Hakikat Sebuah IP (Indeks Prestasi)

Pagi ini jam 10 an gw dapet sms : Metris keluar nilainya
Deng deng deng.... gw paling ngeri sama nilai ini, karena pas UAS gw ga bisa...
dan bener aja, pas buka sia undip tampang gw langsung kaya gini...


Karena gw dapet A D!!!!
Gw syok berat walaupun gw tau kira2 nilai gw kalo ga C,D,E... tapi gw sering optimis sblm keluar hasilnya beneran (terbukti ampuh lho....)
IP atau Indeks Prestasi adalah sebuah angka yg selalu menghantui mahasiswa pada umumnya, membuat mereka tekuk lutut dibawah siksa dera dosen dosen, padahal filosofinya dosen itu takut sama rektor, rektor takut sama menteri pendidikan, menteri takut sama presiden dan presiden takut sama mahasiswa. Jadi rantai makanan itu yg paling tinggi mahasiswa lho.. (maksa ya?)
walaupun gw selalu menggembar-gemborkan bahwa masalah nilai dibawa santai aja, gw juga mahasiswa yg sgt sgt peduli dgn IP gw. Walaupun disini gw merasa "kenapa gw harus punya IP tinggi" agak beda dgn teman-teman pada umumnya. Jujur nih gw dari hati terdalam, bahwa IP menurut gw bukan hanya untuk unjuk kebolehan, "weee liat niiih IP gw cumlaude?" atau buat nyari kerja (bah apalagi ini kaga kepikiran sama sekali), jauh lebih tinggi dari sekedar itu.... IP tinggi adalah tameng buat gw, tameng gw untuk berdakwah.

Manusia memiliki kecenderungan "Figuritas" atau melihat tokoh/orang di belakangnya. Ketika dia sudah mengidolakan seseorang atau sreg dengannya maka apapun yg dikatakan oleh org itu akan diterima lebih mudah daripada ketika disampaikan oleh orang yg sgt bertolak belakang dgn pemikirannya. Jangan jauh jauh deh... kalo ada cowok seganteng ini bilang dgn nada ketus ke arah lw yg lagi buang bungkus permen di jalanan "Tolong dong buang sampah ke tempatnya!"


apa jawaban lw?
"ooo iya mas..., wah udah ganteng, peduli lingkungan, bersih yaa, tipe gw banget"
mentok mentok
"iiih ganteng2 jutek deh, bikin tambah gemes"

Sekarang coba kalo dia yg ngomong hal yg sama ke lw


walaupun dgn nada selembut sutra tanggepannya pasti
"muka lw aja dah kaya sampah"
atau "males ah, lw aja ndiri!"

aaah tragis...
itu lah yg gw hindari selama ini...
Boleh dibilang gw aktivis, tukang demo demoin pemerintah. Gw juga aktivis dakwah
ketika nanti gw berdakwah, harapannya gw memiliki value lebih di mata mereka
"Oh iya ya...si Lina aja IP nya tinggi, karena rajin puasa sunnah kayaknya"
tp ketika IP gw anjlok dan gw terkenal dgn si Nasakom (Nasib Satu Koma) naudzubillah... apa yg kemungkinan dikatakan orang
"aduh ni anak, sok sok nyuruh puasa, benerin dulu tuh IP lw"
susah susah....
ini aja gw lagi mikir, gw dpt nilai D untuk matkul METODOLOGI RISET!!
padahal gw terdaftar sebagai staff Riset di organisasi gw, yg mengurus perkembangan riset satu fakultas... miris boy...
Nanti pas gw teriak teriak "Ayoo ayoo kita majukan Indonesia dgn iklim Riset yg mumpuni!"
ada yg nepok bahu gw "mbak saya pernah dgr metodologi riset mbk D ya?"
langsung keluar-keluar usus gw ntar

tapi sebenernya yang bikin gw sediiiih bgt justru bukan nilai gw tapi tanggepan mak gw waktu tau nilai gw D
"Yah kok bisa sih mbak?"
"Iya ma... dosennya text book bgt hbs itu ada yg bikin contekan juga siiiih jadi aja yg jelek jd jelek bgt...kalo semua rata jelek ga kaya gini nasibku"
"Jangan sebut sebut yang bikin contekan!"
Pertama gw langsung istigfar, Astagfirullah! Gw menyalahkan sesuatu diluar diri gw, ciri-ciri orang susah maju, menyalahkan outside her/his self
Terus mak gw komen "Ya yg bikin contekan itu pinter, dia punya strategi..."
Gw istigfar lagi diiringi kepiluan mendalam
begini nih mak gw, Result Oriented not Process Oriented. Selalu lihat hasilnya. 
Jujur aja dengan pola mendidik begini gw kebawa juga...dari jaman sd sampe sma kan gw raja nyontek hahaa tapi lambat laun gw sadar bahwa Allah menilai sesuatu dari prosesnya bukan hasilnya, sejak itu gw ga pernah sekalipun berniat menyontek atau berlaku curang.

yang sebenernya terjadi adalah akhir2 ini gw banyak tidur... jadi belajar agak kebengkalai.
Let's see my IP this semester, masih kurang 3 matkul lagi dan gw berharap gw masih bercokol di angka 3,5 keatas. amiiin

Gw sama sekali ga dendam sama siapapun yg nyontek, mereka cuma belum mengerti bahwa hakikatnya IP bukan hanya sekedar angka di selembar kertas. IP memiliki bobot yang sangat besar... IP mengandung arti sebuah kerja keras, kejujuran, harapan,doa,semangat, dan sebuah perisai baja yg kuat untuk berdakwah (dan berdemonstrasi haha)

Sekarang gw lagi mikir, gimana caranya IP gw semester depan naik... tapi gw harus inget bahwa IP itu cuma perisai bukan pedangnya. Pedangnya ya gw sendiri. Jadi gw akan terus mengasah diri untuk menjadi hamba yg Allah inginkan dan yg paling Dia sayang. IP cuma salah satu cara melindungi diri.... cuma itu...




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer