Edisi Pelesiran: Dulu Kompeni Belanda, Sekarang Tentara Jepang



Banyak yg bilang hidup gw itu penuh warna, banyak kejadian2 diluar nalar manusia yg suka menghampiri hidup gw.

Sebenernya sih otak gw dah menyangkal (ya iyalah nyangkal. mending pengalaman tak terlupakannya itu MENDADAK TERKENAL DI ACARA MAMAMIA, atau GUEST OF HOLLYWOOD THIS YEAR...lah ini...kalo ga hanyut di sungai, nyasar di kota orang, salah masuk kondangan, nyampe jadi guide seorang bule)

Tapi kenyataannya gw emang ga bisa menolak pernyataan tersebut... karena baru2 ini pengalaman cangak yg ga bakal gw lupain lagi *sok belagu ga bakal lupa, pdhl mah naro hape di kantong aja lupa, dah terlanjur teriak2 di angkot "hape saya ilang!" yg bikin panik satu angkot. pas ketemu gw pura2 aja ilang beneran smbil pura2 nangis, drpd mati dihajar masa. Oke bukan itu yg mau gw ceritain



Jadi gini ceritanya...

Minggu lalu gw yg jamuran dikosan sambil guling2 di kasur ga ada juntrungan (masalahnya gw tuh dah libur, tapi masih ada kepanitiaan gt kan, sedangkan temen dah pd leha2 di kampung halaman) berinisiatif untuk refreshing alias pelesiran.

Sedikit termakan berita2 dr gayus, gw juga kan mau ya sedikit nyamar jd rakyat biasa buat liburan. Gw capek 24 jam dikejar-kejar paparazi terus kan...

Nah gw awalnya berniat ke rumah eyang gw yg di salatiga. Yah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, gw jg lg kangen makanan rumah, biasanya kalo gw menghampiri rumah sodara2 gw di jawa gw disuguhi banyak makanan dan baliknya gw dpt pasokan makanan (pikiran sempit anak kosan)

Tapi berhubung temen baru gw yg bernama Fifan ini mau ikut (karena sepertinya dia sama2 berkarat dikosan) dan gw ga mungkin tb2 ke salatiga sama cowok, bayangin ke mbah2 jaman kemerdekaan bawa cowok pasti pikirannya satu kan PACARNYA!

Menghindari seabrek wejangan yg pastinya ga bgt, seperti

"Lin, kuliah selesaikan dulu, baru hbs itu ke jenjang pernikahan"

atau

"wah ini calonnya...akhirnya kamu bisa menyeimbangkan adik adikmu yg sudah punya pacar. Eyang pikir kamu berniat jd perawan tua"



Males kan? mikirnya aja dah bikin gw pengen minum bensin, atau narik truk pake gigi kayak mister limbad (udah mulai ga mutu)



Akhirnya gw pindah haluan jadi pelesiran ke tempat wisata di semarang, terutama semarang bagian atas. Gw pikir pelesiran kali ini bakal berakhir normal...ternyata sama saja...



Tujuan pertama adalah MUSEUM KERETA API AMBARAWA, disana isinya kereta2 jaman dulu, yg masih pake baja setebel tebel belek gw di pagi hari, tp sialnya gw ga bisa naik tu kereta yg konon larinya kaki seribu pincang aja lbh cepet. Soalnya gw kesana hari Jumat (ya iyalah itu kyknya bukan timing tepat berlibur kan ya?), sepi, cuma ada 3 pengunjung. Gw, temen gw, dan seorang BULE JEPANG

hbs foto2 temen gw dengan noraknya pgn foto sm si Jepang itu, berhubung gw agak ga napsu soalnya dah tua, gw akhirnya berhasil memaksa dia cabut.hahaha

Habis dr museum itu gw jalan2 ke BENTENG WILHEM, yg bikin gw mangkel adalah di foto ni benteng peninggalan Belanda bagus bgt. Tapi kenyataannya sekarang udah jadi LAPAS! alias Lembaga Pemasyarakatan

Jadi pas gw masuk, tiba2 gw disambut bapak2 tatoan, keker, pake baju singlet lagi meres jemuran sambil ngerokok

MAMPUS! GW CUMA BISA DZIKIR SAMA BACA2 AL IKHLAS! Berharap ni dedemit kagak tiba2 nampol trus nyudut idung gw pake rokoknya

Belum selesai keterkejutan gw tiba2 segerombolan pria bercelana pendek dan baju bertuliskan LAPAS WILHEM keluar sambil bawa raket dan YAAA SAATNYA OLAHRAGA UNTUK NARAPIDANA!

Dalam hati gw mikir, disinikah akhir hidup gw? sangat besar kemungkinan penjaga lapas ini menyangka gw salah satu penghuni lapas, dan pas gw mengelak dia ga percaya..secara tampang gw, gw akui agak mirip2 pengedar ganja...ditambah temen gw yg sialnya juga mirip pedagang cd bajakan. Tamat riwayat gw.

Ah itu trlalu berlebihan. sebenernya sh hbs itu kita ya cukup syok dan lgsg tancap gas pulang. mau ngapain lg? foto2 sama para napi?



Hbs itu kita ke MONUMEN JENDERAL SUDIRMAN..ya foto2 dan ga tau kenapa liat patung jendral sudirman yg lg hormat rasanya pengen bertingkah kaya di nagabonar jd 2, gw pengen nurunin tangan sang jendral. Dah ga pantes dia hormat buat negeri yg dh carut marut ini...tp dah lah, gw ga usah betingkah juga ada aja yg meningkahi gw (ini apa sih bhasa?)

Habis itu ke MUSEUM PALAGAN, di sini sebenernya gw beruntung bgt. jadi si pak penjaga yg agak gila itu ga mau bukain museumnya coba, pdhl kita dah bayar...cacat ga sih...jd hbs foto2 ga guna gitu di tamannya dan berniat mau pulang tiba2 dtg KAWANAN INSPEKSI PARIWISATA PROV.JAWA TENGAH

bahahahha... dan tanpa keluar satu katapun, si bapak agak cangak itu bukain pintu dan kita menyelinap ikutan masuk

disitu isinya foto2 pahlawan2 yg tewas di perang palagan (sejujurnya gw ngarang, hbs gw selain buta peta gw buta sejarah juga)

Naaaaah hbs itu ini nih yg plg seu, kita ke CANDI GEDONGSONGO

Jadi gedongsongo artinya sembilan bangunan, dan artinya ada 9 candi disitu. Jarak antar candi kira2 1 km. Intinya jauh lah itu bisa 5 km lebih. Dan wktu itu keadaanya hujan dan berkabut...dingin parah...Temen gw ini ada backpacker dia ngerasa sgt tertantang menemui 9 9 candi. Gw mikirnya aja dh mules duluan, mana tanjakan...

Sebenernya ada sarana naik kuda tuh tp bayarnya 50rb, muke gila bang! Dah lah drpd dianggep letoy, gw sok sokan aja "AAAH GINI DOANG MAH DAH SERING!"

Padahal baru berapa langkah gw dh megap2

Hbs ktmu candi pertama gw girang bukan main...siksaan sbntr lg akan berakhir (8 CANDI LAGI, KALO GW GA KEBURU EPILEPSI DI CANDI NOMER 4 atau HIPOTERMIA di candi ke 8)

Menuju perjalanan ke candi 2 tiba2 gw ketemu si BULE JEPANG yg tadi itu loh

dan dia TERSESAT!

Shit men... ga tega juga gw ninggalin kakek2 sendirian di tengah kabut gini. Akhirnya kita putuskan berkelana bareng dia.

Namanya Eiji. Syukurlah b.ing nya bagus biasanya kn org jepang ga bs bhs ing. kalo dia pke bhs jpang dah deh ngupil aja gw sambil nunggu bala bantuan. Di luar dugaan si kakek jepang ini menyenangkan. Dan yg psti dia bukan kakek2 biasa....dia kakek2 petualang, dan dia sgt prepare. dia pake jas hujan, trus pake topi, pke payung juga. tas nya aja dipakein pelindung anti airnya gt. Sedangkan tmn gw cuma modal diri, apalagi temen gw pke lepas sepatu lagi. dah mirip suku pedalaman yg nganter turis jln2 kyk di Discovery Channel aja

setelah jln2 dan ngobrol2 dan dgn sedikit ke-sok-tahuan gw ttg bhs jepang (mklum pernah ngerasain dpt plajaran bhasa jepang jd gw rada2 alay sendiri)

Gw: Eiji San I can count 1 until 10 in Japan

Eiji: really?

Gw: ni san si ...(ngoceh kyk org bego)

Eiji San: Thats Great

Gw: I can call you Obasan right? (mksd gw kakek)

dan sayang seribu sayang, obasan artinya TANTE!!!

mungkin wkt itu dia mau nusuk gw pk samurai dibalik jas hujannya karena mengira dia mirip TANTE2 GEISHA

dgn penuh pengertian dan sedikit terheran heran dia bilang

"Obasan is Aunt, Am I?"

MAMPUS! rasanya muka gw dah kaya sapi ngeden 3 kali lebaran kali ya

pelajaran terpenting, sediakan kresek hitam setiap jalan2 sm gw, bisa buat nampung muntah atau nutupin muka lw biar ga dianggep kenal sm gw, hah!Dan yg lebih cacatnya adalaah KITA BERTIGA NYASAR!

Sumpah kasian tu kakek2 tua renta... gw sama temen gw emang cuma mengandalkan feeling, hbs mau gmn lagi...

candi 1, 2, 3, 4, 5, terlewati...nyari candi 6 ini gw sampe keluar usus lambung paru2...semua usaha dh gw kerahin. tp yg ada jalannya balik lg ke candi 4 lagi candi 4 lg... serem ga lw!

O iya kita smpet dikasih coklat gitu kan ya...enak deh..dan tmn gw cukup lihai merusak citra gw dgn bilang

"She likes your choclate very much and she wants more"

TOLOL!

maluuu ke ubun2 gw...tp ya dikasih lagi untungnya, hahaha

Pernah juga tmn gw (ini anak kyknya jg agak ngeheng)

kan gw blg dlm bhs indonesia "woy, gmn nih kalo dia kecapekan? "

dia jwab dgn santai dan kencengnya "Yaah...if he tired, we can leave him here" hbs itu ngakak kenceng

Turis itu nengok kaget, temen gw malah masih ngakak sambil nepok2 pundak gw dan trnyata dia ga sadar ngomong itu pke bhs inggris,

MAK OJAAANNN!!!

Gw cuma cengir2 dan pas tmn gw itu sadar gw tau hal pertama yg dia inginkan di dunia ini adalah hilang saat itu juga



Dan setelah pencarian gila itu setelah gw sempet kepeleset hbs ngomong dgn belagunya "Eiji San you must be careful" (tolol bgt kan ya?), dan si Eiji San jg sempet jatoh

Akhirnya candi 6 berhasil ditemukaaan!! Hbs nanya ke bpk2 petani cabe sekitar situ.

Dan menurut info si bapak 3 candi lain rusak jd dah ga ada... kita akhirnya memutuskan untuk balik

Sampe di pintu keluar, kita tukeran nomer hape dan alamat email...

Eiji San blg dia sgt2 menyukai Java more than Bali, dia bilang orgnya baik2 semua (mngkin kecuali kita kali ya), dan dia masih akan terus berpariwisata keliling Jawa...semoga dia tdk mengurungkan niatnya sejak ktmu kita



Bener2 hari yg aneh... tp gw rasa Eiji San yg merasa bahwa ini hari teraneh dlm hidupnya. Kasian dia, dipikirnya dia selamat jalan2 brg kita taunya nyasar lebih jauh...hahaha

Tapi gw msh mikir, knp ya gw jadi guide koplak buat turis yg dua2 nya dr negara yg pernah ngejajah Indonesia

Dulu Kompeni Belanda, Sekarang Tentara Jepang

Komentar

Postingan Populer