Pokemon Go, Awkarin dan Reshuffle Kabinet

Buat lo yang baca judul notes kali ini kemudian mengerenyitkan kening sambil mikir, “apa kaitannya?” tenang lo gak sendiri. Gue juga yang ngasih judul bingung. Sama membingungkannya dengan kehidupan dunia akhir-akhir ini. Dulu jaman SD masalah teberat dalam hidup gue cuma seputar PR Matematika dan Ujian Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan red.), maklum gue suka bengek kalo disuruh lari-lari keliling lapangan gitu. Tapi sekarang, nonton berita atau buka sosmed aja udah bikin gue bengek. Ditambah lo punya nyokap bokap yang lagi belajar mengenal dumay alias dunia maya. Kelar idup lo.
Fenomena pertama tentang Pokemon Go. Gue gak habis pikir kenapa ya dunia ini sekarang? Masa iya ada orang sampai nyemplung danau karena keasyikan nyari pokemon, nyewa ojek aplikasi sampai ratusan ribu buat nyari Pokemon bahkan gue denger ada yang masuk markas TNI buat nyari Pokemon! Baru-baru ini juga ada yang nikah pakai ornamen-ornamen ala-ala Pokemon, seperti cincin di dalam Pocket Ball. Hellooww!! Gue agak horor aja kalo besok suami gue ternyata maniak Pokemon dan namain anak gue Pikachu Putra Pratama atau Bulbasaur Putri Pratami. BUNUH HAYATI BANG BUNUUUH!
Belum lagi ditambah simpang siur arti kata Pokemon. Suatu hari disaat gue dan Uya (adek gue yang paling kecil) lagi nonton tv, tiba-tiba emak gue datang menghampiri dengan muka sedikit panik.
Emak gue: “Lin, lin... katanya Pokemon Go artinya Aku Yahudi lhoo... terus Pikachu artinya Tuhan itu lemah. Ini Mama dikirimin temen mama di WA”
Uya: “Bukan Ma itu hoax”
Emak gue: “Masa sih? Kalo beneran gimana coba? Mama cuma khawatir kalau ternyata Zuma yang udah keluarga kita mainin dari zaman kuda makan batu ini artinya Aku Anak Tuyul”
Kemudian gue dan Uya serentak berakhir mencukur bulu kaki masing-masing.
Anyway gue cukup bersyukur sih karena punya keluarga yang cukup freak. Jadi, boleh dibilang kami selalu antimainstream, mencoba tak terbawa arus lebih tepatnya. Misalnya sewaktu kita kecil, gue dan adek-adek gue terbiasa dicekokin VCD bajakan buat nonton film-film robot macem Power Ranger, Zyu-Ranger, Car Ranger hingga Ultramen. Dari semua kisah-kisah heroik itu entah kenapa kita selalu dukung penjahatnya. SEKALI LAGI GUE TEGESIN…KITA DUKUNG PENJAHATNYA.
Apalagi Ultramen.
OMG HELLOOOW SIAPA DI DUNIA INI YANG PENGEN PUNYA PAHLAWAN MACEM IBU-IBU KOMPLEK SENAM SORE PAKE BAJU KETAT PADAHAL BADAN UDAH MELEBAR KEMANA-MANA!!!
“Janttuuuung Sehaaat” teriakan ibu-ibu yang mematikan jantung gue dan adek-adek gue.
Balik lagi ke tontonan semasa kecil. Salah satunya ya Pokemon itu… asal tau aja dulu gue sama adek-adek gue fans berat Tim Rocket. Itu loh musuhnya Ash, Pikachu dan kawan-kawannya. Sebuah tim super solid yang berisi 2 orang dan 1 bukan orang. Seorang perempuan rambut pink (Jessie), laki-laki berambut biru (James) dan seekor kucing sebagai pokemonnya (Meowth). Kebetulan gue memerankan Jessie, Arif sebagai James dan yaah lo tau sendiri nasib anak bungsu, si Uya harus ikhlas menerima perannya sebagai Meowth.
Mungkin kebencian kita kepada para pahlawan-pahlawan itu adalah karena sifat sok pahlawannya yang mencoba memarginalkan kaum-kaum yang berbeda pendapat dengan mereka. Jumawa istilahnya. Menindas yang lemah apalagi dengan tindakan fisik dan kekerasan. Gak banget! Mungkin cuma ada satu lakon yang kita respect sampai sekarang yaitu Hatchi. Seekor lebah kecil yang mencari mamanya. Ketulusan dan kemurnian hati Hatchi lah yang menguatkannya. Meskipun ia dari kaum lemah namun ia tak pantang menyerah #MaafkanTeoriSampahIni
Btw, sekeluarga gue sampai sekarang hapal betul lirik OST Hatchi. Seringkali saat memasak, emak gue sambil berdendang
“Hatchi anak yang sebatang kara…. Pergi mencari ibunya… dimalam yang sangat dingin. Teringat mamaaaa” #salahasuhan
Nah, karena sifat antimainstream itulah gue dan adek-adek gue malah rada males buat ngikutin sesuatu yang booming banget. Kita bertiga gak ada yang download aplikasi Pokemon Go atau Camera 360. Thanks God…
Kemudian selain Pokemon Go muncul pula fenomena Awkarin. Seorang remaji (remaja putri) yang terkenal karena akunnya di sosial media yang sering pamer kehidupan remaja yang katanya kekinian. Mulai dari ngerokok, baju seksi, tato, sampai kissing sama pacar. Usianya 18 apa 19 gitu gue lupa. Sebelumnya saat SMP Awkarin ini termasuk siswi teladan dengan peringkat nilai UAN tertinggi gitulah, Matematikanya dapet 10, berkerudung dan terlihat sangat kalem. Yaah mungkin itulah kira-kira yang diributkan banyak orang.
Well, bukan bermaksud membela Awkarin ini. Tapi slogan dia yang terkenal “Nakal boleh, bego jangan” itu sebenernya diterapkan juga di keluarga gue. Emak gue sering banget bilang, “Kalo mau banyak tingkah harus pinter. Malu kalo banyak gaya tapi bego”
Gusti Pangeran. (Eh btw gusti pangeran itu gimana sih sejarahnya? Kenapa nenek-nenek Jawa kalo ngomel/ngeluh suka nyebut Allah/Tuhan dengan Gusti Pangeran ya? #random)
Nah, gue lagi mikir nih… kenapa oh kenapa gue dan adek-adek gue gak jadi semodel si Awkarin ini? Jangankan pake baju seksi yang harganya sepertinya selangit itu, ada juga gue pake daster ke kampus, si Arif malah ke kondangan pake boxer sama sandal hotel. Cacat.
Sebenernya kalo dipikir-pikir temen-temen gue dan temen-temen adek gue banyak kok yang modelnya macem Awkarin itu. But why? Outputnya beda? Setelah gue renungi mungkin karena faktor keluarga juga yang selalu mendampingi dan memberikan batasan-batasannya. Dimana kita diberikan pemahaman kalau melakukan apapun akan ada konsekuensi apa yang harus kita tanggung. Jadi nakal yang dilakukan gue sama adek gue paling yaah sejenis apa ya… mungkin sejenis ngerjain temen atau ngerjain guru #eh
Lagipula emak gue ini rada-rada licik sih. Dulu gue pengen ikutan temen gue ke diskotik gitu (hanjaaay anak warteg sok-sokan ke diskotik). Setiap gue mencoba nakal ala Awkarin gitu emak gue bilang. “Emang kamu udah sepinter apa sih sampai mau nakal macem begitu?” “Aku kan kemarin UAN, Matematika dapet 10, diterima di SMA unggulan!”, sahut gue.
“Yaelaah itu mah semua orang juga bisa! Tuh liat orang udah pada bikin hotel di bulan, baca majalah itu! anak seumuran kamu, juara kelas, anak olimpiade, bantu bapak-ibunya cari uang, sekarang udah bisa bikin sekolah buat anak-anak jalanan, ngapain cuma diterima di SMA unggulan aja dibanggain” kata Emak gue.
Kemudian gue sadar kalau nakal adalah melakukan hal yang negatif yang merugikan diri sendiri apalagi sampai merugikan orang lain maka selamanya kita adalah manusia yang bego. Karena kita manusia bego sehingga kita tidak akan pernah bisa berbuat nakal. Gugur sudah slogan Awkarin yang agung “Nakal boleh, bego jangan”
Ah lieur pan urang jadina….
Tapi sob serius deh, gue ngerti lah dikit-dikit tabiat si Awkarin itu. I almost want to be like her in the past. Pergaulan, eksistensi diri, semua itu yang menurut gue menghantarkan Awkarin sampai di titik ini. Makanya penting banget ada peran keluarga buat ABG macem Awkarin gitu.
Mengedepankan diskusi.
Mungkin itu yang selalu emak dan bapak gue coba lakukan. Topik seekstrim apapun selalu bisa didiskusikan di keluarga gue.
Gue: “Ma, temen aku ada yang jadi perek masa. Tapi sekarang jadi kaya banget. Barang-barangnya bagus bagus”
Emak gue: “Perek apaan?”
Gue: “Itu katanya boleh dipegang-pegang gitu, harganya beda-beda atas bawah, terus kalo masih sekolah sama kuliah sama om-om yang udah kerja beda juga harganya”
Emak gue: “Hmm… kata kamu gimana tuh kalo kayak gitu”
Gue: “Gak tau, katanya dia butuh uang. Ibunya janda gitu, sakit-sakitan”
Emak gue bilang, kehormatan adalah segalanya bagi seorang perempuan. Hanya akan ada penyesalan saat seorang perempuan melepaskan kehormatannya dengan cara yang tidak tepat. Waktu itu emak gue malah ngasih duit buat gue kasih ke temen gue itu dan mencoba mengajaknya untuk berhenti dari aktivitasnya. Dan temen gue itu nangis… tapi akhirnya gue gak deket lagi sih. Kenapa ya? mungkin dia juga jijik liat kelakuan gue yang suka makanin cacing kebon…
Dan gue baru sadar, butuh mental luar biasa untuk menjadi orangtua gue. Barangkali kalo orangtua lain ditanya begitu yang keluar bakalan “Kamu jangan deketin dia lagi! Pokoknya Mama gak suka kamu bergaul sama dia! KAMU PILIH DIA ATAU MAMA!”
Kemudian si anak milih temannya, diusir dari rumah dan menjadi ayam kampus bersama temannya tadi. Kemudian soundtrack Hatchi kembali dikumandangkan.
“Mama… mama… dimanakah kau berada? Mama… mamaa kuingin segera bertemu” #skip
Diskusi- diskusi di dalam keluarga gue juga bukan sekedar masalah pertemanan, hubungan sosial di sekolah, di kampus, di komplek. Tapi juga menyangkut politik tanah air. Walaupun hanya diskusi ringan penuh canda gak mutu tapi hal itu ternyata ngaruh juga buat gue. Setidaknya gue tidak tumbuh menjadi seseorang yang apolitis. Termasuk pengambilan keputusan yang menurut gue penting.
Emak gue: “Jadi begini, mama dapet promosi naik jabatan. Tapi diminta untuk ngasih petinggi-petinggi gitulah. Menurut kalian gimana?”
Gue: “Berapa emang?”
Emak gue: “Yah bisa sampai ratusan juta”
Uya: “Iyuuh, mending sini buat aku beli knalpot model baru, kenceng suaranya mak”
Arif: “Mending buat beli kandang ayam lah buk”
Bapak gue: “Mending buat nanggap dangdut lah, nanti papa bisa sawer”
Kemudian kita meninggalkan emak gue dalam kebimbangan karena diletakkan di keluarga macem begini. Eh wait! DOSKI GAK BOLEH BINGUNG KARENA DOSKI PENYEBAB KEANEHAN UTAMA KELUARGA INI! Setelah itu, yang gue inget emak gue dipindah tugas, dibuang dengan sebutan halus bernama “Mutasi”. Waktu itu kepercayaan dirinya hancur, ia berkali-kali nanya,
Emak gue: “Kalian malu gak sih punya ibu kayak mama yang cuma kerja di bagian ini?”
Gue: “Eh apaan tuh Uy, liat uy ada orang gila gak pake baju”
Uya: “Anjay itu tampangnya mirip si Arif”
Arif: “Lin laki lu ya? Cocok gue liat-liat... Bahahahaha bagoy otongnya!”
Kemudian emak gue nyalain setrikaan, buat nyetrika otak kita bertiga. Gak lah ngaco! Kemudian emak gue sadar bahwa pertanyaan konyol macem begitu emang bukan buat dijawab. Nah itu maksud gue! Well, gak lama setelah itu, kepemimpinan berganti, situasi politik berganti. Emak gue pun kembali menemukan nama baiknya.
Cerita-cerita intrik politik itu seru kalau diceritakan di keluarga. Yang kayaknya berat menjadi seringan obrolan di sela-sela nonton Spongebob The Movie. Kadang cerita dari kantor emak gue, kadang cerita dari kantor bapak gue, kadang dari kampus gue, pernah juga dari kampus-kampus adek gue. Bapak gue juga pernah cerita kalo ada pimpinannya yang masuk penjara, kronologis ceritanya, menurut bapak gue gimana, dan menurut sumber berita yang gue baca gimana. Kadang kita sepakat, tapi sering juga berbeda pendapat. Tapi biasa aja… setiap individu berhak memutuskan apapun dalam hidupnya.
Seperti reshuffle kabinet kali ini. Bukan cuma para menteri yang deg-degan menunggu keputusan presiden. GUE DAN KELUARGA GUE JUGA!!! Dan saat pengumuman datang…
Emak gue: “Lin tuh lin bener kan kata Mama, menteri mama gak jadi diganti”
Bapak gue: “Ah papa kalah taruhan”
Gue: “Itu menteri papa diganti ya?”
Bapak gue: “Iya, yang kemarin itu Lin, yang papa tunjuk-tunjuk ngasih tau kamu orangnya”
Uya: “Nih ah gue kalah taruhan”
Arif: “Bayarin gue dulu lah uy, gue juga kalah”
Emak gue: “Siniin uang kalian, 20 ribu tiap orang sesuai kesepakatan! Asiik Mama kaya raya”
Gue: “Iiih amit ih makan duit haram”
Emak gue: “Lhoo padahal ini mau buat traktir kalian lho seafood”
Kemudian Arif, Uya dan Bapak gue udah kebeli idealismenya seharga seafood. Terpaksa gue juga. #cirikhasnegarawan
Intinya Pokemon Go, Awkarin dan Resuffle Kabinet adalah sesuatu yang bisa jadi bermuara pada keluarga aku, kamu, kita. “Harta yang paling berharga adalah keluarga…. Istana yang paling indah adalaaaah keluargaaaa. Selamat Pagi Emak, Selamat Pagi Abah… Mentari hari iniii berserii indaaah…..” (OST. Keluarga Cemara)
Maap ini notes gak ada pesan moralnya.
PS (Pesan Sponsor): Buat kalian pembaca setia/tidak setia notes gue…. Jangan lupa yaa beli buku perdana gue “Chicken Soup Tumpah”! Banyak cerita-cerita baru yang belum pernah gue post sebelumnya lho… Tunggu ya di toko-toko buku terdekat. Kalian juga bisa ikutan pemungutan suara buat sampulnya lhoo… Tinggal komen di postingan gue sebelumnya tentang pemungutan suara sampul buku. Tiga pemenang beruntung bisa mendapatkan buku tersebut GRATIS! #MentalGratisanBiasanyaMahasiswa

Komentar

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    BalasHapus
  2. Kak posting artikel lagi pleazee

    BalasHapus
  3. Haloo pak^^

    Kami dari SENTANAPOKER ingin menawarkan pak^^

    Untuk saat ini kami menerima Deposit Melalui Pulsa ya pak.

    *untuk minimal deposit 10ribu
    *untuk minimal Withdraw 25ribu

    *untuk deposit pulsa kami menerima provider
    -XL
    -Telkomsel


    untuk bonus yang kami miliki kami memiliki
    *bonus cashback 0,5%
    *bunus refferal 20%
    *bonus gebiar bulanan (N-max,samsung Note 10+,Iphone xr 64G,camera go pro 7hero,Apple airpods 2 ,dan freechips)

    Daftar Langsung Di:

    SENTANAPOKER

    Kontak Kami;

    WA : +855 9647 76509
    Line : SentanaPoker
    Wechat : SentanaPokerLivechat Sentanapoker

    Proses deposit dan withdraw tercepat bisa anda rasakan jika bermain di Sentanapoker. So… ? tunggu apa lagi ? Mari bergabung dengan kami. Pelayanan CS yang ramah dan Proffesional dan pastinya sangat aman juga bisa anda dapatkan di Sentanapoker.

    BalasHapus
  4. mampir kesini lagi setelah sekian lama, hidup Pokemon GO!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer