OM OM YANG TERLUPAKAN DAN MELUPAKAN


Akhirnya bisa nulis lagi..... setelah sekian lama hari-hari gw diisi dengan aktifitas yg bikin gw gila: RUTINITAS
Gw merasa diri gw sehat wal afiat disaat hari-hari gw penuh dengan sesuatu yg aneh dan abnormal. Misalnya mendadak digaplok orang ga dikenal yg dgn santainya bilang "Maaf ya,hbs tampang lw nyebelin" (serius pernah pas smp dan smpe skrg gw masih mikir, apakah ada dosa gw dimasa gw bayi yg bikin gw layak diperlakukan demikian?)
yah sudahlah lupakan
Gw merindukan hari-hari dimana gw hanyut di sungai, ketiduran sampe luar kota, bahkan sekedar obrolan cacat gw sama keluarga gw.
Pada dasarnya gw lagi stress karena beberapa hari yang lalu gw punya pengalaman paling buruk selama gw di TL.
Jadi gini ceritanya....
Semua ini bermula dari petuah mak bapak gw dari dulu.... Dari jaman gw bocah gw selalu diajarkan mengenal keluarga besar gw. Asal tau ya temen2.... Gw harus hapal semua silsilah keluarga dari jaman buyut gw... Buyut dari mak gw punya anak 9, nenek gw nomer 4, lahir mak gw nomer 4 dr 6 bersaudara. Dan gw harus tau 8 nenek kakek gw yg lain beserta keturunannya. Ditambah keluarga dari kakek dan keturunannya. Belum lagi semua silsilah dari bapak gw...Bikin gw pengen buang ludah nelen lagi buang lagi nelen lagi (najis)
Ditambah kapasitas otak gw yg terbatas gw sampe sekarang tetep aja lupa tante ini anaknya eyang yg mana, bocah ini anak siapa, gw sering mengira om A suaminya tante B padahal mereka adek kakak, atau eyang ini adeknya eyang ini padahal mereka ga ada hubungan darahnya sama sekali. Saking frustasi dgn banyaknya nenek dan kakek yg harus gw kenal, kalo di bis sebelah gw ada si mbah mbah gw suka ajak ngobrol dan suka gw bercandain
"Waaaah nek, jgn2 nenek masih nenek saya? jadi semacam cucu yg tertukar atau nenek yg terbuang, gitu kali ya nek?"... yah siapa tau aja masih ada hubungan darah sama gw... 
yaaaah begitulah mulai dari kumpul keluarga besar, arisan keluarga besar, gathering, gala diner, reuni akbar. Segala hal udah dilakukan untuk menjaga keutuhan keluarga tp otak gw masih tumpul aja.
MAKA TERJADILAH PERISTIWA NAAS ITU....

Gw punya om jauh (maksudnya apa coba om jauh) namanya om eko, gw baru ketemu dia dua kali... di kumpul keluarga besar gitu lah. Dan ternyata dia itu dosen di teknik elektro undip. Pas gw cerita ke temen2 gw anak elektro mereka bilang,
"GILAAAA PAK EKO ITU OM KAMU? KILLER LUAR BIASA"
"AKU DAPET E NIH"---> sambil nunduk pasrah dan tatapan nestapa, bikin gw pengen jilat tanah
"LW MAU APA AJA GW TURUTIN DEH, ASALKAN LW BISA BUAT GW GA ADA SANGKUT PAUTNYA SAMA OM LW"
miris

Nah suatu hari waktu gw ke ruang dosen buat ngumpulin tugas, ternyata di ruang dosen tuh lagi rame bgt... semua dosen ada di sana, lagi berdiri menyambut seorang pria paruh baya yg tinggi dan tampaknya sgt tidak asing. Pria ini sepertinya sedang melakukan audit atau pemeriksaan gitu lah
gw mikir keras siapa org ini, apakah artis di tipi? atau salah seorang yg nolong gw waktu gw ketiduran sampe salatiga? yaah mohon maklum otak gw rada mines
setelah berjuang keras sampe kaya orang sembelit 3 kali lebaran gw akhirnya inget...DIA SALAH SATU OM GW...YA OM EKO ITU!
Gw langsung merasa inilah saatnya unjuk gigi.... dosen2 pasti pada terpukau udah kebayang bgt dosen2 pada nyalamin gw karena gw kenal sama org penting.... atau minimal terpukau gitu kan yaa
Spontan gw teriak tu... "Om...Om..." Tapi waktu itu yg bikin paling mampus adalah gw lupa namanya...Bahkan untuk mengingat nama tiga kata E K O... seandainya gw dulu lebih perhatian waktu ada iklan PAK EKO alias Paket Ekonomis-nya A&W
Dia nengok, gw berusaha di detik2 terakhir mengingat namanya, Suprapto? Wijatmoko? Namijan?
akhirnya gw pasrah, gw cuma nyengir sambil tetep menggumamkan "Om...Om..."
dosen2 pada nengok semua
dan apa yg terjadi temen2..???
OM GW LUPA GW SIAPA!!!!!!!!!
Om gw lgsg melengos dan pergi. Tinggalah gw dengan tampang super cangak yg paling tergoblok dgn tatapan aneh semua dosen
Mereka semua pasti mikir "Anak stres ini ngapain lagi?? mau goda om-om di depan semua dosennya?"
MATILAH GW! TAMAT UDAH RIWAYAT GW.....
RUSAK CITRA GW SEBAGAI SI CANTIK, HANCUR HARKAT MARTABAT,,, GW CUMA TERTUNDUK LESU, turun tangga rasanya pengen nggelundung aja.
Tp gw ngerti kok perasaan dosen2 gw, gw mungkin pingsan ketika gw kedatangan tamu kehormatan kemudian salah seorang mahasiswa tak dikenal teriak teriak "OM OM! WOOI OM!"
GW GA MAU MASUK RUANG DOSEN LAGI, FIX!

Gw kapok dan bertekad akan menghapalkan sebanyak banyaknya saudara yg gw punya
Yah tadi pagi gw berkunjung ke rumah eyang gw yg di semarang bawah. Gw lupa namanya, sampe sampe gw harus nanya ke si Mbok yg bantu2 di sana...
dgn skill bahasa jawa yg gw miliki gw ngobrol rada kurang ajar soalnya gw ga punya kosakata bahasa jawa yg alus. Tapi tiba2 pas hbs wudhu , eyang gw loncat kaget liat gw keluar dr kamar mandi sambil teriak
"LHOOOO IKIII SOPOOOO?" (Lho ini siapa?)
"EYANG INI LINA 3 MENIT YG LALU KITA HBS NGOBROL DI RUANG TAMU!!!!"

Gw cuma bisa jongkok sambil main gundu (kelereng red.)
Akan sulit menjalani hidup ini...
Om om yg terlupakan dan melupakan
Eyang yg terlupakan dan melupakan

Komentar

Postingan Populer