)
sori bro gw emosi


Tapi serius deh akhir-akhir ini badan gw remuk redam, dan nyaris semuanya berhubungan dengan BOCAH CILIK.
Beberapa bulan yg lalu gw ikut seminar sama mak gw, yaaah emak gw ceritanya panitianya gitu trus gw disuruh pulang (kebiasaan bgt kan?) cuma buat dateng ke seminar dg judul PEMBERDAYAAN WANITA dan isinya adalah program-program ibu-ibu PKK membuat ibu-ibu di desa-desa bisa buat tas dari rinso atau molto, atau taplak meja dari bungkus chocolatos maupun Ale-ale (gw berharap hbs ini notes gw disponsori produk yg gw sebut diatas)
Nah terus di akhir acara ada seorang om-om yg jd pembicara yg yaah boleh dibilang lumayan kece dan bikin ibu-ibu pada rempong
Ibu-ibu PKK belakang gw bahkan sampe ngeluarin hape buat moto-moto dia dari jauh. Kepala gw digeser-geser supaya dy bisa dpt hasil jepretan yg oke, KAMPRET
Dan di depan gw seorang ibu dengan baju loreng-loreng macan tanpa segan-segan teriak "Maaas nyaa mas nyaa statusnya apaaa? single apa complicated?"
Astagfirullah kenapa gw bisa terjebak dengan kumpulan ibu-ibu yg udah kaya singa laut bunting gini,, ribuut beneer
Cuma seorang bapak-bapak dengan tampang melas nunggu istrinya sambil tidur dengan mulut ternganga, dan itu di samping gw. Miris.


Pas di akhir sesi, si pembicara ini mulai menceritakan kisah hidupnya sampe jadi sukses gitu. Dia cerita masa-masa dia kuliah dan dia kuliah sambil kerja dan dia sama sekali tidak dapat kiriman uang dari orangtuanya. Dia sampe teriak kenceng bgt sambil tangannya mengepal ke udara
"DULU SAYA BERDOA, YA ALLAAAAAAH JIKA SAYA MENINGGAL KARENA RASA LAPAR DAN TERSIKSA INI, HITUNGLAH KEMATIAN HAMBA SEBAGAI JIHAAAAD FIII SABILILLLAAAAH!!!"
setelah itu dy nangis tersedu-sedu. "Tapi ibu-ibu dan hadirin bisa liat sekarang SAYA TELAH MEMBUKTIKAN BAHWA SAYA BISA!!!" Seminar selesai diiringi tangisan puluhan mak-mak.
Mampus gw! gw sampe merinding tingkat dewa, INI ACARA MACAM APA???? Apakah ini perekrutan NII? atau ini brain wash versi mak-mak?
Serius gw dari awal udah horor bgt sama ni acara.
Gw liat di belakang mak gw dan jajaran panitia lainnya sedang apa kawan-kawan?
BUANG INGUS PAKE TISU!
Gw langsung jedotin pala ke meja diiringi decakan kagum si suami takut istri sebelah gw "Ada juga acara debus yg menarik di sini" gitu kali ya pikir dia.


Itu belum apa-apa kawan, setelah itu nasib gw lebih tragis lagi.
Sebagai salah satu panitia, mak gw dapat kehormatan makan satu meja sama si pembicara ini. Dan gw berdoa semoga dy ga ngeluarin lagi kisahnya dan mak gw mendadak nangis bombay.


Di meja makan
Gw yg sedang mengodok-ngodok salmon hambar yg bikin gw kangen pecel yu tem sebelah kosan gw dikagetkan oleh kata-kata mak gw
Mak Gw: Mas saya salut sekali lho dgn isi materi yg disampaikan mas tadi
Pembicara: ah biasa saja bu
dalam hati gw: iya emang biasa aja,banyak yg lbh bagus dikampus gw
Mak Gw: Wah hebat pokoknya mas ini, bisa kuliah sambil kerja, anak saya ini yg pertama juga sudah kuliah. Besok-besok saya ga akan kirim uang lagi, biar dia mandiri kayak mas nya
Gw: UUHUUAAEEKS HUEEEKS! (berasa keselek lemari gw)
Ma... tapi... aku..a...
Mak Gw: (nyikut nyikut gw pertanda gw harus diam)
Pembicara: (nyengir-nyengir gembel sambil dgn santainya ngomong) "Wah bagus sekali bu, memang anak sekarang harus dibegitukan biar mentalnya terbentuk"
MAMPUS!!
Salmon langsung gw koyak sampe jadi bubur salmon


Pas di mobil, gw mencoba melakukan aksi protes ke mak gw
Gw: "Ma, ntr aku bisnis kecil-kecilan deh... tp jgn disetop juga aaaa"
Mak gw: "aaah ntr kamu ga serius lagi"
Gw: "ma, papa kan ga setuju aku kerja, ntr kuliahnya ga konsen, lagian aku kan banyak organisasi"
Mak gw: "halah jangan alesan, mas tadi itu lho dicontoh udah kuliahnya bagus, bisnisnya oke, dulu juga ketua bem... kurang apa coba?"
Gw cuma bisa membuka jendela mobil dan mengeluarkan kepala gw biar kerudungnya ketiup angin gitu... biar cantik kaya artiiiis di pilem pilem (nyambung ga sih?)


Setelah gw pikir-pikir,melihat potensi berwirausaha gw yg sangat lemah gw mengurungkan diri berbisnis, asal tau aja nih ya gw udah berapa juta kali gagal bisnis, soalnya gw suka kasian kalo ada yg mau beli tp ga punya duit jd gw kasih (gobs bgt kan?), kalo gw kerja di Alfamart atau Indomaret gw mungkin ga bakal betah dan yg bakal terjadi adalah tu toko gulung tiker karena gw colongin makanan di sono. Jadi karyawan lebih ga mungkin dari waktu aja udah mengikat bgt. Akhirnya satu job yg terpikir, guru les. Yah singkat cerita gw diterima di lembaga private gitu dgn gaji yg kalo gw bandingin sama penghasilan gw kalo ngamen gedean ngamen. Tapi ya udahlah jalanin dulu aja yg penting halal.
Murid baru gw seorang anak laki-laki, SD kelas 5. Tinggal di komplek tentara. Gw ngajar malem-malem jam 7-9


Hari pertama gw ngajar, gw tersesat di komplek yg isinya semua pake baju tentara,potongan plontos, sepatu boot. Akhirnya gw dianter mas-mas tentara yg lagi jaga, dgn senjata di tangannya dia nganter gw sampe depan rumah temen tentaranya yg namanya Pak Djainal, diliatin tetangga-tetangga udah kaya apa gw.. kalo sampe besok di koran ada headline news "TENTARA AWASI KENAKALAN REMAJA KAMPUS" Trus ada foto gw lagi jalan dibelakang gw tentara pake senjata, mending gw langsung urus surat pindah trus gw balik ke kampung halaman gw di USA dan gw menerima pinangan Johny Depp. Terpaksa. Tapi untungnya besok paginya ga ada berita apa-apa. Oke balik lagi ke topik


Pas gw liat siapa murid pertama gw, gw langsung pengen ngakak, tampangnya kocak bgt, item bulet udah kaya bolu gosong. Namanya Iqbal. Langsung gw ajak kenalan, hbs ngobrol basa-basi bentar gw akhirnya menanyakan
"ada PR ga?"
dan dia mengeluarkan buku IPA nya, sukur deh ipa kalo sampe bahasa jawa gw cuma bisa nelen ludah dan ballik badan sambil ditembakin bapaknya. Tragis. Headline baru "MAHASISWI UNDIP DITEMUKAN TEWAS KARENA GAGAL AJARI BAHASA JAWA" aaah parah
Habis ngerjain 30 soal yg bikin gw koprol berkali-kali di kamar tu anak, tiba-tiba dia ngeluarin kertas dan dgn entengnya bilang "Ayo mbak, sekarang cocokin sama kunci jawabannya"
JLEEEB!!! "LOO PUNYA KUNCI JAWABANNYA MEN??? KENAPA GA DARI TADI LO LIAT AJA KE SITU! WAKTUUUU GW! TUGAAS GW!!!"
oke untung gw bisa menahan diri karena tiba-tiba secangkir teh dan 3 buah pisang goreng datang.
Dengan sabar gw nemenin dy nyocokin yg dia kerjain sama kunci jawaban, tapi satu kesimpulan yg gw ambil:
anak ini jujur, kalo gw yg jadi anak ini udah gw salin aja kuncinya tanpa pake otak,haaa (semoga seumur hidup anak itu ga pernah baca notes ini, dy bisa muntah darah liat guru les nya ancur gini)


Waktu masih kurang sejam lagi tapi dy udah ga mau belajar malah kaya cumi cumi guling-guling di kasur. Akhirnya gw nanya dia bisa bahasa inggris ga? Dia bilang dia paling ga suka bahasa inggris. Dan akhirnya gw mencoba melihat sampe dimana pelajaran bhs inggrisnya. Ternyata sampe bahasan Clothes alias Pakaian.
Entah otak goblok apa yg bikin gw membuat permainan cacat yg bikin gw
Gw mencoba permainan MENEBAK NAMA BENDA
najis
yaaa intinya gw minta izin untuk obrak abrik lemari baju si Iqbal dan adeknya yg masih TK (Oh iya dia punya adek 2 namanya erin masih TK dan dita 3 tahun)
dan gw nyuruh dy ngapalin nama-nama pakaian tersebut pake bahasa Inggris kalo bener satu dapet 500 perak
Dan tebak-tebakan itu mencuri perhatian adek-adeknya. Jadi pada ngakak semua pas gw nyopot kaos kaki gw dan nyuruh si Iqbal nebak bahasa Inggrisnya apa. Ada satu kejadian yg bikin gw merasa sgt bersalah. Waktu gw nunjuk kancing baju gw, si Iqbal kan teriak
Iqbal: BOTTOM MBAK!
Gw: Bottom?? Bottom apaan? Button kaleee...wewewewe... Bottom mah PANTAT
Iqbal: Hah, emang iya? bottom emang pantat? coba deh bentar... (terus dy ngaduk ngaduk kotak mainannya.. dan mengeluarkan kotak gasing)
Iqbal: Ini kok di gasing ada tulisan bottom?
MAMPUS GW LUPA, KENAPA GA GW BILANG BOTTOM ITU BAGIAN DASAR
Gw: eh... bottom itu maksudnya bagian dasar, jadi ini maksudnya bagian dasar gasing
Iqbal: tadi katanya pantat... ah mbak ga bisa bahasa inggris
Gw: SAMA AJA TAU! MAKSUDNYA PANTAT GASING
ngaco--->gw
Iqbal: waaaaw... aku baru tau bottom itu pantat...besok aku kasih tau temen-temen ah
gw cuma bisa berdoa semoga gw ga dipanggil gurunya akibat perilaku buruk anak ini
Sampe jam 9 lewat kita asik main, dan sesi terakhir gw menjerit pilu...
"Daaan pemenangnya adalah.... IQBAAAL.......(diiringi tepuk tangan erin dan dita).... dapet uang sebesaaaar...(gw mencoba menghitung-hitung dan gw teriak)
SEBESAAAAR UPAH GW HARII INI!!!! AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA"
Nangis darah gw... sia sia jerih payah gw hari ini...ya Tuhaaaaaan apa dosa hambaaaa
Gw cuma tertunduk lesu pas pamit pulang, dan Erin dengan kocaknya ga pengen gw pulang dia ngintilin gw sampe depan gerbang ditemani bapaknya. Terharu bgt sih tapi pas liat senyum puas Iqbal dgn uang yg dia dapet gw jadi pengen ngais-ngais tanah lagi. GW MAKAN INDOMIE LAGI MALEM INI...


Sebenernya kalo dipikir-pikir gw tadi ga kaya guru les yg kayaknya intelek dan dgn keanggunan diri membuka lembar demi lembar buku, gw malah kaya baby sitter cacat.
Tapi ga bisa dipungkiri gw kayaknya bakat ya jadi baby sitter, padahal gw ga doyan anak-anak, udah berisik, bandel, cengeng, kecil (ini apa sih?), tapi kenapa anak-anak ke gw tu kayanya seneng bgt. Walaupun gw bertingkah gembel mereka malah makin nempel.


Sebenernya gw curiga, gw di kosan selama ini sering banget dibaik-baikin sama ibu kosnya, kalo ga dikasih makan, diajak jalan-jalan. Ternyata kalo dipikir-pikir itu mungkin upah gw jd baby sitter kayaknya. Ibu kos gw kan punya bayi ya... nah tiap pagi ni bayi kerjaannya nangis mulu, berhubung gw keberisikan gw suka ajak main keluar. Sekalian jalan-jalan pagi lah...
Asal tau aja, gw emang doyannya kan pake daster ya, terus sambil gendong bayi gitu gw suka masuk-masuk gang tetangga, dan semua mengira gw ibu muda yg beruntung punya suami ganteng, karena bayi ibu kos ganteng (SIALAN KAN? ARTINYA GW JELEK DAN MEREKA LANGSUNG JUDGE SUAMI GW YG GANTENG SOALNYA ANAKNYA GANTENG, MAKASIIIIH LHOOO IBU-IBU!!)
Tapi seru juga membiarkan ibu-ibu itu salah persepsi... Soalnya gw jarang ke satu tempat yg sama, misal habis dari gang ini besoknya gw jalan ke gang lain yg beda arah... cacat kan??
Yang kocak waktu gw jalan-jalan sama bayi ibu kos gw itu, tiba-tiba ada anjing 3 biji (anjing pakenya apa sih? 3 biji, 3 buah, 3 lembar?), gw pikir jinak, gw deketin aja, tau tau tu anjing ngejar.... GILA LO BAYANGIN GW DENGAN DASTER ALA EMAK-EMAK GENDONG ANAK ORANG, LARI TUNGGANG LANGGANG SAMPE MAU NANGIS! Beruntung ga ada satu pun org yg gw kenal.Coba kalo tiba-tiba temen sekelas gw liat udah terus dipoto pake blackberry dia dan disebar via BBM foto gw yg lagi ga tau gimana bentuknya,,, haah udah tinggal siap-siap loncat ke sungai tembalang gw. Tp tiba-tiba keluar kakek-kakek yg punya anjing
Kakek-kakek: "Smith, Black, Joy balik sini, jangan nakal"
SUMPAH ANJINGNYA LANGSUNG BALIK ARAH
gw pengen punya kemampuan bahasa binatang gitu jadinya.
Si kakek-kakek yg udah miris liat gw yg jongkok sambil mencoba mencari nafas dgn keringat segede duren dan orok di gendongan teriak "Bu...maaf yaa...anjing saya memang nakal, mari mampir"
IBU?? OKE GW MAAFIN MASALAH IBU-IBU, TAPI ANJING LO KEK??! KAKI GW DAH NYARIS ILANG, JANTUNG GW UDAH JATOH DIMANA TAU!
Gw cuma bisa jongkok dijalanan beberapa menit, mencoba mengumpulkan nafas, si dio malah cengar cengir, dan dia mulai merengek-rengek pengen liat anjing. Berhubung si kakek masih di depan rumah dan si dio udah nangis-nangis pengen liat anjingnya lagi, gw DENGAN AMAT SANGAT TERPAKSA balik lagi ke anjing sinting itu.
Setelah dideketin ternyata si kakek ini mirip orang Jepang. Habis itu gw ngobrol panjang lebar mulai dari anak-anaknya yg lagi di jerman, kesendirian dia dirumah itu bersama istri dan 3 anjingnya, ramaaah bgt deh tu kakek-kakek, beda jauh sama anjingnya, sampe gw disuruh masuk rumahnya segala
sebenernya sih pengen tp liat anjingnya 3 mentereng depan pintunya gw mengurungkan niat, kayaknya gw udah bisa bayangin usus gw yg terkoyak dan dio yg udah jadi sarapan ketiga binatang stress ini.
Di jalan pulang gw mikir ada ga sih anak kosan lain yang mengalami nasib kaya gw? ADA GA SIIIH?? PLIS PLIS...
Yah intinya dio itu dekeeet bgt sama gw, tp karena gw sibuk parah, aktivitas jalan pagi itu sekarang dah ga pernah lagi, gw aja suka kaget pas sadar si dio tidak sekecil dahulu (ini malah kaya skenario Anakku Bukan Anakmu deh)
Sekarang bukan cuma dio yg suka gw gendong, gw pernah tiba-tiba dititipin anak tetangga ibu kos gw soalnya ibunya mau mandi, gw pulangnya dikasih rempeyek banyak bener, MIMPI APAA GW!!?


Tapi jujur gw mending disuruh ngasuh anak laki-laki. Kalo anak perempuan ya... ampuuuun DJ. Parah bgt
ini baru aja kejadian kemaren, gw kan pulang ke rumah gw di Bogor ya... si mak bapak gw mau berangkat haji, jadi gw bantu-bantu lah dikit. Tamu yg bejibun, bikin gw ancur badan bgt. Terus tiba-tiba bos mak gw dtg bawa anak perempuannya usia 4 tahun, beriiisiiik bgt... Mak gw langsung nyuruh ni bocah main sama gw lagi, alhasil gw dah bener-bener kaya baby sitternya bgt... Makein sepatu dia, ngejar-ngejarin ayam, nemenin main barbie, pas gw udah tengkurep pasrah di lantai dia malah nangis minta dibacain buku cerita. Gila, tampangnya doang manis, dia sebenernya psyco tingkat dewa. Yang lebih tragis pas keponakan gw dateng, (perempuan juga) 2 tahun. HANCUR HIDUP GW!
Yg satu megang tangan kanan, yg satu megang tangan kiri. Feeling gw udah ga enak
Anak Bos: Kakak, kita ke bawah aja yuk...
Ponakan: aaah (sambil geleng-geleng belom bs ngomong)
Anak Bos: Ayoo kakaa... disini ada dia... Puspa ga sukaa...
Ponakan: Wewewek... (sambil dorong anak bos)
MAMPUS GW! Anak bos nangis mereka berantem gebuk-gebukan, jambak jambakan
AAAAAAAAAAAAAAAARRRRGGGHHHHHHHHHH kenapa jadi perempuan ribet bgt hidupnya dari kecil.
Lo tau apa posisi gw waktu ngembaliin mereka ke orang tuanya masing-masing
Anak bos digendong di depan, ponakan gendong belakang. Habis diambil emaknya masing-masing gw cuma bisa ngegelepar di lantai, mau ditendangin adek gw si Uya gw ga peduli, ancur sob badan.
Dan efeknya mereka ga ada yg mau pulang, malah anak si Bos nangis-nangis segala. Baru pas gw janjiin renang bareng dan dia pulang ambil baju renangnya dulu baru dy mau pulang. Kasian deh tu ortunya mikir alasan nanti di rumah,haha.


Padahal gw bener-bener bukan tipe keibuan yg penuh kelembutan gitu lho, serius deh... kadang bayi tetangga, si Bintang namanya, gw suka ajakin nonton smack down, atau film horor Indonesia yg ga penting gt,habis gw ga punya persediaan dvd Barney and Friends atau Dora The Explorer, tp kenapa ya mereka ga ngeri sama gw? Gw aja kalo punya anak ngeri jadi kaya gw, si Dinul aja dah sumpah sumpah kaga bakal ngebolehin anaknya main sama anak gw sadis kan? soalnya si Dinul orangnya unyu bgt, dari sekarang aja dia dah mikirin pola mengasuh anak sesuai dgn kaidah ilmu psikologi anak terkini kali. Yah kita kan sering ngobrolin masa depan ya, dia udah prepare bgt deh masalah beginian, sedangkan gw sama sekali belum jd gw suka bercandain aja...
Dinul: gw ntr kalo punya anak mau gw ajak ngomong pake bahasa inggris setiap hari supaya lancar pas udah gede, kalo lw?
Gw: gw pengen ajarin bahasa binatang, biar kaya nabi Sulaiman, minimal pengendali semut
Dinul: (melirik pasrah) eh ntr kalo gw punya anak, sebelum tidur gw bacain buku cerita rakyat indonesia ah, biar mereka kenal sama budayanya. Jadi walaupun jago bahasa inggris bgt bgt mereka ga lupa asal mereka, kalo lw?
Gw: Cerita horor seru juga buat pengantar tidur
Dinul: SAKIT LU, GW GA BAKAL BIARIN ANAK GW YG BRILIANT TEMENAN SAMA ANAK LW YG PASTI CACAT KAYA LU!
Gw: Ntr anak gw, gw suruh neror anak lw, pake ayam mati di kerdus dilempar ke kamar anak lu BAHAHHAAHHAAAHAH.
Dinul cuma bisa menahan muntah dan benar-benar berarap gw tobat


Gw pengen cerita, tp yg ini serius bgt lho.... seriusnya sampe lu semua yg baca harus siapin ember buat nangis. Jadi gw berubah jadi gila ke bocah kecil sejak gw ditinggal sama keponakan pertama gw namanya Aimee (baca: Aimi) waktu gw SMP kelas 1.
dy pindah ke Jepang ikut kewarganegaraan bapaknya.
Sebelumnya dari bayi sampe 3 tahun dia tinggal deket rumah gw. Tiaaaap hari gw yg ngasuh dia. Pokoknya gw dah sayang bgt deh sama dia. Yang nyuapin, mandiin, jalan-jalan, nidurin. Dari pulang sekolah gw langsung lari kerumahnya dan main sama dia sampe malem.
Aimee itu pinteeer bgt, kalo gw ngomong apa dia pasti inget, makanya ibunya (sepupu gw) suka marah gitu kalo gw ngajarin yang aneh aneh.
Misalnya tarian kupu-kupu, atau suatu hari dia pernah nanya "Ina, suara unta kaya gimana sih?" gw yg kebingungan dan berpikir keras bagaimana suara unta akhirnya pasrah dan ngasal "Ngiik ngiik"
Dia seharian cuma ngomong "Ngiik, Ngiik", alhasil gw kena sidak ibunya.
Pas Ai pergi ke Jepang dia nangis terus di bandara, teriak teriak "Ina ikuut ibuuu" sejauh mata memandang yg gw liat cuma dia yg mencoba meraih gw...
gila gw waktu itu dah nangis mampus di bandara.
Habis itu gw jadi stres, suka ngomong sendiri sama fotonya Ai (dah kaya orang gila kan?), suka nangis kalo liat apapun yg mengingatkan gw sama Ai, bahkan sampe skrg gw suka make minyak telon cap lang soalnya itu bau Ai. hehehe
Yah gw jadi tau perasaan ibu yg ditinggal anaknya, bahkan mungkin cuma sebagian dari perasaan itu.


Ai sekarang dah kls 5, terakhir kali ke Indonesia dia kls 2 kyknya, gw ajak jalan-jalan dan waktu itu gw ngibul ttg cerita si Kambing yang berdarah dan sama dia dibawa cerita itu ke kelasnya di Jepang. Kocak
Dia dah pinteer bgt, waktu gw ngubur ikan koi gw yg mati kelaperan kan gw buat pocong-pocongan terus gw kubur depan rumah, terus dy nanya. "ina kalo ikan paus gimana mocongin sama nguburnya?"
aaaa.... gw cuma bisa berdoa supaya Allah berkenan memaksimalkan otak gw.
Dan pas di bandara dia berkaca-kaca sambil bilang "Kelilipan Ai"
bikin gw nangis bombay lagi.


Suatu saat Ai mungkin lupa sama gw, tapi gw ga bakal lupa sama dia. Mungkin sifat baby sitter yg gw miliki sekarang terasah berkat Ai. Makasih Ai ^.^


Kadang gw pengen punya anak buanyaak bgt, 7-10 kali ya, supaya seru bisa main rame-rame di kebon.
Kadang walaupun capek, berisik, bikin pusing tapi melihat anak-anak itu menurut gw membuat gw sadar fitrah gw
sebagai manusia
Karena sebaik-baik tempat belajar menurut gw adalah kepada anak-anak
Dari mereka gw belajar keceriaan, ketulusan, kejujuran, perjuangan,dan banyaaak lagi sifat-sifat mulia pada mereka yg mungkin suatu saat luntur oleh waktu seperti kita, seperti gw lebih tepatnya, haaah...


Bogor, 30 Oktober 2011

lucu ya aimee, kaya tantenya,wwkwkwkw

Komentar

Postingan Populer