Do What You Love or Love What You Do

Gue lagi liburan semester genap, dari awal bulan Juni sampai akhir bulan Agustus. Gue juga heran kenapa lama banget. Gue ngeri aja pas masuk lagi semua dosen udah lupa sama mahasiswanya. Dan mahasiswanya lupa jati dirinya.
Dosen: “Siapa kamu? Apa yang kamu lakukan di sini?”
Mahasiswa: “Saya juga tidak tau pak… Siapa saya? Mengapa saya di sini? Tempat apa ini?? Tiiiidaaaaaaaaakkkk!!!”
Yah gue sih yakin gak sampai kayak gitu, kekhawatiran gue sebatas pada lupa cara membaca dan menulis. Sekarang aja gue coba megang pulpen udah kayak penderita Parkinson gitu… gemeteran. Tulisan tangan gue juga jadi jelek. Kayaknya udah saatnya deh gue balik ke dunia seni peran dan membangun kembali bahtera rumah tangga bersama Johnny Depp #skip
Liburan itu hampir selalu gue habiskan untuk nonton film, baca buku (yang tentunya gak ada kaitannya dengan buku-buku perkuliahan gue), dan juga bikin janji sama temen-temen lama, entah temen SD, SMP, SMA, yah pokoknya temen-temen yang sudah tak terjamah lagi karena jarak dan waktu yang memisahkan.
Mungkin bagi sebagian orang, kegiatan begini gak produktif dan jauh dari kata menghasilkan uang. Kalo kata salah satu temen gue “Ih gue sih ya mendingan ikutan magang lah, duit dapet pengalaman dapet, atau apa kek gitu ikutan kursus atau les”, bener juga siih tapi buat gue selalu ada hikmah dari setiap liburan yang bisa jadi tulisan baru. Salah satunya saat gue ketemuan sama temen SMA gue. Namanya Muhana dipanggilnya Emyu.
Kita janjian buat ngobrol di taman paskasarjana-nya IPB. Suasanya disana cukup romantis (sayang gue kesana selalu dengan sesama jenis, heran). Di sana banyak pohon kapuk yang tinggi-tinggi dan ngejatohin helaian kapuk-kapuk, berasa lagi turun salju gitu. Gue aja suka lari-lari manja gitu di lapangannya sambil nerbang-nerbangin itu kapuk. Trus gue muter-muter cantik gitu ketiup angin kayak di film-film Bollywood. Tapi gak tau apa yang salah, kegiatan itu selalu berakhir dengan muntah jamaah.
Anyway back to Emyu. Doski ini salah satu temen yang gue anggap unik dan sangat antusias. Sekarang dia kerja di sebuah perusahaan cat tembok multinasional di daerah Cikarang. Dan lo tau??? DIA SANGAT PASSIONATE DENGAN CAT TEMBOK!
Gue juga heran ada juga orang yang punya passion ke cat tembok, orang mah biasanya passion ke musik, passion ke uang, atau passion ke sejarah. Tapi dia ke cat tembok… Pas ketemu aja dengan sangat bersemangat dia langsung cerita tentang dunia cat tembok.
Emyu: “Lo tau gak Jaw (Jawa panggilan gue zaman SMA)? Ternyata ada 2016 warna lho buat cat tembok lo… dan mereka semua punya nama!!!”
Gue: “Sumpah lo? Namanya mungkin Red Velvet I, Red Velvet II, Red Velvet XXXX
Emyu: “Kagaaakk… namanya beda-beda… katalognya tebel banget. Ntar kapan-kapan gue kasih liat” Gue cuma bisa menelan ludah.
GUE CUMA BUTUH KATALOG OR*FLAME!!!
Di sela-sela obrolan selalu ada sekilas info tentang CAT TEMBOK!
Kasus 1
Gue: “Eh lo pernah makan di sini gak?”
Emyu: “Pernah sih tapi kata gue kurang enak iya ga sih? EH BTW LO TAU GAK SIH KALO UMUR SEMEN ITU PUNYA PENGARUH SAMA WARNA CAT TEMBOK??? UMUR SEMEN ITU BAGUSNYA 28 HARI LHO JAW SEBELUM LAYAK DIKASIH CAT
Gue udah siap-siap beli obat pereda kejang-kejang.
Kasus 2
Gue: “Eh myu, ajarin gue bikin jurnal bahasa Inggris dong. Gue merasa lemah banget”
Emyu: “Oke siap nanti gue kirimin buku-buku gue latihan di rumah, EH BTW JAW LO TAU GAAAK SIH? ADA WARNA-WARNA YANG BIKIN RUANGAN LO LEBIH LUAS KARENA INTENSITAS CAHAYA YANG MENEMBUS CAT DIPANTULKAN…..
Suara Emyu tak terdengar lagi karena gue udah terkapar, menggelepar di tanah. Dikerubungin cacing taman.
Selain topik yang sungguh unik, si Emyu ini kalo ngomong semangat banget. Bahkan senam Jantung Sehat yang selalu gue ikuti tiap minggu pun tak mampu membuat jantung gue tegar… Serius kaget banget tiap dia loncat bahas cat tembok, sampe kadang-kadang doi kena pukul gue saking kagetnya.
Setelah tuntas doski bercerita tentang hidupnya dan cat tembok sebagai sahabat barunya. Giliran gue yang mengeluhkan nasib gue akhir-akhir ini. Gue cerita tentang perasaan minder gue dalam menjalani dunia saintis, dunia ilmiah, dunia akademisi, yah pokoknya dunia yang nyerempet-nyerempet sama dunianya ilmuwan lah.
Gue: “Myu, lo tau gak??? Gue seneng banget liat lo bisa menjalani kehidupan yang lo cintai. Gue harus berusaha keras mencintai apa yang gue lakukan sekarang. Mencoba buat mencintai pelajaran-pelajaran kuliah gue dengan segala cara. Bahkan gue sampai harus memvisualisasikan semua hal abstrak macem rumus atau teori-teori, dan itu jijik banget”
Asal tau aja, kalo lo liat buku catetan kuliah gue, lo bakal nemuin buku itu gak ada bedanya sama diary anak cacat. Kadang kalo gue udah gak ngerti banget apa yang dijelasin dosennya, gue suka kasih gambar cewek yang lagi berdoa habis solat sambil dikasih kotak dialog buat teriak “TOLONG HAMBA YA ALLAH, HAMBA BUTA ARAH”.
Misalnya si dosen jelasin tentang Teori Hukum Monod, gue yang gak ngerti dan mencoba menguliknya di kosan berakhir gagal fokus dan justru baca-baca biografi si Monod di internet. Walhasil catetan kuliah gue tentang Teori Hukum Monod berisi “Monod ilmuwan biologi tahun 40-an, pernah jadi Kepala Staf Angkatan Dalam Negeri Perancis waktu Perang Dunia II, anaknya namanya bla bla bla… dan OMG doi punya seorang sahabat yang lo tau apa? Setia abis… masak ya waktu…. Pas dia dapet nobel tahun…”
Kadang kalo udah akut kejiwaan gue, gue suka print gambar foto mereka-mereka (para ilmuwan) yang entah kenapa bikin hidup gue semakin runyam. Beberapa gue kasih bintang-bintang dengan notes di bawahnya “LEH UGA <3 span="">
Kadang buat memacu diri sendiri, di catetan kuliah itu gue tulis curhatan gue, atau bahkan dialog dengan diri gue sendiri. Bener-bener di halaman yang sama dengan catetan yang habis gue liat dari slide ppt dosen gue. Contohnya:
“Reaktor ini memiliki kelebihan berupa waktu yang lebih singkat dan biaya operasi yang lebih murah”
Kemudian dengan tak senonoh di samping kata-kata itu terpampang gambar sebuah kotak bertuliskan
“Lin, lo liat itu orang-orang udah pada nemu hal-hal baru? Lo kapan? APAA?? LO PUTUS ASA? NAJIS LIN! LO LEBIH NAJIS DARI NAJIS MUGHOLADZOH! ITU TINGKATAN NAJIS TERTINGGI! Enggaaak Lin… gue yakin seyakin-yakinnya lo bisa… Bismillah… INGET ALLAH MAHA SEGALANYA!!! LIN JIJIK LIN JANGAN NANGIS”
Kemudian ada gambar cewek lagi nangis yang digampar cewek lainnya. Dan itu dua-duanya gue… #TolongKiriminGueNomorPsikiater
Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Seorang temen gue bernama Tiwi minjem catetan gue sebelum ujian. Dan entah kenapa, kecepatan tersebarnya fotokopian anak kuliah nyaris menyamai kecepatan cahaya, sekitar 3,00 x 108 m/s. (Bodo amat Lin) Besoknya yang gue denger hanya cekikian-cekikian temen sekelas gue. Feeling gue udah gak enak… Tiba-tiba Ka Didi salah satu temen sekelas gue juga ngomong “Anjiir semalem gagal fokus gue, gak belajaar gue sama sekali, jadi baca catetan kuliah si Lina, gila ngakak banget gue. TOLONG HAMBA YA ALLAH??? Bahahahhaa”
RUSAK IMEJ YANG GUE BANGUN SELAMA 6 BULAN INI SEBAGAI WANITA DEWASA, ANGGUN, DAN STABIL!
Rasa-rasanya pengen gue bakar catetan kuliah gue, tapi aib sudah menyebar. Ya sudahlah apa daya nanti aja pas S3 gue bikin imej wanita dewasa, anggun dan stabil-nya (target dari TK yang selalu gagal).
Pas cerita itu si Emyu gue lihat malah udah ketawa-ketawa sampai ususnya terburai. Yah akhirnya gue bantu ngumpulin ususnya dan masukin ke dalem perutnya. Habis gue jahit perutnya, barulah dia bisa ngasih sambutan pendapat.
Emyu: “Emang lo anak rusak…. Jiwaa lo udah rusak! Tapi lo harus tetep pertahanin karakter lo Jaw… Tiap manusia itu unik”
Gue: “GUEEE GAK AKAN BISA BERTAHAAAN DALAM DUNIA INI DENGAN KELAKUAN GUE SAAT INI MYUU”
Terbayang pas gue jadi dosen kemudian mahasiswa gue ngelemparin gue pake pulpen… atau waktu gue seminar nasional semua hadirin ngakak dan judul acara diganti SRIMULAT IS BACK! Die
Emyu: “Gak… Gue yakin banget suatu hari lo bisa sukses di dunia saintis apalah itu tapi lo juga gak kehilangan karakter lo ini. Lo tinggal belajar menempatkan aja, sesuai sikon.”
Gue: “Tapi gue suka jiper kalo udah liat orang-orang yang serius banget dan emang pinter maksimal ajigile”
Emyu: “Lo gak perlu jiper… lo buktiin aja sama mereka bahwa lo struggle. Buktiin ke mereka kalo lo gak bisa diremehin, ya dengan cara-cara lo macem tadi. Oh iya btw, lo harus coba buat lebih mencintai apapun yang lo lakuin sekarang. Gue liat emang lo tertekan banget gitu sih… Coba lo ajak ngobrol lah itu semua makhluk halus ciptaan lo sambil ngomong ‘Say please be cooperative yaaa, otakku, wahai benda-benda lab, laptop sayang, semuanya yuk gue mohon selalu support gue ya’, gitu aja”
Gue: “Gue pengen nyari orang normal ah disekitaran sini, bye
Ngobrol sama Emyu hari itu memberikan gue banyak pelajaran. Salah satunya terasa benar quoteDo what you love or love what you do’. Lakukan apa yang kamu cintai atau cintai apa yang kamu lakukan. Dalam hidup mungkin tidak semua orang diberikan kesempatan melakukan apa yang mereka sukai, atau mungkin tidak dalam porsi besar dalam hidupnya. Ada banyak faktor seseorang tidak bisa melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan atau kecenderungannya. Entah karena keterbatasannya atau memang karena pilihannya.
Namun, mereka masih dapat memilih untuk mencintai apa yang mereka lakukan dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Semua butuh proses… yang perlu gue lakukan adalah berusaha dengan sungguh-sungguh, yang terbaik yang bisa gue berikan. Toh, cinta itu dapat tumbuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Mirip cerita engkong gue yang dijodohin sama nenek gue. Awalnya mungkin tidak terbiasa, namun saat engkong gue meninggal dunia, nenek gue selama 40 tahun setia dalam kesendiriannya sampai akhir hayatnya. Apalagi namanya kalau bukan cinta? Terus gueee kapan dapeet yang macem begiiitu????
#AkuInginSembuh(LagiDanLagi)

Komentar

  1. Haloo pak^^

    Kami dari SENTANAPOKER ingin menawarkan pak^^

    Untuk saat ini kami menerima Deposit Melalui Pulsa ya pak.

    *untuk minimal deposit 10ribu
    *untuk minimal Withdraw 25ribu

    *untuk deposit pulsa kami menerima provider
    -XL
    -Telkomsel


    untuk bonus yang kami miliki kami memiliki
    *bonus cashback 0,5%
    *bunus refferal 20%
    *bonus gebiar bulanan (N-max,samsung Note 10+,Iphone xr 64G,camera go pro 7hero,Apple airpods 2 ,dan freechips)

    Daftar Langsung Di:

    SENTANAPOKER

    Kontak Kami;

    WA : +855 9647 76509
    Line : SentanaPoker
    Wechat : SentanaPokerLivechat Sentanapoker

    Proses deposit dan withdraw tercepat bisa anda rasakan jika bermain di Sentanapoker. So… ? tunggu apa lagi ? Mari bergabung dengan kami. Pelayanan CS yang ramah dan Proffesional dan pastinya sangat aman juga bisa anda dapatkan di Sentanapoker.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer