Welcome to Jekaarrdaah!!! (part II): Ibu Hamil dan Perahu Karet


Yup seperti janji gue sebelumnya, gue bakal cerita lagi tentang sisi lain ibukota, Jakarta...

Sebenernya yang paling gue heran adalah tingkat kepedulian orang-orang di sini rendah banget, seriusan deh. Misalnya di kereta ada nenek-nenek tua renta jompo berdiri sambil kakinya gemeter eh bapak-bapak yang duduk di depannya malah asik ngorekin upil terus meper-meper ke bawah kursi kereta, rasanya pengen gue ambil upilnya terus gue taro di kepalanya yang botak! (oke ini kenapa malah jd menjijikan ya?)

Makanya gara-gara kejadian itu gue lebih sering masuk ke gerbong wanita. yang isinya ladies semua gitchu...
cuma ya emang agak lebih berisik sih. maklum wanita katanya mulutnya dua, hahaha
"Jeng, nanti sore loh arisan di rumahnya Bu Santi""Aduuuh ini harus prepare, makanya kemaren saya ke Tanah Abang Jeng beli kerudung yg lagi model sekarang, yg ada daleman ninjanya langsung gitu, bahannya sifon"
Rasanya gue harus menutup mulut supaya ga bilang "Yuuuk cucok booo!"

Gue lebih sering menghabiskan waktu gue di kereta dengan membaca, mulai dari komik cacat sampe buku politik. Walaupun penuh gue lebih memilih di hujat orang gara-gara ga pegangan malah baca buku dan nabrak segerombol mbak-mbak cihuy dengan gincu pink menyala
"Eh mbak nih gimana sih? Pegangan dong!"
"Ga dapet pegangan mbak, mau ngasih punya mbak ke saya ga?"
"Enak ajaa!"
"Ya udah"
kalem baca lagi

Tapi ga selalu baca juga sih, kadang-kadang tidur (sambil berdiri! sekali lagi gue sangat bersyukur memiliki karunia bisa tidur dalam keadaan dan posisi apapun), kadang-kadang juga kalo yang diajak ngobrol enak ya ngobrol sampe turun stasiun. Nah cuma ada beberapa pola yang gue liat di kereta gerbong wanita ini. Jadi, ada sebuah space dimana itu diprioritaskan untuk wanita lanjut usia, wanita yang membawa anak kecil, wanita yang cacat, dan wanita hamil.
Gue pernah sesekali berdiri di depan mereka. Pas masuk stasiun berikutnya, ada ibu-ibu hamil yang dateng sambil bilang ke daerah tempat gue
"Ada yang ga hamil?"
Dan serta merta yang merasa ga hamil, bangkit dan mempersilahkan duduk si ibu yang hamil itu
Jadi nyaris setiap orang masuk ada teriakan "Ada yang ga hamil?"
"GUEEEHHH!!!"---> jangan dicontoh, cukup dipahami saja esensi cerita ini adalah banyak sekali ibu-ibu survive di Jakarta yang walaupun lagi hamil tetep berangkat kerja.

Nah lama-kelamaan gue bisa bedain mana penumpang yang emang ga hamil atau hamil atau setidaknya masuk kriteria itu. Biasanya mereka suka tidur, jd kalo ga ada yg teriak kayak tadi yaa mereka bs duduk dgn tenangnya. Lumayan juga sih... otak jahat gue mulai berputar supaya bisa dapet duduk setiap berangkat dan pulang, soalnya sumpah gue dah muak bgt berdiri terus di sepanjang hidup gue naik kereta. Dan saat itu gue lagi sakit, demam tinggi. Tapi gue paksain berangkat, gue merasa ga bakal tahan kalo ga duduk (alasan)

Misi pertama: Menyamar jadi nenek-nenek
Gue dandan jadi nenek-nenek, buat keriput-keriput di muka, jalan bongkok. Belom nyampe keluar rumah gue udah ditolak sama si Uya (gue biasa nebeng dia naik motor sampe stasiun)
"Lu mati aja mau ga? gue galiin kuburan buat nenek-nenek macem lu!" ---> adik berbakti
Misi pertama GAGAL

Misi kedua: Membawa anak kecil
Biasanya suka ada pengamen gitu di stasiun, palingan umur mereka 6-9 tahun, sebelum naik gue mencoba ngobrol sama salah satu pengamen yg gue cukup kenal, cowok, agak sinting, namanya Aan
Gue: "Eh aan, lagi ngamen ya?"
Aan: "Boker! ya iyalah ngamen"---> kelakuan anak jaman sekarang
Gue: "Sekolah dimana lu an?"
Aan: "Kaga sekolah gue"
Gue: "oooo, mau ga naik kereta ini pura-pura jadi anak gue? biar gue bisa duduk coy"
Aan: "Diiiih najis dah, mending kaga punya orang tua gue, udah ah teh gue mau kerja dulu ya. otak lu noh benerin"
Gue: "ANAK LAKNAT UDAH LU PERGI SANA!" (habis itu gue tendang-tendangin dia, kalo lagi ngamen aja mukanya bikin iba banget, taunya blangsak! anak jalanan!!! tapi dia jadi temen gue di stasiun bojong)
Misi kedua GAGAL

Misi ketiga: Jadi cacat
Misi ini sebenernya udah paling matang, gue tinggal membawa tongkat dan berjalan terpincang-pincang
Tapi dengan muka gue yang pas-pasan gini gue takutnya di jalan pada ngasih gue receh. Akhirnya misi ini gue kubur.
Misi ketiga GAGAL sebelum berkembang

Cuma satu yang masuk akal, MENJADI IBU-IBU HAMIL, dan gue cukup meyakinkan, soalnya gue pake jaket bapak gue yang itu gede banget. oke gue memvisualisasikan diri gue adalah wanita yang sedang hamil muda, gue ngidam mangga colongan tetangga dan gue akan langsung teriak begitu masuk kereta "ADA YANG GA HAMIL?" dan segera duduk di tempat siapapun yg ga hamil, jadi gue ga boong dong... lalalala memang cerdas kauuu LINAAA! CERDAAASS
text udah dibaca berkali-kali
ADA YANG GA HAMIL?
ADA YANG GA HAMIL?
ADA YANG GA HAMIL?

Tuuuut tuuuut.... kereta masuk, pintu gerbong terbuka, dengan sedikit desak-desakan gue berhasil masuk dan berteriak dengan lantang
"ADA YANG HAMIL?"
beberapa ibu-ibu saling pandang dan akhirnya dalam satu deret itu beberapa mengacungkan tangan
Tolol!
Gue jadi seperti bidan puskesmas yang lagi sensus ibu mengandung dan bersiap menimbang si ibu dan jabang bayinya.
Karena kesalahan teknis seperti itu gue jadi grogi dan langsung mengambil tindakan jawab sekenanya dan lari ke gerbong depannya
"Ya udah gapapa bu, lanjutkan aja hamilnya"
Dan gue berdiri terjebak bersama pria-pria gendut berkeringat dan beberapa tidur depan gue yang berdiri menahan pusing 7 keliling, sambil ngorok pula bapak-bapak itu, dan gue nyaris pingsan. Nice!

Nah berhubung waktu itu gue emang sakit bgt akhirnya gue dipulangkan sebelum waktu kerja praktek habis, jam setengah 12 gue balik. Gue udah bersiap siap diri bgt, buat teriak ADA YANG GA HAMIL?
Pintu terbuka dan gue berhasil meneriakan: "ADA YANG GA HAMIL???"
YES!
Sejenak gue baru sadar, kereta sepi! Kursi masih banyak yang kosong. Sunyi sepi, hanya bunyi seorang nenek-nenek cina menggaruk rambut ikal berubannya "Krosook, krosook..."
Gue udah pengen ngelempar diri ke Sungai Nil, apa daya Fahri udah sama Aisyah- Ayat-Ayat Cinta (nyambung ga?)

Akhirnya dengan menahan malu dan juga pusing tak berkesudahan gue duduk
Sebelah gue ibu-ibu hamil yang cantik jelita dan bahagia di pernikahannya yang pertama dan mengandung anak pertama yang setiap hari menyiapkan makan malam untuk suaminya. Mereka baru lulus S1 kerja 2 tahun dan menikah (ngarang sebenernya gue, itu cuma gambaran aja, hahahah)
Gue duduk sebelah dia. dan dia menyapa dengan santun: "Lagi hamil juga mbak?"
Gue: "Tadinya, eh.." sebelum gue sempet melanjutkan dia menyambar
Mbak bahagia: "oh mbak keguguran?" mukanya langsung sedih dan cemas
Gue: "A... aa... aduh saya agak kurang enak badan mbak saya tidur dulu ya"--->langsung merem sambil menyenderkan kepala ke belakang
Mbak bahagia: "o iya mbak, maaf ya mbak saya jadi mengingatkan mbak ke sesuatu yg pahit, semoga mbak dikarunia anak lagi nanti ya mbak, ini amanah Tuhan, mungkin sekarang belum waktunya. Tapi mbak harus percaya kalau Tuhan Maha Adil, saya juga sudah nunggu nunggu sekali inii kelahiran, sebulan lagi kata dokter mbak" sambil sesekali mengelus-ngelus perutnya yg sudah membuncit
Gue cuma bisa berdoa "YA ALAAAHHHHH!!! APA SALAH HAMBA??? APAAA??"

Mungkin karena tekanan peristiwa hamil begitu berat, gue harus absen sehari dari magang, ke dokter. Dan syukurlah gue cuma batuk, flu dan demam akibat pancaroba, tapi sejak saat itu entah kenapa gue jadi horor liat ibu-ibu hamil.
Gue ga mau lagi denger kata HAMIL 9 bulan kedepan, cukup.

Sebenernya dari situ kita tahu penyebab terjadinya ledakan penduduk di Jakarta: BANYAK IBU H*MIL (ini menjadi kata tabu skrg di kamus gue!)

Selain itu, satu lagi yang ga akan gue lupa adalah BANJIRNYA
Sebelumnya gue ga terlalu gimana-gimana dengan banjir karena gue yang notabene tinggal di Bogor ini walaupun deket sama Jakarta tapi ga pernah kebanjiran. Jadi kalo liat berita-berita di TV gue merasa malah banjir asik juga, anak-anak pada renang telanjang dada, teriak-teriak sambil dadah dadah di belakang reporter berita. Kayak yang seru banget

Entahlah apa Tuhan ingin menghukum gue atau hanya ingin menyenangkan gue. Tiba-tiba di saat gue berangkat ke tempat gue kerja praktek yang gue lihat, KANTOR GUE UDAH KERENDEM! FYI kantor gue itu posisinya berada di cekungan, jadi semalem hujan tapi pagi itu matahari sangat terik dan kanan kiri gue kering kerontang, cuma ya itu semacam palung yang menampung air jadinya. Cacat
Pos satpam udah rame karyawan yang mau masuk tapi ga bisa, ketinggian sekitar se-paha (kebiasaan orang Indonesia ngukur banjir pake anggota tubuh ex: se-dengkul, se-matakaki, se-dada, bandingkan dengan orang di luar sana yg udah pake inchi, atau feet hahaha)
Dan ternyata mereka udah antisipasi dengan Perahu Karet!
Yeaaaah....!! Gue mendayung,,, di tengah kota dan panorama gedung pencakar langit. Sesuatu yang tak lazim.
Akhirnya gue naik sama nira temen KP gue. dan itu suatu hal yg tolol bgt menurut gue... Ditambah godaan dan siulan para tukang bangunan apartemen di sebelah yang lagi ngelap keringet karena kepanasan. Konyol
miris....  

"Ciiiiee ciiiee... priwiiit priiwiiit...Neng mendayung ke hati abang dong" SINTING
"Mau dibantu ga neeeng, kaciaan amat yaak kena banjir" SABLENG

Gue sama temen gue antara mau ketawa tapi juga malu setengah mati, akhirnya cuma bisa nyanyi lagu Perahu Kertas Maudy Ayundya dengan sedikit gubahan:
Perahu karet ku kaaaan meeelaaajuuu
membawa aku ke kantormuu
Tukang-tukang yang sedikit gila,,,
Tapi iniiii adanya...
muka busuk
selalu tampil cantik apapun kondisinya

terawat dan tidak terawatnya tentukan sendiri lah

Itu sebenernya belum ada apa-apanya dibanding penderitaan gue pas pulang. Jadi habis peristiwa banjir 10 November itu (ngasal lagi), gue pulang seperti biasa, cuma emang gue janjian main dulu sama temen-temen gue. Ternyata hujan derreeeees bgt.. akhirnya gue nunggu dong ya sampe reda, dan itu udah jam 9, gue pulang naik kereta terakhir. oh iya, kalo mau tau ya, gue naik kereta terakhir ini kan udah sepi bgt ya, masa depan gue mbak-mbak yang kayaknya lesbi gitu lhooo.... satu gerbong isinya cuma gue, dan dua orang itu.
Jadi pas gue baca buku awalnya gue ga sadar sih, cuma posisi si Mbak yang satu lagi duduk biasa depan gue persis dan mbak lainnya duduk di pangkuannya gitu sambil nyelonjorin kaki. GLEK!!
Terus mereka pake pegang-pegangan pipi, ngelus-ngelus gitu
Mbak 1: "Kamu udah maem?"
Mbak 2:"Udah kok"
Gue cuma bisa mencoba mengulang paragraf terakhir yang gue baca, ga konsen banget.

Mbak 1: "Katanya mau ke tempat aku kerja kemarin" (sambil mainin rambut si mbak 2)
Mbak 2: "Iya bos aku galak bgt kerjaan dikasih numpuk jd ga sempet"
Gue mencoba menurunkan buku dan menintip adegan mereka dan mereka balik ngeliat gue. MAMPUS!
Apakah gue akan dimutilasi dan dibuang keluar kereta?Apakah gue akan dianggap sebagai pihak ketiga hubungan mereka dan gue diseret dijambak dan dibakar?
Gue udah ga bisa mikir...
Senjata utama, nyengir kuda dan kabur secepatnya, tapi pas mau kabur ke gerbong sebelah ga bisa, pintu pemisahnya ga mau kebuka. SELAMAT TINGGAL DUNIA, SELAMAT TINGGAL JAKARTA!
*lebay ga sih?

Karena grogi gue jadi salah tingkah, dan untung stasiun tujuan udah nyampe. Gue keluar pas pintu kebuka, tapi berhubung dah malem gue baru sadar gue turun dari pintu yang salah walaupun gapapa juga sih cuma ntar jalan lebih jauh aja. Eh gue malah masuk lagi, pas gue masuk pintu yang mau gue tuju udah ketutup
Toloongg guuue akan kebawaaa sampe stasiun berikutnya sama lelesbian ini!! mati gue, gue udah makin panik
Di dalem kereta gue malah gedor-gedor pintu yang udah ketutup itu: "PAK BUKA PAK!"
Untuk salah satu pintu di gerbong itu ada yang masih kebuka, dan mbak mbak yang tadi tiduran di pangkuan pasangannya itu segera menahan."Lewat sini aja"
Duh yaa... gue cuma bisa bilang makasih dengan kengerian tak terbendung, dan mereka cuma cekikikan melihat gue yang udah kayak anak kadal lagi diare.

JAKARTA KERAAAS KERAAAS

Nah sesampainya di bojong gede gue punya dua pilihan naik angkot atau naik ojek, tapi berhubung udah malem dan gue pengen buru-buru nyampe gue pilih abang ojek... ditengah jalan hujan kembali mengguyur dan tiba-tiba si tukang ojek berhenti.
"Aduuuh neng banjiiir noh liat" dan sangat mengejutkan, air udah meluap kemana-mana
Ada beberapa motor dan mobil yang mogok gara-gara knalponya kebanyakan minum air.
Si tukang ojek ini langsung ngomong "Neng turun sini aja ya neng, saya ga berani, kalo mogok gimana? saya keluar malem neng belum narik"
gue syok dan pasang tampang melas "Yaaah bang, saya gimana entar? Entar kalo diculik? kalo hanyut kebawa banjir?"
Tukang ojek yg kayaknya udah mau nampol: "Ya kaga mungkiiiin atuuh neng"
Akhirnya gue terdiam di pinggiran kali sendiri ditemani warga yang hiruk pikuk ngeluarin air dari rumahnya, dan anak-anak yang seperti kata gue sebelumnya bertelanjang dada dan berlari-lari riang. Gue rasanya pengen nyeret satu anak dan bilang: "Woooeehh asik lu hah! Anterin gue balik buruuuuu!!!"---> sadis
Dan setelah menunggu setengah jam akhirnya ada sebatang angkot (sebatang, selembar, setangkai, apa sih yg bener buat dipaduin sama kata angkot? mendadak insomnia nih gue--->baiklah lupakan) yang memberanikan diri menerjang banjir tersebut.
Dan yeaaah naik angkot itu menjadi wahana baru buat gue, air dari luar pada masuk, semua penumpang jerit jerit ga jelas.

Satu yang pasti, dan ini yang selalu bikin gue bete adalah BANJIR itu disebabkan salah satunya karena banyak manusia buang sampah ga pada tempatnya.
Gue gini gini yaa... sejorok-joroknya gue, gue ga pernah buang sampah di jalanan (walaupun habis itu tas jadi tempat sampah)
Tapi gue punya pengalaman yang ga bakal gue lupa seumur hidup gue,
Dulu waktu gue SMP gue punya keponakan yang tinggal di Jepang umurnya 6 tahun mungkin pas itu ya, pas pulang ke Indonesia kita lagi jalan bareng gitu, dan gue liat dia genggam sesuatu, gue kira apaan, ternyata itu bungkus permen yang habis dia makan.
Dan dengan usia sekecil itu dia udah tau gimana cara menjaga lingkungan sekitar, dia baru buang pas nyampe rumah (jadi selama di mobil itu ya dipegaaang teruuuus). Dari situ gue jadi malu bgt dan bertekad ga bakal buang sampah sembarangan lagi....

Yah semoga aja yaaa Indonesia terutama Jakarta 5-10 tahun lagi udah jauh berubah. Jadi bersiiiih kayak di Jepang atau Singapur... amiin

Habis malem gue kebanjiran besok paginya pas naik bis ada bapak-bapak yang ngelempar tisu ke luar jendela
Gue yang saking keselnya bilang "Aduuuuuuh paaak pantesan aja Jakarta banjir, buang sampah sembarangan"
Dia habis itu melototin gue "Kenapa??? kalo ga seneng ya udah ambil lagi aja!"

Laaa illaa ha ilaa antaa yaa... yaaa hayul yaa qoyumm... (sebuah lagu dari opick menemani perjalanan gue dalam merenungi hidup di sebuah kota bernama Jakarta!)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer