Event Organizer

Gw kembali...
Pertanda buruk kan? buat gw sih terutama, karena kalo ga kejadian gila, gw pasti habis melakukan hal memalukan yg membuat gw dicemooh seluruh jagad raya alam semesta...
dan penderitaan gw belum selesai karena gw harus menerima tawa bahagia kalian. Sial...

Tapi karena terlalu sering mengalami siklus ini: kejadian gila--->nulis notes--->diketawain, gw jadi semacam refleks gitu.
Pernah suatu saat gw jalan kaki di pagi yang indah... trus gw liat mas-mas ganteng bgt.. sampe gw kejedot tiang listrik... Habis itu diliatin orang disekeliling. Dibantu orang-orang di sekitar untuk duduk di bengkel deket tiang.
"Mbak mbak ga kenapa kenapa kan?"
Gw duduk terdiam
"Tolong dong ini ada yang punya balsem ga? Mbak gimana mbak?"
Gw masih terdiam
"Eh jgn jgn mbaknya lupa ingatan"
Diem sambil terus berpikir, akhirnya gw ngomong "Kalo dijadiin notes lucu ga pak?"
Semua melongo
"Jangan deh pak, nanti saya dimarahin guru ngaji saya, saya udah janji buat godhul bashor (menjaga pandangan)"
trus gw ngeloyor pergi...sambil terus beristigfar
Semua pasang tampang serius, nyaris nangis, mendoakan kesembuhan gw dan kesabaran orang tua gw, mereka ga tau padahal siapa yg nurunin sifat gila ini. GENETIKA!

Pernah juga suatu hari saat gw tidur siang dengan tenangnya di kastil terdengar suara genjrang genjreng ga jelas di depan kastil... Karena males berbenah diri, gw cuma menjulurkan tangan buat ngasih recehan ke pengamen tersebut. Setelah lama gw tunggu sambil sedikit tertidur, duit gw belom berpindah tangan. Ternyata MEREKA ITU TEMENNYA ANAK IBU KONTRAKAN GW YANG TINGGAL DI SEBELAH KASTIL.
"Weh aseem kita dikira pengameeen!!"
Saking malunya gw cuma ngibrit ke kamar diiringi tawa meledak bocah rock n roll yg lagi mencari jati diri itu....
Berharap si ibu tidak mendeportasi gw ke kampung halaman atau kolong jembatan... jangan sampe jadi tunawisma buat yg kedua kalinya

Oke bukan itu yg mau gw ceritain... lama-lama aib keluar semua.
Gw mau ceritain pengalaman gw sebagai EO pertama di acara skala Nasional.
Begini ceritanya... nguuuk nguuk uuu....(suara burung hantu ceritanya, ga mirip ya? yaudah deh lupakan, ga terlalu penting juga cuma efek)
Suatu hari... gw yang lagi leyeh-leyeh (gw ga tau ini bahasa apa, tapi artinya kurang lebih bermalas-malasan dengan posisi guling-guling di lantai atau kasur) di ruang BEM... sambil baca-baca koran ternama di Indonesia... Terus gw liat, dicari Volunteer Muda KOM**S... Akhirnya dengan semangat 45 gw mencoba melamar, siapa tau tulisan gw bisa masuk koran itu... setelah itu banyak kejadian super gila yg membuat gw lupa gw pernah melamar ke koran tersebut, sampai suatu saat, saat gw demam tinggi (sakit beneran ini ceritanya) di kosan tergelepar tak berdaya, sebuah telepon berdering."Dengan Lina ya?"
"Uhuuuk uhuuuk... iya pak... ada apa ya?" dalam hati gw menjerit plis jangan tagihan utang..
"Saya dari KOM**S Jakarta"
Astagfirullah gw langsung inget kemaren kemaren gw sempet berantem sama loper koran ini karena dy ngajak ribut kalo SMS... dan akhirnya gw berhenti berlangganan, sumpah gw lupa bgt kalo gw ikutan volunteernya
"Maaf pak, habis saya kesel sama lopernya, tapi kemaren sudah saya bayar semua seingat saya""Eh mbak... sebentar, saya cuma mau mengumumkan kalo mbak Lina dari 9000 pelamar terpilih menjadi salah satu Volunteer Muda kita untuk kota Semarang"
Gw ditengah panas 38,5 derajat masih mencoba mencerna kata-kata dia
"SERIIIUUUS PAK SUMPAH?" Gw terlonjak sampe berdiri di kasur membuat temen gw si Ulfa yg lagi jagain gw dikamar kaget.. "Wah gawat ni anak STEP"--> dalam hatinya pasti berkata begitu..
"Hahaha iya mbak, mbak bisa dateng di Kantornya hari Minggu besok jam 11..bla bla.. bla..."
habis itu gw sembuh mendadak... yg tadinya gw nangis-nangis menahan demam tiba giliran si Ulfa nangis-nangis liat gw goyang koprol sampe dini hari...

Di hari H gw dengan segenap perasaan ingin makan koran dan minum tinta merasa sangat berbangga, sebentar lagi sebuah name tag bertuliskan PERS akan tersemat di dada... REPORTER MUDA, JURNALIS MUDA BERBAKAT DAN JELITA... Gw udah bayangin bakal ngeliput sampe dikirim ke zona perang di Palestina... aaaah indahnya dunia...
Pas gw buka pintu rapat... seorang om-om parlente, botak plontos dengan baju bahan sutera dan motif kembang flamboyan yg sangat mencolok, ditambah sedikit juntaian kalung rantai emas membuat gw koma sejenak. Sambil gemeteran gw tanya
"Ini bener rapat Volunteer?" gw udah ancang-ancang kalo sampe ini penjualan wanita ke negeri tetangga.
si Om membalas: "Iya bener masuk masuk"
Gw liat sekeliling, mbak-mbak yg kecantikannya membabi buta terlihat disana-sini... beberapa menggunakan riasan mantap sebagian ala kadarnya tapi masih tetap cantik... sedangkan gw? ANAK YANG BARU SEMBUH DARI STEP! Miris
Gw duduk dan berdoa... dan ternyata ini bukan penjualan wanita ke negeri tetangga... tapi sebuah info mengejutkan terus berdengung di telinga
"Jadi... teman-teman disini terpilih untuk mengadakan sebuah acara, semeriah apapun dalam rangka menyambut ulang tahun koran kita"
MBUUUHHUUEEEKKKSS....Muntah mendadak
semua mata melihat gw yang keselek
"Ini sponsor utama kita" kata mas pipin sebagai wakil dari si Koran sambil menunjuk om tersebut.
Ooooo..... pantes... setelannyaaa ga biasa bgt...
Gw mengacungkan diri buat nanya"Jadi saya ga bisa nulis buat koran ini? Jadi saya ga make name tag tulisan PERS?"
Gelengan kecil semua yg ada di ruangan membuat gw tertunduk lesu sambil mengubur puing-puing harapan...

Niatnya jadi wartawati malah kejebak jadi Event Organizer.
Dan saat pemilihan panitia berlangsung gw cuma menghela nafas berharap ada sedikit celah untuk kabur. Namun, Johny Depp tak sampai apa daya Tukul Arwana di tangan (apa sih ini?) Berharap bisa kabur gw malah ditunjuk jadi koordinator acara. GEMBEL!!!! GW BELOM PERNAH MEN JADI EO ACARA BEGINIAN....Di rapat pertama gw disuruh keluar sama ketuanya saking kacaunya sambil dikasih tau
"Kamu kok kayak bukan seksi acara, kayak lagi belajar jadi seksi acara tau ga?"
dalem hati gw "Emang"

Setelah peristiwa itu, gw nyaris rapat setiap hari, di kantor tersebut yang jaraknya lumayan dari kampus gw...
Tapi gw beruntung punya anggota yang emang kompeten di bidangnya, ada Ruth sama Tendy yang emang sering jadi acara kayak PENSI, KONSER-KONSER dan segala jenisnya yg sama sekali belum pernah gw sentuh.
Bayangin SMP Pramuka, maenannya kalo ga sama lumpur sama bendera
SMA, SMAKBO jangankan bikin pensi, dengerin mp3 aja udah sukuuur gw....
Tiba-tiba gw disuruh ngurus acara segede gini, isinya band-band semua.. bahkan menghadirkan guest star tingkat nasional...

Di saat rapat
Gw: "Oke ada yg punya ide siapa band yg tampil sore?"
Afif: "Tradisi Gila aja"
dalam hati gw "Appaaaan Nooooooooh? KERUPUK?"
Ayu: "Ah jangan, kurang banyak massanya"
"Jangan deh, soalnya lagunya yg paling baru kata gw kurang asik"
"Tapi gw bilang bagusan Rastaline deh daripada Tradisi Gila"
"Hmm.... mahal bukannya Tradisi Gila?"
Oke gw memilih diam daripada teriak "WOIII TRADISI GILA APAAAN?" karena gw liat semua orang tau hal itu kecuali gw, kalo gw taunya tradisi sungkeman, yaitu proses maaf memaafkan di saat Idul Fitri antara yg muda dan yang tua. BLANK!
Pake tampang sok tau gw mulai berbicara, "Tapi lagunya terlalu slow ga sih?"
Semua melongo.... "Mbak Tradisi Gila band punk rock lho"
Lari ke pasar, cari kain kafan

Di perbincangan lain setelah membahas puluhan band YANG GA ADA SATUPUN YANG GW TAU!
Gw: "Oke siapa yg kira-kira bagus ditaro sebelum Guest Star?"
Intan: "Adam Suraja aja mbak, dia udah go nasional lho"
Dodi: "Ah gila sloow bgt, lagunya cengeng cengeng"
Kumis: "Tapi ya, gw sering denger lagunya di radio. Terkenal kok"
Gw menelan ludah kesekian kalinya, tekanan mental banget sob, saat semua orang tau lo gak! Saat semua orang gahul lo gembel!
Setelah semua berdebat, dengan santainya gw bilang
"Adam Suraja drummernya oke kok"
Sebuah suara membuat gw pengen makan koran lagi saat itu juga
"Mbak, Adam Suraja itu penyanyi Single"
Lari ke halaman, gali lobang kuburan, trus pura-pura mati

Bahkan memutuskan tempat untuk rapat pun menjadi sebuah kendala
Gw: "Rapat di Mas Pur aja yok" (tempat nongkrong anak BEM, aktivis, organisatoris, masa lalu gw setahun yg lalu)
Roni: "Jangaaaan.... ga asik"
diiringi anggukan setuju nyaris semua anggota
Gw: "Ya udah deh ikut aja"
David: "Di cafe Tarzan aja gimana?"
Hopeless, udah siap tiduran di tanah
Tolooooong toloooong.... gw emang penggemar berat Walt Disney tapi gw ga tau dimana letak segala bentuk cafe di muka bumi ini....(nyambung ga?)

Berteman dengan anak-anak yang hapal lagu-lagu punk rock, band band indie, hapal tempat nongkrong anak anak GAHOEL penuh rintangan... salah satunya karena rata-rata dari mereka ga suka dengan para organisator, atau aktivis BEM,HM, dan lalalala yg isinya rapat mikirin negara mulu. Bahkan beberapa bencinya maniak!
Dan gw... anak BEM T.T... boleh ga gw loncat dari emas monas? pliiis pliiis jangan tahan gw....

Suatu hari saat rapat:
Gw: "Oke besok siapa yg bisa ke SMA ngasih surat undangannya?"
Tendy: "Kasih aja ke ketua OSIS nya"
Mbak Prisma: "JANGAN JANGAN!!! Ketua OSIS tu kebanyakan SAMPAH! Sama aja kayak anak BEM!"
BLAAAAAAAAAAAAAARRRR
gw cuma bisa perlahan melepas jaket gw yang sebelumnya gw pake dengan gagah berani, jaket merah bertuliskan besar besar BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA. Miriiiis
Sama seperti Saiful yang menunduk lemas, memegang erat bet OSIS nya... Kasihan... Beban Seorang Ketua OSIS
Habis itu gw nyeletuk "kecuali Saiful mbak, kayaknya cuma dia doang ketua OSIS yang ga sampah"
untung mbaknya langsung sadar... "Oh iyaaa doooong kalo kamu mah ketua OSIS ganteng, udah punya pacar belom, kalo belom sama tante aja"
Semua ngakak... begitupun Saiful yang telah kembali menemukan jati dirinya...
Gw kalo inget ceritanya jadi pengen bikin biografi Saiful Sang Ketua OSIS

Segala badai gw terjang... lo bayangin sob... besoknya gw UAS, tiap malem gw mesti ngumpul ngomongin acaranya.
Ancur bgt badan, pernah malah sehari rapat 3 kali. Mejret
Terlebih nih ya... Semarang itu nyaris di skip taun ini, soalnya yg tahun lalu ga terlalu memuaskan... Jadi beban bgt, katanya kalo tahun ini masih ga sesuai target, taun depan dan depannya lagi dan depannya lagi entah sampe kapan, kota Semarang bakal di skip, mungkin dipindah ke Solo.... GILAAAA!!! GIMANA GW GA PENGEN GULING-GULING!
Dan target dari Sponsor gak main-main...
200 orang peserta workshop, 2000 orang yg nonton Live Performance. NYARI DIMANCE GW??

H-seminggu terjadi peristiwa naas yang ga bakal gw lupain.
Jadi ceritanya gw yang sudah cukup muak dengan segala rapat yang ada melarikan diri ke acara pelantikan mahasiswa baru di jurusan gw... Kita naik ke Kopeng... Lumayan refreshing dengan alam...
Tapi mimpi buruk terjadi, si Ruth SMS:
Lin lo dimana? Gw butuh lo banget... Kita hari ini kan ada Technical Meeting sama semua band-band pengisi.
MATI GW LUPA!
Akhirnya baru juga nyampe gw langsung balik lagi,, kostum gw udah seadanya, jilbaban, jaket himpunan, celana training, sepatu olahraga.
Mendaki gunung lewati lembah banget deh.... Sambil lari-lari gw masuk...
Dan tet tereret  tereeet.....
Sekawanan anak muda dengan jaket kulit, tato, dan rokok menghiasi sekeliling ruangan...
Gw mencoba menarik napas... menenangkan diri, berharap ga ada yg bawa Gir, sabuk dengan kepala tengkorak buat disambit ke pala gw...ngeri bayanginnya juga...
Semua mata melihat kecacatan kostum gw, sambil nyengir pasrah gw cuma bilang "habis turun gunung bos"
Rapat berlangsung ricuh, tiap band pengen tampil sore, mungkin mereka takut dikira cupu kalo manggung siang-siang.
Asap rokok bikin gw batuk berkali-kali... ga cowok ga cewek semuanya bikin gw pengen garuk jempol... dunia apaa ini??

H-2 gw mencoba mengecek segala yang perlu dicek
Gw: Ten, yang daftar workshop berapa orang?
Tendy: 90 lin
YA ALLAH 90 dari 200? Gw siap siap dihajar sponsor

H-1 mencoba mencari secercah kehidupan
Gw: ten, yang daftar workshop udah berapa?
Tendy: 215 lin
Gw: Alhamdulilaaaaah.....
Tendy: 215 yang disebar undangannya, yg fix dateng 97.
Tulang punggung serasa osteoporosis, usus kayak diplintir,perut tuh rasanya  kaya ada cacing yang naik sepeda di dalem perut lu terus dia jatoh... nah gitu rasanya, PADA BISA BAYANGIN GA SIH? GA YA? YA UDAH DEH

Ditambah seharian itu hujan dereeeeees bgt... gw kepikiran besok gimana yaaaa Allah... Semua sibuk mencari Pawang Hujan... gw agak miris juga sih, habis kayaknya deket ke arah syirik ga sih kalo minta tolong sama selain Allah...jadi gw ga terlalu ambil suara dalam penentuan Pawang Hujan ini.
Tapi satu ilmu yg gw tau, katanya Pawang Hujan itu cara kerjanya adalah dengan tarian melempar-lempar celana dalam, yak betul CELANA DALAM... Gw cuma pengen koprol dari Semarang ke Bogor
KEBAYANG GA SIH LO, BESOK WAKTU BAND-BAND TAMPIL, SPONSOR-SPONSOR YANG PUNYA DUIT GA HABIS TUJUH TURUNAN PADA DATENG TIBA- TIBA SEORANG KAKEK MENARI DENGAN INDAHNYA DI TENGAH LAPANGAN SAMBIL MELEMPAR-LEMPAR CELANA DALAM USANG YANG DIPAKE 60 TAHUN LAMANYA.
Gw rasa bakal ada pembunuhan masal, akan ada yg mati karena kehabisan udara, akan ada yg cacat seumur hidup, mungkin buta permanen akibat pemandangan tersebut, Semua akan berteriak "MY EYEEES!"!
Gw siap-siap dipenjara seumur hidup dengan tuduhan KONSEPTOR PEMBUNUHAN MASSAL

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang... Berbekal doa dan pasang muka badak gw berlari menuju TKP
Dan gw disambut oleh segerombolan Enci-enci dari Jakarta sebagai pemegang kekuasaan tertinggi sponsor... Dilihat dari penampilannya gw yakin Tas Louis Vitton nya senilai kontrakan gw setahun, sepatu Hush Puppies nya senilai motor gw, Kacamata Gucci nya aja mungkin seharga SPP gw satu semester. Gw dateng-dateng langsung disuruh presentasi di depan para sponsor... nyaris mampus... Gw cuma gembel jalanan yang baru pertama kali ikutan acara beginian.
Akhirnya dengan sedikit ke-sok santai-an gw, gw bisa ngomong, seenggaknya kalo gw cuma diem mingkem depan mereka dikira gw ngadain aksi jahit mulut minta naik gaji.
Enci-Enci: "Oke, saya lihat hasilnya nanti... saya cuma mau ngingetin, tolong di sebut terus merek kita ya,,, bilang ke MC nya untuk terus Sounding merek kita... JANGAN SAMPAI SALAH SEDIKIT PUN! Sampai salah sebut atau bahkan malah sebut merek kompetitor...(dia menghela napas, mengerakan tangan ke lehernya)
Gw refleks megang leher gw sendiri. Pias
Habis itu mereka ketawa-ketawa
Gw ikutan ketawa, sambil mikir SOUNDING APAAAAN WOOI ARTINYA???? Salah instruksi nyawa gw tarohannya nih

Untung MC yg dipake emang kompeten bgt bgt! Pas gw bilang, Mbak mas nanti tolong merek merek sponsor terus di Sounding ya
mereka menjawab dgn sangat paham "OKE MBAK, PASTI KITA SOUNDING TERUS"
Ternyata sounding artinya "Terdengar"... Mana gw ngeh ya..Tobat

Tiba sponsor yg satu lagi... Bapak-bapak yang menurut gw rewel bangeeeet... tp baik sih
"Iya pak nanti saya coba tanya perlengkapan untuk masalah tata panggungnya"
Bapak sponsor: "Ah itu mah kenapa harus kamu yg ngurus, itu kerjaan Vendor... Kita kan udah keluarin banyak uang buat Vendor... jangan salah lho kita ini ngeluarin banyak buat acara ini..bla bla bla... jangan sampai kalah dari kota kota lain...bla bla blaa" UNDERPRESURE TINGKAT DEWA
Asal tau aja, awal-awal gw tau kata vendor, gw pikir Vendor salah satu nama panitia, gobloook bgt
ternyata Vendor itu yaa pihak yang dibayar untuk ngurus segala macam perlengkapan mulai dari panggung, stand-stand, mic, lighting dll.... fyuuuuh...

Keseluruhan acara sangat sangat sangat memuaskan... Semua keajaiban yang Allah berikan
bayangin aja, peserta workshop 280 an!! Peserta Kompetisi di luar target dan yang lebih parah... Pengunjung Live performance 2000 lebih!!!
Band Efek Rumah Kaca sebagai Guest Starnya pun menyanyikan lagu jauh melebihi banyaknya yg tertera di MOU karena riuhnya penonton...
Tapi sebenernya gw ga terlalu suka dengan kencengnya sound panggung yang bikin gendang telinga gw nyaris pecah dan jantung gw nyaris keluar. 20.000 Watt bos Gensetnya!
Akhirnya gw cuma melihat dari kejauhan... memandangi hasil kerja keras tim selama ini, dan tanpa terasa gw nangis... Sedih dan terharu...
Dan waktu gw deg-degan karena waktunya ngaret gw mencoba bertemu seorang Direktur Sponsor...
"Bu maaf ya, acaranya sampai jam segini"
Dia seperti direktur pada umumnya, cuma menganggung setengah leher, menatap gw tajam, sambil bilang
"Sudah saya bilang sebelumnya... pasti akan begini"
MATI GW
"Tapi EMANG INI YANG KITA CARIIII.... YUHUUUUU SAYA MAU KESANA AH, NONTON PALING DEPAN! KAMU NGAPAIN DISINI!! CROWDED BGT UWAAAAAAAAAWW I LIKE IT, MAKASIH LHO SAY!!! AKU CAO DULU YAA...WUUUUUU"
Dia langsung melepas syal nya yang melilit anggun dan berlari kencang menuju panggung. Gw koleps liat direktur yang selama ini gw nunduk nunduk kalo lewat ternyata juga KENTIR.... haha. Respon sang direktur membuat senyum gw ga lepas lepas sampe sekarang.
Setelah acara itu gw baru sadar kalo ternyata seluruh badan gw udah remuk redam...
Akumulasi pulang jam 1 malem tiap hari membuat gw pengen tidur ga bangun bangun ya minimal 48 jam... tapi ga mungkin
akhirnya gw memutuskan untuk memakai KOYO CABE!
Dan alhasil 2 hari 2 malem gw teriak teriak. KAKI GW DIBAKAR!!!
Gw pengen nuntut pabrik yg buat ini KOYO!
SUMPAH YA PANASNYA GA MANUSIAWI!!!!
Tapi gw ga mau copot, masa direktur perusahaan-perusahaan gede aja dah gw takhlukin tapi gw kalah dengan selembar koyo!
Karena gw kesel gimana caranya menahan sakit yang tak tertahankan, gw maki maki aja ni si koyo.
Jadi pas panasnya mulai terasa gw teriak "Eh Koyo!!! Percuma lo mau ngeluarin segala jurus lo buat nyakitin gw! Gw ga bakalan kalah!! Panas lo belom ada apa-apanya dibanding panas api neraka"
"DIEM KOYO!!"
"DIEM GW BILANG"
Temen gw cuma geleng-geleng prihatin liat kondisi kejiwaan gw, mungkin mereka berpikir tekanan acara tersebut membuat gw gila permanen.

Sebuah lagu mengalun dari playlist gw, lagu yang dibawain Mariah Carey menutup cerita perdana gw sebagai seorang Event Organizer.

When You Believe

There can be miracles,when you believe
Though hope is frail, it's hard to kill
Who knows what miracles you can achieve
When you believe, somehow you will
You will when you believe

Gw ulang tahun ga pernah pake EO padahal gw artis Hollywood


Komentar

  1. Haloo pak^^

    Kami dari SENTANAPOKER ingin menawarkan pak^^

    Untuk saat ini kami menerima Deposit Melalui Pulsa ya pak.

    *untuk minimal deposit 10ribu
    *untuk minimal Withdraw 25ribu

    *untuk deposit pulsa kami menerima provider
    -XL
    -Telkomsel


    untuk bonus yang kami miliki kami memiliki
    *bonus cashback 0,5%
    *bunus refferal 20%
    *bonus gebiar bulanan (N-max,samsung Note 10+,Iphone xr 64G,camera go pro 7hero,Apple airpods 2 ,dan freechips)

    Daftar Langsung Di:

    SENTANAPOKER

    Kontak Kami;

    WA : +855 9647 76509
    Line : SentanaPoker
    Wechat : SentanaPokerLivechat Sentanapoker

    Proses deposit dan withdraw tercepat bisa anda rasakan jika bermain di Sentanapoker. So… ? tunggu apa lagi ? Mari bergabung dengan kami. Pelayanan CS yang ramah dan Proffesional dan pastinya sangat aman juga bisa anda dapatkan di Sentanapoker.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer