Hilangnya Jati Diri seorang Penulis Konyol

Beberapa hari ini gw seperti kehilangan jati diri gw saat menulis, banyak orang bilang gw terlahir dengan bakat menulis. Dai kecil gw emang sukaa bgt nulis. Masih terekam jelas di memori gw wktu gw masih sd, dulu tiap beberapa minggu gw buat cerpen di kertas folio terus dibaca anak2 sekelas. Mereka duduk berdesak-desakan membaca karangan gw, dioper sampe semuanya baca. Ada kepuasan tiada tara waktu tmn2 gw baca cerpen gw, kadang mereka ketawa, senyam senyum, marah sampe pernah sekelas anak2 cewek pada nangis, gara2 cerpen gw menceritakan seorang anak perempuan yg mati karena leukimia dan kucing kesayangannya juga mati ga lama setelah pemiliknya mati. Hbs itu guru wali terheran-heran dan bertanya di depan kelas siapa yg harus bertanggung jawab atas hal ini. Hahahahaha....konyol.
Dan waktu itu tugas dari Bu Sarmini buat bikin sinopsis buku bacaan pun menjadi titik awal gw ikut lomba sinopsis, jadi waktu PR itu dikumpulin, tiap anak disuruh maju buat nyeritain apa isi buku yg udah dibaca, wktu itu gw cerita ttg Sultan Domas. Anak2 dari kelas bawah (gw wktu itu di rantai makanan tertinggi alias kelas 6) semua pada nontonin gw di luar kelas, melongo-longo dr jendela.
Dan semua bersorak sorai wktu gw selesai membacakan cerita. Itulah awal dari dikirimnya gw ke lomba sinopsis tingkat kecamatan, setelah berhasil menyabet gelar juara 1, gw naik ke tingkat kabupaten dan disana gw berhasil jadi juara 2....
Lanjut di SMP rasanya bakat menulis gw lebih terasah dgn menulis cerpen2 yg lebih panjang... 
Kemudian gw aktif sekali menulis sinopsis semua buku dan film yang udah gw baca dan tonton di situs pertemanan friendster.
Kemudian di SMA, disinilah awal gw sadar bahwa tulisan gw dicintai banyak orang. 
dari notes2 gw yg dinanti banyak org
tpi akhir2 ini di bangku kuliah ini, gw merasa tulisan gw sama sekali ga banyak memberikan manfaat. sama sekali bukan tulisan kelas atas... sama sekali ga mencerminkan gw sebagai seorang Kadiv Media yg mampu menulis dengan tajam, mengkritik dengan cerdas di media cetak.
Di tambah banyaknya orang2 yg hebat yg mampu membuat tulisan berbobot sedemikian rupa, membuat gw seperti kehilangan jati diri....
Di satu sisi gw pengen bgt tulisan gw bs membawa seseorang yg membaca menjadi lebih baik tapi di sisi lain yg gw bisa tulis adalah lelucon2 ga mutu yg penuh dengan ke bull shitan!
Kadang gw mencoba nulis tema berbobot, berharap bisa dimuat di koran2, majalah atau sekedar di mading jurusan...tapi nihil! Tulisan gw jelek, tulisan gw diabaikan pembaca setia notes2 gw... karena mereka bilang ini bukan tulisan Lina yg gw kenal..
Ah imej... atau memang si penulis konyol itu jati diri gw?
Yang gw sadar ketika gw menulis sesuatu yg konyol itu gw merasa bahagia tp disisi lain gw mau jd penulis2 yg pikirannya mampu membuat perubahan di sekelilingnya....dan gw stress, sangat stress mengetahui kalo itu bukan keahlian gw...
Bahkan ketika gw berpikir sedikit ttg mematerialkan tulisan gw, tulisan itu jadi kacau balau...
Menulis...
kompleks sekali....
sampai saat ini gw masih belum mengerti.....

Komentar

  1. Aq yakin ntar kamu bisa jadi penulis yg serba bisa lin.. Ganbatte!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih maaf baru buka lagi hehehe ga tau kalo ada komen

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer