Selamat Datang Bu Senator!


Setelah berkecimpung dalam kubangan lumpur (berasa babi gue -___- ) gue kembali lagi ke Semarang.
Kembali ke Kampus Rakyat (gue ga tau maksudnya dibilang Kampus Rakyat, apa karena SPP nya murah, atau karena muka mahasiswanya mirip mamang-mamang penjual gulali? yang pasti gue engga, soalnya semua orang tau tampang gue mirip Jenifer Lopez *skip)

Dan sampai di sini, gue pikir gue bisa berleha-leha, gue udah beli sunblock buat berjemur di Pantai Marina, tapi pas sampai TKP wujud tu pantai malah mirip Tambak Udang! terpaksa sunblocknya gue minum #stres

ternyata impian untuk berleha-leha itu sirna, karena gue baru sadar ternyata sekarang gue punya amanah baru... sebuah jabatan baru di organisasi kampus yang merenggut kesucian, eh maksud gue kebebasan gue dalam berekspresi. Sekedar info, entah apakah anak-anak fakultas teknik otaknya udah pada korslet tapi secara tiba-tiba gue dipilih jadi Ketua Senat Fakultas Teknik UNDIP

Berikut cerita di pagi hari setelah gue resmi dipilih jadi ketua senat bersama Mahasiswa Baru (maba) yang masih unyu-unyu bau kencur, eh ga deh bau matahari lebih tepatnya
Maba: "Mbak Lina, keren bgt ... Jadi ketua Senat, Senat itu apa sih mbak? aku jadi pengen ikutan"
Gue: "Sejenis organisasi pemuja upil" sambil berlalu
Maba: "..."
sambil terdengar bisikan "serius dia yg ketua senat?"

Oke mungkin gue bakal cerita awal mula gue terjebak dalam hiruk pikuk dunia aktivis kampus yang notabene isinya orang-orang kece dengan pemikiran membenahi bangsa dan negara (kayak ultramen ga?) dan biasanya doyan demo membela kepentingan rakyat (duileeh, bela hak-hak jomblowati kaya gue dooong

Waktu gue mahasiswa baru, saat itu 23 SM, saat dimana firaun berencana mendirikan piramid... (mulai disorientasi)
Oke serius, waktu itu, waktu gue maba berarti sekitar 3 tahun yang lalu, gue, si Gadis Imut Berkerudung Merah ini datang ke kampus Undip dengan penuh air mata (air mata akibat tidak diterima di Institut yang diinginkan, #curcol)
tapi gue udah capek berlarut-larut dalam kesedihan, soalnya kalo gue nangis gue menjijikan banget. Ingus ngucur, mata merah, dan kadang gue sambil guling-guling. Kalo ini gue lestarikan bisa-bisa gue perawan tua. Sayang kan dengan paras J-Lo tadi gue Jomb-Lo
Akhirnya gue tekadkan diri untuk membuat almamater gue yang udah sudi menerima gue yang hina ini bangga akan kehadiran gue (ada yg mau nangis? ga ada ya? ya udah deh)

Dan mulailah kisah si gadis titisan Charlie ini di belantara dunia kampus
Gue mencoba nyaris semua kegiatan di UNDIP, cacat ga? Gue ikutin semuaaa... mulai dari Rohis, BEM, Himpunan, Pers dan Jurnalistik, Forum Studi, Voli, Teater, Fotografi, English Club bahkan yang lebih absurb gue pernah sesekali nongkrong sama anak-anak komunitas, mulai dari komunitas wirausaha, komunitas pecinta kucing (dan disana gue bingung kenapa gue doang yg ga bawa kucing *maaf terhambat masalah IQ), komunitas Kesenian Jowo yang isinya orang-orang alus nan kalem yg layak disebut sinden, sedangkan gue... pita suara gue udah ruwet dari lahir... bahkan lebih layak disebut 'rafia suara' *pedih

Berbagai macam orang gue temui, mulai dari yang pake jilbab sedengkul sampe yang doyan tari dengkul di club (ada yang pernah tau tari dengkul ga? ini gue ngasal aja hahaha)
Dari yang manggilnya "ya ukhti, ya akhi" sampai yang manggil temennya "Woi ndes, asu buntung!" terus diiringi jambak-jambakan rambut (ini semacam tradisi bar-bar terkini, wanna try?)

Dalam proses pencarian jati diri (aseeek) gue sering menerima beberapa masalah, misalnya di sebuah kajian yang wanita dan prianya duduk terpisah, gue suka salting sendiri kalo liat mbak-mbaknya yang pada ayu kemayu malu-malu aduh itu rasanya gue pengen nenggelemin diri di sungai nil ditemani fachri dalam ayat-ayat cinta
dan misalnya si ustadnya ngelucu, dan menurut gue emang lucu bgt, gue ngakak sampe pegang perut takut usus gue keluar tiba-tiba
dan ternyata semua termasuk si ustad langsung hening, mencari sumber keributan. Dan mereka menatap gue seperti berkata "Lu keselek TOA masjid ya?"
Ditambah lo pake jins, fix banget itu layaknya lu berenang pake mukena!

Pernah juga gue kumpul di komunitas yang isinya anak-anak GAHOEL, punk rock, metalic, caustic soda (ini apa sih? bukannya sejenis bahan kimia ya?)
Dari pas masuk aja udah gue udah disambut mas-mas gimbal yang rokoknya ngebul-ngebul
mas kribo: "Yoooiiii mamen!! eh kita kedatengan tamu nih, si Rumana"
dan mbak-mbak dengan tank top item dan tentu juga mengebul (lu kira tungku): "aji gile ini mah tipenya si Brengky"
anjiiir siapa nih Brengky? Sejenis Buldog atau Herder gitu? GUE MAU DIJADIIN MAKANAN ANJING?? ya Allah tolong hamba, hamba masih ingin pake toga.
Tiba-tiba orang yang dipanggil Brengky tadi menoleh sambil nyengir: "Yuk takjizah yuk!"
TAKJIYAH?? LU KATA GUE POCONG! TAKJIYAH KUBUR!
Ternyata selidik punya selidik maksud dia TAARUF! D*MN
Gue bener-bener langsung tobat nasuha pas balik kos. Temen gue kirain gue kerasukan Suster Ngesot, soalnya di UNDIP lagi dibangun Rumah Sakit baru gitu.

Belum lagi di Kelompok Studi, gue yang otaknya pas-pasan ini serasa makhluk nista dibandingkan manusia jelmaan Einstein itu, kacamata, buku tebel, penelitian, dan segala hal yg berbau ilmiah. Sedangkan gue? Gue lebih mirip penganut Eyang Subur... Gue selalu kesulitan memilih judul penelitian
Rudi (nama disamarkan): "Lin, kamu PKM mau bikin apa?"
Gue: "Hmmm... (sejam kemudian)
Gue: "belum kepikiran Rud, kamu apa?" ZONK!
Rudi: "aku punya 7 judul, antara teknologi ultrafilterasi, atau nanoteknologi atau semacam program pendeteksi kanker serviks untuk wanita, sempet juga kepikiran Spageti dari bekatul yang mengandung protein yang baik untuk perkembangan otak anak"
Gue: "Rud boleh pamit sebentar"
Gue ke kamar mandi dan "HUEEEEKKKS" tiba-tiba gue muntah...
Pas gue balik cuma terlihat tampang Rudi yang datar dan membenarkan kacamatanya
Gue: "bisa bikinin obat masuk angin yang dimasukin lewat lobang idung ga Rud?"
Rudi: "Hmm,,, ada kemungkinan sih, berarti secara bentuk dia harus mengalami fase compacting yang akan..."
Gue berakhir mimisan di tempat


Rasa-rasanya susah nyari komunitas yang pas buat makhluk sejenis gue... tapi gue enjoy aja sih punya banyak temen. Dan tanpa gue sadari gue cukup betah dengan dunia-dunia mahasiswa aktivis. Mereka wawasannya luas, dan pemikirannya jauh melampaui masanya. Gue agak aneh dengan anak-anak muda yang mikir masalah negara... dan ternyata sedikit banyak gue mulai tertarik, walaupun yaaah negara yang baik versi gue bakal dikecam abis-abisan. Misalnya negara berlandaskan filosofi upil. Meskipun barang hina, upil adalah wujud dari pengorbanan dan kasih sayang. Bayangin kalo para kotoran itu ga rela jadi upil, dia pasti udah masuk tubuh kita dan merusak mekanisme paru-paru (teori sampah)

Dan beberapa kali gue ikut aksi, tapi entah kenapa gue ga begitu suka, terbukti gue malah asik-asikan beli es nonong di deket bunderan HI waktu temen-temen yang lain pada bakar diri,  ternyata gue ga sepenuhnya sejalan dengan aksi, gue lebih suka nulis. Tapi jujur aja, tulisan gue masih level magma bumi kalo dibanding temen-temen yang lain yang udah ada di langit ke 3 yang bentra lagi nyampe langit ke-7. (perbandingan yang busuk)
kalo mereka mengkaji kebijakan pemerintah yang salah dengan analisis-analisis yang menilik landasan negara dan segala tetek bengeknya, gue lebih suka menulis curhatan si mbok sayur gara-gara BBM naik. *lemahdayapikir

tampang kayak lagi makan koreng
Dan di saat-saat gue mau vacuum dari segala dunia organisasi kampus (gue berencana fokus membenahi diri dan mencari pria tambatan hati). Seorang teman, sampah masyarakat si Randy, dedengkot Senat itu dateng
Randy: "Lin, bentar lagi pemilihan ketua senat"
Gue: "Wuiiih selamat ran, gue bakal terus dukung dan doain lu"
Randy: "Bukan bego, gue justru mau keluar, tapi sebelum gue keluar, gue masukin nama lu di daftar pemilihan"
Gue mendadak pusing, bayangan mbak-mbak FISIP yang jelita akibat salon 3x seminggu sirna
Gue: "Ran, bunuh gue mau ga? ada silet di tas gue"

Dan jreng...jreng...jreng...
secara ajaib gue menang, pemilihan dari hasil musyawarah sampe jam 2 malem. Gue ga ngerti lagi kenapa ini menimpa gue... kalo lu mau tau, Senat satu-satunya organisasi yang belum pernah gue jajal. Organisasi tertinggi yang membuat undang-undang buat keberlangsungan BEM dan organisasi lainnya.

Bahkan sehari sebelum pemilihan, disaat para dedengkot ribut perihal yang menurut gue ga perlu diributin gue justru ketiduran sampe kepala gue biru gara-gara ngejedotin diri ke meja. Untungnya gara-gara itu semua berhenti ribut. Mungkin mereka jadi sadar kalo jam udah menunjukkan waktu bencong keluar.

Jujur di awal-awal terpilihnya gue jadi ketua senat (bahkan sampai sekarang) gue masih mengalami culture shock. Gue yang rakyat jelata, yang bebas guling-guling di lapangan WP, yang bebas loncat-loncat dari kosan ke kampus mendadak terasa diawasi. Semua serasa menilai tingkah gue. Gue kehilangan waktu bareng temen-temen gue buat sekedar ngupil bersama. (aktivitas yang agak aneh ya?)
Dan yang paling bete kalo sampe ada yang bisik-bisik di belakang gue
"eh itu ya katanya ketua senat yang baru"
"cewek ya?" --> rasanya gue pengen langsung nengok sambil bilang "Akika seewang cowok cyiiin!"
"masa cewek di teknik"
"emang kuat dia?"
"eh itu kok bajunya aneh sih?"---> gue tau baju gue made in pasar Johar dicampur rok jaman SMA, tapi ya udah sih selama masih nutup aurat kenapa pada ribut ya... belom juga gue pake baju partai ganti-ganti tiap hari.
Bahkan gue jadi takut nulis bebas lepas kayak dulu, gue takut mempengaruhi nama baik senat sendiri.
Setiap dateng ke undangan-undangan, gue merasa medadak terserang asma
"Silahkan bu Senat"
Berasa pengen makan koreng
"Wah, lina bisa main bareng kita, keajaiban"
Berasa pengen ngerangkak dari Semarang ke Papua

ASTAGAA GUE BENER-BENER GA HABIS PIKIR!! KENAPA GUEEE??
KENAPAAAA????? (udah jangan dihiraukan, biasa obatnya habis)

Tapi sekarang-sekarang gue sadar, terpilihnya gue pasti salah satu dari rencana Tuhan buat gue... entah apapun itu. Setidaknya gue sekarang hidup bukan cuma buat diri gue, gue ngerasa punya banyak tanggung jawab. banyak orang yang bergantung pada keputusan-keputusan yang gue ambil. Jadi gue semakin yakin bahwa hidup ini bukan perkara senda gurau belaka, walaupun cara paling ampuh mengobati masalah adalah dengan tertawa (jangan ditiru). tentu saja tertawa setelah selesai berdoa (ini apalagi, ntar dikira sekte baru habis sujud ngakak-ngakak sendirian)


Sebenernya yang paling sulit adalah mencoba untuk tidak kehilangan diri lu sendiri, karena semakin banyaknya tuntutan orang lain, lo bakal susah banget buat mencari tau siapa sebenernya diri lu, apa yang paling lu pengen di dunia ini...

karena hidup kita terlalu singkat untuk menjalani hidup orang lain


Kata ibu gue nama gue Nur, artinya cahaya. cahaya yang nantinya mampu menyinari puluhan generasi, cahaya yang tidak akan padam meskipun badan berkalang tanah. dan mungkin ini titik awal gue...

Selamat Datang Senator, Senator yang cantik dan eksentrik. (udah ambil aja ember buat muntah, jangan malu-malu)

Komentar

  1. gue suka gaya kata2 loe..
    dan juga perjalanan loe di kampus,,
    gue sudah baca dan isinya tak ada yang penting but cukup menarik kata loe,,
    gue titip jempol ane disini

    BalasHapus
  2. Haloo pak^^

    Kami dari SENTANAPOKER ingin menawarkan pak^^

    Untuk saat ini kami menerima Deposit Melalui Pulsa ya pak.

    *untuk minimal deposit 10ribu
    *untuk minimal Withdraw 25ribu

    *untuk deposit pulsa kami menerima provider
    -XL
    -Telkomsel


    untuk bonus yang kami miliki kami memiliki
    *bonus cashback 0,5%
    *bunus refferal 20%
    *bonus gebiar bulanan (N-max,samsung Note 10+,Iphone xr 64G,camera go pro 7hero,Apple airpods 2 ,dan freechips)

    Daftar Langsung Di:

    SENTANAPOKER

    Kontak Kami;

    WA : +855 9647 76509
    Line : SentanaPoker
    Wechat : SentanaPokerLivechat Sentanapoker

    Proses deposit dan withdraw tercepat bisa anda rasakan jika bermain di Sentanapoker. So… ? tunggu apa lagi ? Mari bergabung dengan kami. Pelayanan CS yang ramah dan Proffesional dan pastinya sangat aman juga bisa anda dapatkan di Sentanapoker.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer