Nasib Miris Si Aktifis: Jomblowati

Note kali ini gw bakal cerita bagian paling tragis dalam hidup gw. Menjadi seorang jomblowati. Sejujurnya gw sih no problem bgt sama keadaan gini, gw cenderung sangat2 menikmati hidup sendiri. Hidup bebas tanpa ada yang ngatur, mau kemana aja sama siapa aja ga ada yg ngelarang, tapi di usia gw yg bentar lagi kepala dua gini rasanya lingkungan sangat memperburuk keadaan. Apalagi punya keluarga secangak keluarga gw.

Gw sekali lagi adalah anak pertama dari tiga bersaudara. 2 ade gw cowok. dan saat ini kita bertiga sudah di fase remaja alias pubertas. Kalo gw dah remaja akhir, adek gw si Arif remaja labil, si Uya anak bontot itu baru memasuki fase remaja. Dan bahasan2 seperti cinta terhadap lawan jenis mulai terdengar dii rumah
Dari dulu gw emang ga terlalu suka yg namanya pacaran, dan itulah yg membuat mak-bapak gw khawatir. (bingung kan? dimana mana orang tua pd khawatir anaknya kebanyakan pacaran, ini mereka malah khawatir karena anaknya fokus belajar...ampuun)
Mak-Bapak gw sangat berambisi gw punya pacar. Apalagi mak gw. Makanya jangan heran kalo gw sudah merasakan yg namanya perjodohan. Ada bbrp perjodohan yg mungkin layak disimak. Mohon kali ini temen2 tdk tertawa,soalnya gw minta doa ini demi masa depan gw kawaaaaaaan!
Mak: "Lin... kamu tau kan Om Gandi? Yaaaa ampuuun anaknya ganteng bgt bgt bgt!"
(sekedar info om gandi adalah salah satu kolega yg mengatur arsitektur rumah gw, jadi perbotan rmh kaya lemari,sofa, jendela pintu semua dia yg ngurus, cina gendut,mukanya pink yang kalo lw perhatiin makin lama makin mirip BONA SI GAJAH BERBELALAI PANJANG di majalah BOBO)
Gw: (pura2 ga denger, sambil ngencengin volume tipi yg lg muter spongebob jd yg terdengar "ayaay captain! I can't heaaaar youuuu, AYAY CAPTAIN!")
Mak: "Lin, kamu mau mama lempar ke jalanan?"
Gw: (dgn ogah2an drpd gw jd putri yg terbuang? Ntar makin mirip sinetron2 gt gw, ntar nikita wili kalah pamor,,,susah juga kan jd gw) "siapa namanya?"
Mak: "Julian"
Gw: "suka suka dah ma"
Mak gw mengartikan sebagai YES!
Jadi malem berikutnya Om gandi dtg membawa anaknya itu. Wasalam deh... dia bener2 mirip anggota SMASH yg 4L@y itu.
Hbs itu trnyata keluarga gw ada masalah kerjaan sm Om Gandi, jd perjodohan GAGAL. Lapuk seperti lemari yg sekarang dh dimakan rayap. Mak gw stres, rencana berikutnya disusun.
Mak: "Lin, kamu kenal om Benson kan?"
Gw: "Yg botak, item, giginya mrongos,yg asli medan itu kan? tau knp?"
Mak: "Lin, anaknya kan lulusan ITB"
akh sial pasti urusan perjodohan konyol itu lagi. Tapi kalo yg ini sejujurnya agak nyaris karena gw deket bgt sama om ini, dia yg banyak bantu gw dlm hal pelajaran. Buku2 bagus setebel kulit mamonth semua dr dia.
Tapi ternyata anaknya itu dah punya pacar dan dia menolak perjodohan ini, dan gw denger2 bntr lg dia mau nikah. Om benson stress, mak gw kayak kebakaran bulu ketek, gw masih asik main PS Wining Eleven sama adek gw.
Itu cuma beberapa contoh kasus, pernah gw di telpon sama tante2 sok girang yg gw ga tau juga ini siapa gara2 perjodohan ini
Tante Girang (taGir): "Haloooo...mbak lina ya?"
Gw:"iya ini siapa?"
TaGir: "masa ga inget, ini tante wike yg di surabaya"
masih memutar otak, mikir ni tante2 lagi shoping di mal pake gincu merah bawa jinjingan tas belanjaan.
TaGir: "anak tante kemarin baru lulus dr Andalas, kamu main yuk ntr kita liat2 Gucci baru, kamu suka kan? apa mau tante kirimin?"
Hiiiiiy.... merinding gw. Yg ada kalo gw jd menantu ni orang pasti gw bakal menderita mati di salon pdhl gw lbh suka berkubang di lumpur.
Gw psti diatur pake ini pake itu, kuku gw yg isinya cacing sma tanah ini pasti bikin dia kena serangan jantung. pokoknya bayanginnya aja dh ngeri deh
Masih banyak kasus yg lain, seperti contohnya Ewout si Bule Belanda itu, Kanjeng Mas Riyandoko dari Jawa, semua suku pernah mak gw coba. hasilnya nihil.

Yang memperburuk semuanya adalah ADEK-ADEK GW DAH PADA PUNYA PACAR!
Apalagi si Arif, buset daaaah itu mah tinggal dikawinin aja. Hidupnya pacaraaaan mulu.
Kadang di telpon "iya sayaang... kamu ke sini aja besok..."
kalo gw nasehatin "rif lw jgn pcran mulu, belajar sono!"
"Ah itu mah gr2 lw sirik aja kagak mampu" JLEB! Pengen ngais2 tanah gw jadinya...
itu masih blm seberapa dibanding "mbak, gw liat2 lw sibuk bgt, panitia ini lah itu lah, lw mau jadi perawan tua? tu tukang nasgor naksir lw katanya, si Kodir! Kemaren aja gw makan nasgor gratis tp suruh titip salam ke lw"
Gw yg stres cuma bisa koprol di tengah ruang tamu.
Orang tua gw emang sukanya banding2in gw sama arif, sejauh ini gw menang tp tidak kalo berusrusan ttg cinta.
Mak gw: "Arif, tuh kamu contoh mbak lina, sma nilainya bgus2, lah kamu, liat ini merah kyk gini?"
Arif: "Ma, tp mbak lina bayangin tuh ga punya pacar dari dulu, paraaah bgt kan?"
Mak gw: "IYA NIH LINA, KAMU GIMANA SIH? MAMA INI DAH TAMBAH TUA...KAPAN MAMA GENDONG CUCU..."
yuuuuhuuuu.... beli obat bakar buat nyamuk gw mencoba membakar diri gw sendiri tp ga mempan (ya iyalah)

Si Arif ini emang kadang bikin gw nelen ludah aja sih kalo pacaran. Setiap malem minggu dia dah pake jaket kulit, bawa tas kresek isinya persediaan makanan rumah gw, misalnya buah2an di kulkas, kripik pedes di lemari, semua yg bs dia bawa, diambil semua. Kalo ditanya "mau dibawa kemana woy?"
"BUAT MERTUA GW"
KAMPRET! Ngiri abis gw... kalo baca smsnya selain dr si calon istri juga dari si calon ibu mertua
Mas arif tante titip Mahda ya sama kamu, Mahda itu nurutnya kalo mas Arif yg bilang. Tante percaya sm Mas Arif
melongo sambil ngimpi kapan gw bisa kaya gitu, yg ada gw di sms ibu temen gw
LIN, RIRIS LAGI SAMA KAMU GA? DIA GA PULANG2 TANTE TELPON, SURUH PULANG YA JANGAN TEATER MULU!
atau bahkan makian dr ibu adek kelas karena udah nyulik anaknya ikut kegiatan ekstra
PELAJAR ITU GA USAH SEGALA OSIS OSIS AN! BELAJAR AJA! KAMU MAU TANGGUNG JAWAB KALO ANAK SAYA NILAINYA JEBLOK!

miris 

itu blom seberapa, wkt mak gw ultah, Mahda pacar arif ini ikut dtg juga. Si arif pake rangkul2 segala sambil lirik2 gw+senyum liciknya. SIALAN, MINTA DICINCANG NI ANAK!
Apalagi bpk gw nanya "Mbak Lina ga ada yg mau diajak?"
Acara itu mendadak bikin gw dlm tekanan mental berat buat gw, apa si Kodir aja gw ajak?
Si Uya setali tiga uang sama si Arif, udah punya pacar juga... tapi berhubung dia masih SMP, pacarannya masih norak gitu. Sms nya masih nanya PR. "Sayang dah ngerjain PR belom? Jangan lupa ya besok les"
Kalo inbox di hp gw "Woy lin, jgn lupa besok rapat kerja, ga pake ngaret lw yak!"

Sekali lagi gw sama sekali ga keberatan dgn pilihan gw. Gw ga mau pacaran bukan krn ga mampu tp karena gw ga mau. (pake efek angin2 gitu trus gw berjalan slow motion pake lagu soundtrack batman)
Dan gw pikir kuliah ini semuanya akan lebih baik. Ternyata kebalikannya

Kalo nelpon gw, yg ditanya pertama bukan kabar gw tapi. "Lin dah dpt pacar belum?"
GILAAA GW!!!!!!! kalo gw cerita "ma aku mau ikut bem ya" yg bikin mak gw megap megap bukan takut masalah nilai gw anjlok atau kesehatan gw menurun tapi SEMAKIN DIKIT KESEMPATAN GW PUNYA PACAR. ampun
dan sialnya topik gw yg 'belom dpt pacar' ini masuk ke dlm grup FB keluarga besar gw.
Alhasil setiap gw main ke rumah sodara gw, satu wejangan yg pasti. segeralah cari pacar
kyk kmrn wktu gw sama Dias temen gw, berkunjung ke Salatiga rumah nenek gw. Gw dpt wejangan yg bikin temen gw ini ketawa cekikikan. Sial...
Pernah juga wkt mak gw ke semarang, gw nunjuk orang yg suka gw liat di kampus. Gw ga kenal...cuma tau aja dia anak undip. Gw bilang ke mak gw "ma, itu kan anak undip. senior" SUMPAH ITU DOANG YG GW OMONGIN.
Trus sama ibu gw, anak itu disamperin! Mak gw ini dah kena penyakit gila nomer berapa sih?
Mak gw dateng ke arah gw sambil senyum2, "ANAKNYA RAMAH YA LIN, GANTENG LAGI, NTR KALO KETEMU SALAM DARI MAMA BUAT DIA"
Stres! Jadi sekarang tiap ketemu gw cuma bs nundukin pala, maluuuuu abis. Gw ga tau apa yg mereka perbincangkan wkt itu, mungkin org ini dah menganggap gw perawan stres yg tergila-gila dia, atau gw pedofil yg mencari daun muda di kampus ini. SEMUA GARA2 MAK GW!
Dan setiap nelpon gw mak gw tak lupa bilang "udah disampein blom salam dr mama?"
gw jawab aja "belom"
dan makian seperti tidak amanah, penakut, cupu, ga gaul terlontar semua
ampun ampuuuun....

Sebenernya gw sendiri pernah pacaran, sekali, dan ternyata gw ga suka dgn yg namanya pacaran ini.
Apa sih? Mikirnya aja dh bikin mules. Ga boleh ini, ga boleh itu, kemana mana izin dulu, apa2 harus cerita.
kalo gw curhat nih ya sm yg pakarnya pacaran gw psti dibilang gila. Soalnya menurut gw seseorang ga punya hak untuk ngatur hidup lw.
tmn gw: Aduh gmn ya lin? gw sbnrnya pengen ikut bem tp ga boleh sama dia...
gw: lah,,, gw bingung emang dia punya hak apa ngelarang lw?
tmn gw: iiih dia kan pacar gw, masa ga ngerti lin?
nah lo! mampus gw... logika gw bener2 ga bisa masuk di konsep komitmen yg aneh ini.
Kecuali suami lah ya... kalo suami kan dia yg bertanggung jwb sm hidup kita. lah ini yang ngasih makan masih nyak babe gw ngapain gw harus ikutin kata2 dia

Tapi gw tetep aja seorang manusia, gw juga pernah jatuh cinta. Tapi gw ga akan terbawa arus penyakit gila nomer 212 (lagi kangen wirosableng gw, jd nomer itu kyknya bgus): PACARAN
Dengan banyaknya aktifitas gw, ga jd ga gampang mikir hal2 ga penting kayak gt, dengan berinteraksi dgn sebanyak banyaknya teman, itulah yg mengisi hati gw, orang tua, teman-teman, saudara2 gw... mereka yg jadi limpahan kasih sayang yg gw punya. Suatu saat ada wktunya gw ketemu seseorang yg bakal mengisi hidup gw selanjutnya. Ada waktunya...
Jadi buat papa yg pengen punya cucu, sabar dulu pa... aku kuliah dulu yak
buat arif uya yg khawatir harus bayar uang ngelengkahin (adat jawa kalo si kaka yg diloncatin nikahnya harus dikasih apapun yg dia mau) tenang aja... gw ga bakal minta apa2 sama lw berdua paling mobil jaguar atau rumah di Eropa (lho?). itu pun kalo lw ngelengkahin gw. tapi semoga ga...
buat mama... HENTIKAAAAAAN NGASIH AKU PRIA IDAMAN IBU2... AKU BISA NYARI SENDIRI!! tapi nanti yak aku masih mau mengisi malam mingguku dgn rapat, atau hang out bareng temen2
hahahahaha
Dgn mnjadi jomblo banyak yg gw dapet dan tdk didapatkan teman2 gw yg lain... pengalaman luar biasa, teman yg luar biasa, pelajaran yg luar biasa, gw bisa mengembangkan sayap gw selebar-lebarnya... berpikir sebesar-besarnya.
Tanpa batas, gw terbang kemanapun yg gw mau
Jomblowati is the best thing I ever had

Komentar

  1. ka jawaaa ak setujuuu pangkat sejutaaaa! :)) lebarin sayap selebar-lebarny sebelum ada yang mengatur hidupmuu !! hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer