Kisah Popo, Papa dan Segala Transformasi yang Ada


Percaya gak ini pertama kali nulis notes lagi setelah kira-kira tiga bulan ga nulis apa-apa di notes.
Sebenernya ceritanya udah pengen tobat, soalnya udah angkatan tua, udah mau berubah jadi mbak-mbak kuliahan yang anggun bawa tas yang unyu-unyu yang diketekin,Gucci atau Louis Vitton KW 9 (NII kali),  pake parfum paris hilton walaupun belinya di tempat refill atau sekedar mencoba make kerudung ala-ala hijabers. Tapi semua GAGAL...
Gara-gara beberapa SMS, chat dan omongan orang-orang yang tidak bertanggung jawab mulai dari "Eh, kapan lu bikin lagi notes? Hidup gue udah hampa bgt nih" (kenapa gue menjadi kambing hitam atas kehampaan hidup dia)
sampe ada yang jelas-jelas meneror. MANA NOTES, MANA NOTES!! GUE BISA BUNUH DIRI! UTS BIKIN STRES!!
Ya kaliiii.... kalo kata anak jaman sekarang, terus gue harus ngesot sambil jilat tanah terus bilang WOW gitu??!
Setelah pikir-pikir ada baiknya gue menunda masa-masa gue menjadi wanita anggun dan dewasa, seperti Widyowati istri Sophan Sophian atau Nunun Nurbaeti yang kemaren sholat idul Adha bareng Angelina Sondakh di penjara (gue sebenernya ga tau kenapa gue kepikiran mereka, habis rambut pada sasak setinggi monas perlambang ibu-ibu stabil kekinian--> #disorientasi)

Oke, gue sekarang mau cerita perihal Bapak gue yang udah ga kayak bapak gue... Kadang kalo di rumah gue suka pengen bilang "Om maaf, om kok lama banget numpang di rumah saya?? Tapi setelah gue pikir-pikir doi mirip bgt secara fisik sama bapak gue, jadi gue berpikir mungkin inilah bukti bahwa gue emang punya suratan takdir mirip Nikita Willy, dia dulu pernah di sinetron Putri Yang Ditukar punya bapak yg diperanin Adrian Maulana dan ternyata itu Bapak yg palsu yang aslinya masih lupa ingetan gara-gara kecelakaan.
FIX GUE=NIKITA WILLY!

Eh baiklah kembali ke topik utama. Yaaah kalo kalian semua pernah baca sekuel sekuel notes gue, sedikit banyak pasti tau lah ya tabiat Bapak gue kayak gmn?
Mulai dari sama stresnya sama mak gue, preman terminal johar, sak karepe dewe (semaunya sendiri), tapi entah kenapa selalu punya massa di mana-mana...
Nah setelah naik haji tahun lalu, Bapak gue jadi berubah 180 derajat... Dulu solat aja nunggu waktu adzan (adzan berikutnya hahahaa cacat) yaah subuh jam setengah 7, dzuhur setengah 3, ashar setengah 6, magrib setengah 7, isya setengah 4... serba setengah lah setengah gila (astagfirullah babeh sendiri)
Tapi setelah pulang dari Mekkah, Bapak gue sekarang sering bgt jadi muadzin (T.T) Terharuuuu bgt pokoknya...
Inget bgt waktu awal jadi muadzin, jam 3 dini hari gue yang kalo balik tidurnya masih sering adu jotos sama adek-adek gue dikagetkan oleh bunyi pintu yang dibuka, gerbang yang dibuka dan langkah kaki mengendap-ngendap. Waktu itu gue cuma bisa bangunin adek-adek gueGue: "Rip bangun rip, lu denger suara suara ga?"Arip: "Aaaaah kecebong! apaan sih lu??" (bocah kampret sukanya ngasal bgt kalo ngatain orang)Gue: "uyaaa... plis yaa temenin gue yaa...ntar kalo rumah kita kemalingan gmn?"
Uya: "Lu liaaat aja, kalo malingnya orang lu telpon polisi, kalo tuyul lu telpon Pak Bandi (ustad ustad guru ngaji TPA di tempat gue)"
Setelah gue nengok dari jendela lantai dua, gue melihat sosok yg ga asing, ya itu babeh gue tapi anehnya doi pake peci putih, koko putih dan sajadah di selempangin. Arwah babeh gue ya? pikir gue dalam hati waktu itu...

Akhirnya dengan sedikit gaplokan ke adek-adek gue akhirnya mereka bangun juga dan ikut terbingung-bingung melihat seoonggok bapak gue yg berjalan di malam buta
Pikiran kita bertiga "Nyari wangsit udah pasti, fix!"
Kita akhirnya berlari ke kamar mak bapak gue... sampe disana mak gue lagi harap-harap cemas sendirian...Gue dan adek-adek gue udah nyaris nangis "ma, apakah papa telah pergi meninggalkan kita semua?"
mak gue menjawab kalem "Oalah gendeng! Dengerin dengerin...suuut jgn ada yg ngomong, bahkan jgn ada yg napasnya berisik"
Si uya yg lagi ngembang ngempisin idungnya gue gebuk pake kulkas

Tiba-tiba...

Allahu Akbar... Allaaaaahuuu Akbaaar
Allaaaahhu Akbaar Allaaahuu Akbaar

tes, nangis, gue+mak gue
ces, ngeces (akibat melongo), Arif+Uya

Langsung si uya yg gadget freak ngambil BB nya dan mulai menekan tombol record...
Satu album perdana adzan penuh keselek dan nada sumbang karya preman johar tobat

Momen subuh paling indah dalam hidup gue walaupun pas pulang gue mengharapkan bapak-bapak penuh wibawa yg memeluk keluargnya dengan kelembutan dan kasih sayang... tapi ternyata.."Hollaaa... kalian denger kan suara papa?? baguuus kan? Pada ga percaya sih dulu papa hampir jadi penyanyi latarnya Koes Plus"--> sambil nyelepetin sajadah ke arah muka gue (ada yg tau nyelepetin ga sih? kayak nyabet gitu lah... #maaf alay)

Yah habis itu gue sering terharu sendiri, bapak gue sekarang suka pamer hapalan surat pendek kalo pas gue pulang, trus ngamuk ngamuk kalo gue benerin
"yeeee bukan kufuan ahad, kufuran abad, Lina ini katanya TPA dari kecil tapi ga hapal-hapal!"
"Sekalian aja Kuburan Asat paaaa" ujar gue sambil menunjukan juz amma warna merah (kayaknya penerbit itu memonopoli penjualan juz amma di seluruh Indonesia ya? Oke lupakan)
#momen tes surat Al-Kafirun

Nah, semua perubahan drastis itu membuat kita sekeluarga bahagia bgt walaupun di satu sisi jadi cambukan tersendiri buat gue supaya ga ketinggalan hapalan sama Bapak gue dan menjadi boomerang si Arif sama Uya kalo males solat.
Kalo dulu mereka bisa bilang "Si Papski juga belom"
Kalo sekarang mereka cuma bisa diem kayak anak ayam diwarnain pake pilok (sekali lagi gue ga tau kenapa perumpamaannya ini)

Itu belum seberapa...
Perubahan yg paling drastis adalah sikap papa sama KUCING...
bapak gue itu kalo ada pergerakan Anti Kucing pasti ikutan gue yakin seratus juta persen, tapi selama ini yg ada kan komunitas pecinta kucing yaaa...
Gue inget bgt dulu waktu gue kecil gue pernah dikasih anak kucing, dulu si uya belum lahir
kucing itu dari temen bapak gue, gara-gara gue minta sambil nangis nangis. Selama di perjalanan di mobil, bapak gue sedikit bingung gimana caranya melenyapkan kucing itu melihat gue dan si arif yg masih belia begitu tulus mengelus-ngelus kucing itu. 
Namanya Kitty. Tiga warna, cokelat, hitam, putih
Seperti anak-anak pada umunya, diary gue selalu dipenuhi kisah persahabatan berlebihan bersama kucing itu

Juli 1996
Aku punya sahabat baru namanya Kitty, kita sering jalan bersama di taman. Dia bilang dia sayang sama aku, ga akan ninggalin aku. Kita kan sahabat sejati selamanya, dia bilang mau dateng waktu aku ulang tahun terus nanti aku dikasih kado baju cinderella lho

polos beda tipis sama bego ya?

Dan suatu ketika, gue yg pulang taman kanak-kanak berlari kencang ingin memeluk kucing gue itu, hampir mirip adegan di pelem-pelem hollywood macem My Little Dog, Free willy sampe pelem india yg gajah-gajah gitu, atau kalo pelem Indonesia jadul gt judulnya gue lupa intinya dia punya piaran anak kambing gitu. Yah ternyata adegan itu harus berakhir dengan jeritan amukan gue karena Kitty ilang... Mbak Nah, bibi yg di rumah gue, gue musuhin 3 hari 3 malem. Pokoknya gue sedih tiada tara, bahkan semacam  menjadi trauma, gue ga mau lagi miara kucing. Sampai suatu saat setahun kemudian gue ngeliat si Kitty di tumpukan sampah di kampung sebelah dan ternyata si Kitty ini dibawa bapak gue pake karung ke rumah tukang sampah di komplek gue.
Gue sampe nangis nangis rebutan kitty sama anak si tukang sampah ini, namanya udah ganti si Ojon
"Maaaak... maaaak ini ada yg mau nyulik si Ojon!!"
"Enak aja ini Kitty kucing aku, kamu yg pencuri"
Akhirnya keluar lah seorang ibu gembrot
"Eh neng Lina, ini dulu bgt dianter bapaknya neng Lina ke sini"
Blaaaaaaaaaaaaaaar bagaikan disambar petir...gue nangis di tempat...
si Kitty yang udah berubah tabiat jadi kucing liar justru berlari ke pelukan bocah cumi-cumi yg lagi makan dan mereka makan sepiring berdua.
Gue cuma bisa menggoes sepeda dgn air mata bercucuran rasanya waktu itu gue nyaris minggat gitu deh.. sok sok an, padahal cuma ketiduran di rumah temen gue yg tinggal di depan rumah sampe malem trs dianter pulang. koplak

Perilaku bapak gue kalo ada kucing yg masuk ke dalam rumah adalah Menghajar dengan sapu lidi, Ngolesin balsem di idungnya pas lagi tidur sampe nyundut pake rokok atau disemprot baygon layaknya kecoa
Udah fix bgt kan kebenciannya terhadap kucing?
Dulu si arif pernah punya kucing namanya Raja. Kucing liar sih tapi gede bgt. Yah nasibnya ga jauh jauh... tiba-tiba hilang
Di dunia perkucingan mungkin ada sekte yg isinya mengutuki bapak gue

Alasan bapak gue adalah bulunya itu kalo masuk tubuh bisa bikin mandul, tokso, dll... tapi pada dasarnya sekeluarga besar bapak gue adalah pembenci kucing mulai dari yg paling keras sampe yg biasa aja, kebalikan keluarga ibu gue, hampir semua adek kakaknya punya kucing di rumahnya.
Yah mungkin karena didikan seperti itu sampe sekarang gue jadi agak agak gimana gitu sama binatang piaraan. Kalo ada yg ngelus ngelus kucing bawaannya pengen nutup idung, kadang malah suka ngebayangin kalo disate enak apa ga? (sadis ahahaa)

Hingga suatu saat sebuah pesan dari BB si Arif masuk

Mbak cacat bgt nih, papah udah gila

gue bingung jawabnya akhirnya cuma bisa bilang
Bukannya dari dulu?
-Sent-

BBM masuk
Ih ini paraaaaaaaah bgt udahlah kayaknya suku maya bener 2012 kiamat, udah kebalik balik nih jaman.

apaan sih anak pikir gue dlm hati, sambil membayangkan, mungkinkah papa sekarang jalannya koprol kayak anak-anak gaul jaman skrg? atau jangan-jangan papa telah berubah menjadi pemain debus seperti mimpinya dulu. Gue akan berhenti kuliah dan bantuin bapak gue ngumpulin kembang sama mecahin gelas. Gue udah bertekad

Tiba-tiba masuk lagi BBM si Arif
udah lu cepetan pulang. gawat darurat

Langsung seketika itu juga gue balik, gue udah mencium buku-buku kuliah gue, impian memakai toga hanyalah impian, gue akan berkutat dengan menyan dan beling. Sampai rumah gue udah dag dig dug deeer.
"Assalamualaikum" 
"Walaikumsalam, Lina anakku sing ayu dewe, Lhoooo ya ampun elek bgt kamu udah fix anak tetangga kamu kalo elek gini... Kok tambah item kamu?" (sambil teriak-teriak, tetangga lewat depan rumah sampe nengok dan berpikir, wah ternyata Lina lah selama ini anak yg aku cari, lagi-lagi gue=nikita willy)
Masih waras, pikir gue. Ini masih bapak gue
tiba-tiba sebelum sempat cium pipi kiri, baru setengah doang baru pipi kanan doang, tiba-tiba bapak gue lari meninggalkan gue dengan mulut setengah monyong

"Popoooo dimana popooo? Popoooo, sinii mbak Lina pulang popo..."

mulai terdeteksi keganjilan, siapa sebenernya popo ini? apakah dia tuyul baru piaraan papa? atau dia pegawai yg nantinya nyari menyam sama beling supaya gue tetep bisa kuliah?

Bapak gue dalam kecepatan cahaya naik tangga sambil menggerutu, "Popo pasti di atas"
arif tiba-tiba keluar sambil nyikut perut gue, "Liat bentar lagi lu bisa mampus gara-gara kaget"

Tiba-tiba bapak gue menuruni tangga sambil menggendong seekor KUCING, SEKALI LAGI KUCING!!!! DIGENDONG!!!
gue pingsan sejenak tentunya dengan gaya cantik ala syahrini
Gue kagetnya bgt bgt melebihi kekagetan kalo yg digendong tuyul atau perkakas baru buat main debus
Mati suri pertama kali

sambil menggendong dengan penuh kasih sayang bapak gue menuang (sekali lagi menuang dengan tangannya sendiri) makanan ke piring yg ditulisin POPO
Gue mati suri kedua kali

Setelah sedikit tenang, gue mencoba mencari duduk perkara. Mak gue, Arif sama Uya ngelingker, menyeritakan kronologis kejadiannya.
ternyata suatu hari, si Arif ini main ke rumah temennya. dia punya banyak kucing, nah ada satu kucing yang lagi mau dibuang karena ternyata dia Bisu dan Tuli. karena Arif ga tegaan akhirnya mencoba mengambil kucing itu dan menyembunyikan dalam tas. rencananya mau ditaro di kandang ayam sama dia. Soalnya Kandang Ayam adalah daerah teritorial si Arif. tapi ternyata Papa keburu liat duluan kucing itu. Berdasarkan pengalaman kucing ini harusnya mendapat siksa selayaknya TKW.

"Arif itu kucing apa-apaan kamu taro di tas?"
"Iya pah,ini mau dibuang"
"Malah dibuang... sini liat..."

Dan entah ini apa, keajaiban, karma atau yang lain tapi pasti ada kekuatan Maha Dahsyat yg membuat ini semua terjadi...
Tiba-tiba papa seperti tersihir dan langsung jatuh hati pada si kucing yang ga bisa meng-ngeong ini...

Popo sendiri adalah nama yg diberikan Uya melihat adanya ikatan spesial dengan Papa
Popo dan Papa kalo diangkat jadi film layar lebar pasti fenomenal bgt... Hachiko pasti kalah lah...

Si Popo, Kucing Bisu Tuli yg Ajaib
Sambil mengeringkan bulu Popo yg habis dimandiin pake hairdryer-nya mama, (gue udah bangun dari mati suri yg ketiga) bapak gue cerita
"Popo ini udah gemukan lin, kemarin sempet kurus bgt gara-gara si Kepet (si Arif) salah beli makan papa marahin aja, Popo ga suka, tapi ini udah  mau makan lagi alhamdulillah"

Arif menambahkan "bukan cuma dimarahin, gue disuruh nyari makanan kucing tengah malem"

Mati suri keberapa eh ada yg bisa bantu itungin ga?

Mungkin ketika gue liat bapak gue nanti lari-larian di pekarangan rumah sambil memutar-mutar tangan popo, terus ada angin yang membawa daun-daun yg gugur ditambah lagu Mother How Are You Today baru gue akan menyiapkan liang kubur untung gue sendiri. Ternyata memang benar Allah itu Maha Membolak-balikan hati ya? Makanya yg sekarang lagi cinta-cintaan dimabuk kepayang langsung lah sujud-sujud sambil jumpalitan juga boleh, berdoa sama Allah soalnya bisa jadi yg dicintai itu buruk untukmu. Atau yg lagi benci sama orang, dosen, atau apapun itu juga monggo sujud sambil kayang atau joget itik juga gpp, soalnya bisa jadi yg dibenci itu baik untukmu.

Menutup kisah Popo, Papa dan segala transformasi yang ada gue cuma prihatin liat Mak gue yang cuma bisa tersudut jongkok di pojokan kamar sambil menunjuk seorang laki-laki yang mengelus-ngelus kucing bisu tuli di kursi goyang sambil bilang "KEMBALIKAN SUAMIKU"

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer