Gila itu kalo lo gembel tapi bisa wawancara Dubes AS

Di cerita kali ini, gue cuma mau berterima kasih sedalam-dalamnya kepada temen-temen yang udah sering banget ngingetin kalo gue gila... MAKASIH BGT....
Selama ini gue selalu menepis bahwa gue gila dan mencoba menjalani hidup ini seperti orang normal. Tapi akhirnya gue tau, gue emang gila... 
Jadi gini ceritanya kenapa gue mulai bisa menerima kenyataan bahwa gue gila...
Gue kan liburan semester genap, ya seperti kebanyakan orang pada umumnya gue cuma menghabiskan waktu liburan dengan 4M (Makan, Molor, Main, Modol)---> atau gue doang?
Tapi yg jelas ga produktif banget, satu-satunya yg bikin gue sedikit berarti adalah gue masih baca novel.
(sama aja ga sih sebenernya?)

Kemudian, secara tidak senonoh mak gue minta gue ngurus beasiswa PPA (lagi) padahal gue udah sengaja ga ngasih tau kalo dibuka beasiswa PPA dan BBM... tapi entah darimana mak gue tau, seperti cerita sebelumnya (baca Tragedi Beasiswa PPA: Dasar Anak Aneh!!! Kembali Sinii!!). PPA selalu membawa sebuah cerita cacat buat gue.
Karena ancaman blokir kartu ATM akhirnya gue putuskan untuk pulang Semarang lebih awal. Waktu gue sampe Tembalang, daerah kampus gue, gue cuma melongo kaya kecebong sambil nangiiiis. Sepiiii bangeeet men.... gue sedih, biasanya di pojokan warteg itu gue nongkrong bareng temen gue, terus biasanya di atas pohon itu gue gelantungan (sambil menjedotkan kepala ke batang pohon, tapi boong!!)
Terus sekarang yang menemani gue cuma angin semilir, selembar kertas kampanye Pemilihan Ketua Bem yang terbang terbawa angin, bunyi jangkrik di siang hari yang terdengar sampe ratusan kilometer. Melankolis banget pokoknya
Penderitaan belum berakhir, pas gue sampe kastil gue dikejutkan dengan tumbuhnya JAMUR di tempat cucian piring yang tumbuh menjalar kemana-mana!!!! GUE SAMPE MIKIR MAU BIKIN PERUSAHAAN JAMUR CRISPY!
Banyak bgt... debu menutupi lantai kastil, sarang laba-laba di rak sepatu... serba hancur. DAN GUE SENDIRIAN
Gue cuma punya dua  pilihan
1.  Tidak akan sudi membersihkan beban segini beratnya sampe temen2 yg lain dateng, dan mencoba tidur bersama laba-laba dengan sarapan jamur yang tidak diketahui kandungan gizinya (atau racunnya).  Tapi pas gue pikir-pikir temen gue paling dateng 2 minggu lagi, dan gue rasa kalo gue tetep pada pilihan ini, mereka akan menemukan kerangka seorang putri di sebuah kastil, bukan menunggu pangeran yang menyelamatkan atau mati canrik karena makan apel dari nenek sihir, tapi mati keracunan jamur atau bisa laba-laba
2.   Gue mencoba membersihkan sebisa mungkin supaya gue bisa tidur dengan tenang. Walaupun ada resiko patah tulang, encok, reumatik tapi semoga itu dinilai sebagai amal kebaikan gue. Kalaupun gue harus gugur di medan perang akan dicatat selamanya jasa gue di dinding2 kastil.

Setelah dua hari dua malem gue ngebabu sampe tulang gue ancur, kaki di kepala, kepala di perut, perut di punggung, bayangin deh! akhirnya gue bisa merasakan kastil yang paling sejuk seumur hidup, apalagi kamar gue, sampe2 gue pengen tidur di lantai saking rapinya dan ga mau kotor lagi (hahaha bego).Tapi waktu mata gue melihat kekosongan tanpa adanya penghuni kastil yang lain gue jadi nangis lagi... sepinya bener bener membunuh...
Akhirnya gue coba main ke tante gue yang juga pegawai di UNDIP...
Naaaah disitu gue dapet info kalo UNDIP hari rabu ngadain Kuliah Bersama dengan pembicara Duta Besar Amerika Serikat! (waktu itu hari Senin)
Yah sebenernya gue juga ga terlalu tertarik tapi gue pikir untuk mengisi waktu luang ya gapapa lah, tapi kuota terbatas 50 orang per fakultas.Ternyata gue lagi bernasib baik, pas mau pulang gue malah ketemu sama Pembantu Dekan fakultas gue, terus gue malah disuruh data siapa aja yg mau ikut,,, yah otomatis gue dapet satu jatah kursi...Dan sepanjang perjalanan gue kepikiran sebuah ide CACAT yg GILA banget!
GUE PENGEN WAWANCARAIN DUBESNYA!!!
Tapi gue mikir gue cuma seonggok gembel yang kesepian di kota orang... Gimana caranya? Gue muter otak juga ga bisa... mau bawa-bawa gue Kompas, juga kaga ngaruh, gua bukan pers nya, cuma EO. Mana ada ntar dpt izin wawancara gara-gara nunjukin kartu EO.
Gue udah coba saran Ebiet G. Ade, buat nanya ke rumput bergoyang, tapi kata mereka sih mereka ga punya waktu, mereka jadi sibuk sejak si Ebiet ngeluarin lagu itu, banyak yg konsultasi katanya sih. Ya udah lah apa boleh dikata...
Sambil mikir kemana lagi gue ngebolang, menghabiskan waktu. Gue inget kalo bapak gue punya temen di Semarang, akhirnya gue sambangi juga tu rumahnya.
Namanya om Huda orangnya asik banget, gaul abis! Anaknya dua Ilmi sama Salman...
Pas gue cerita kalo gue mau dateng ke kuliah umum bareng Dubes AS, si Om Huda langsung nyeletuk,
"Oh si Marciel mau kesini? Bilangin ntar ya salam dari aku"
MAMPUS Siapa Marciel?
KENAPA JUGA HARUS SALAM KE DIA? Gue langsung koleps, kejang-kejang...
ga sih
lebay

Dan lo tau kawan... Yang namanya Kuasa Tuhan atau God Hands itu beneran ada... mana gue tau sebelumnya kalo si Om ini Jurnalis Washington Post...
akhirnya ide gue wawancara si dubes yg tadinya cuma imajinasi gila menjadi tampak real...
Dengan berbekal berguru ke Om Huda... gue latihan siang malem...
Buat pertanyaan, latihan wawancara (pura-puranya si om jadi dubes)... gitu terus berulang-ulang, sampai akhirnya keputusasaan menerpa...bahasa Inggris gue pas-pasan, grammar hancur, tampang buluk, dan yg paling parah gue ga bergabung ke pers apapun kecuali lembaga pers himpunan, yg jelas-jelas baru beberapa bulan berdiri... itu juga setengah ada setengah absurb...pasti nanti banyak orang pers yg cihuy cihuy dateng...
Siapa juga gue, apa untungnya buat si Dubes diwawancarai gue... 
Tapi cuma satu yg gue inget kata om Huda, "Make them impressed with you"
Buat dia terkesan dulu, jangan biarkan dia lupa ada sesorang bernama Lina yang pernah wawancara dia.

Gue kepikiran bawa uler kobra terus gue joget sama uler dulu di depan pas si dubes ngasih kuliah, tapi kemungkinan dimasukin RSJ besar
Atau sekedar meledakan petasan kayak di stadion bola, gue takut mak gue dipanggil ke Polsek...
GAK MUNGKIIN! HARUS ADA ALTENATIF LAIN

Semaleman gue ga bisa tidur, hari yang ditunggu besok tiba... Setelah sekenanya gue meminta temen gue Chandra buatin kartu Pers Lentera (yg namanya bahkan baru diketahui anggotanya), dan si Ade buat jadi kameramen buat ngeliput.. kalo jadi itu juga...

Bener aja, pas gue dateng, gue langsung mules... banyak banget polisi sama orang intel gitu. Pemeriksaan tas sampe dua kali, gue bawa tas mukena aja sampe dipencet-pencet, "lu kata ada bomnya mas?? ada juga BON utang!"
Gue yang udah bayangin pake name tag bertuliskan PERS walaupun tau kecil, PERS LENTERA ternyata harus dikecewakan dua kali seperti kejadian EO kompas, karena si Chandra salah ngeprint, tulisannya jadi CREW!
ini gue jadi panitia apa gimana??? gue dah parno ntar tiba-tiba gue dikasih sapu disuruh nyapu gedung atau disuruh buatin kopi, beliin cabe, ganti popok, bingung kan kalo lo jadi gue?
Mana orang pers yang dateng banyak bgt lagi! Dari koran lokal dan nasional, TV lokal dan nasional... pers undip, humas undip, pokoknya semua bikin gue mules 
Peralatan mereka juga manteb bgt... gue ngerasa kaya orang yg dateng ke pesta dansa pake training olahraga atau main ke pantai pake baju adat minang...

Gue rada ga konsen denger kuliahnya... gue harus cari cara nih supaya gue bisa wawancarain, pokoknya harus bisa!
Gue coba ke panitianya. Kata segerombolan ibu-ibu panitia yg udah mau ngakak liat gue meminta gue untuk datengin bapak-bapak yang dibelakang,pas gue samperin bapak-bapaknya buat izin wawancara setelah selesai acara tiba-tiba dia ngasil kode, dateng dua intel, satu cowok satu cewek. Dua duanya berjas, tinggi setinggi tiang listrik dipotong dikit. Si cowok kayaknya Komandan Intel, jas dia beda sendiri warnanya. ada kembang segala di kantongnya, ngapa lu pak? mau resepsi?
"Adek ini mau apa?" suara berat, badan gede tampang preman, kayaknya sekali gampol gue mati deh hahaa
Adek...kecil...tak...berdaya...
dengan mengumpulkan segenap keberanian gue ngomong "saya mahasiswi teknik lingkungan pak, saya mau wawancara pak dubesnya. selesai acara bisa?"
"Ga bisa, sibuk pak dubesnya, habis ini langsung ke Kudus" kata intel cewek
"Bentar mbak, 5 menit"
"Ga bisa bener bener ga bisa!"
Akhirnya karena gue terus ngotot sampe mereka capek, dan gue dari takut sampe berani , sampe takut lagi, berani lagi, ciut lagi, nekat lagi... gue dah siap ditembak si Komandan Intel padahal, ntr gue tolaklah, gue masih kuliah
Akhirnya gue disuruh lapor ke ketuanya. Si komandan intel bilang kalo dia oke kita oke...
Gue dah keringet dingin... gue samperin bapak-bapak berbaju batik tersebut, badannya sih biasa, tp matanya membunuh. Mungkin dia jengglot, pikir gue waktu itu...
dengan sangat diplomatis bapak jengglot ini menjawab "Wah coba kalo nanti dubesnya bisa ya bisa, tidak ya tidak saya tidak bisa menjamin"
LHO KI OPO TOOO YO??
Masa gue teriak sekarang, "WOI PAK, NTAR HABIS ACARA INI SAYA WAWANCARA BISA GA? KALO BISA BILANG BAPAK INI YA!"
Setelah mencoba mencari jawaban iya buat dibawa ke para intel akhirnya gue harus dilempar ke satu orang lagi REKTOR!
Rektor duduk di paling depan, dikelilingi jajaran pejabat birokrasi UNDIP, asisten Dubes, dan orang2 penting lainnya... gue menelan ludah, mencoba membasahi kerongkongan yang udah berasa digebuk pake Gir anak2 tawuran... 
Gimana cara gue kesana aja gue bingung? yah sbnernya kesana tinggal kesana. tinggal bagaimana lu ga dihajar masa
Berbekal kenekatan... gue maju duduknya satu baris satu baris... sampai tepat di belakang rektor... Gue mencoba harapan terkahir.
Sebenernya ini atraksi ternekat gue... tapi ga ada jalan lain selain memaksimalkan apa yg bisa dilakukan
kepalang kecemplung lanjutin aja daripada setengah2 ga bakal jadi (filosofi kerupuk khas smakbo)

Keringet udah segede eek gajah ngucur... Gue mencoba menyapa pak rektor dari belakang, diiringi lirikan mematikan pejabat yg lain..
Gue: "Pak maaf"
Rektor: "Eh iya Lia ada apa?"
Lo tau apa, gue ga pernah nyangka Pak Rektor itu inget gue (sekalipun jadi LIA),,, soalnya gue peserta tetap SENAM BARENG REKTOR. Jadi biasanya tiap jumat pak rektor pasti ngadain senam sehat bersama, habis itu sarapan gratis. Gue anak kos, dgn bulanan sedikit diatas UMR,  jadi semua pasti udah tau kan motif gue apa dateng tiap jumat joget-joget bersama kumpulan ibu-ibu dan bapak-bapak??  -__-
Balik lagi... ke pak rektor
dengan speak speak sebisa mungkin gue membuat pak rektor yakin kalo gue ga bakal ngebom, akhirnya liat tampang gue yang udah kaya cunguk kecebur got terus keserempet mobil akhirnya pak rektor luluh juga...
Pak Rektor: "Oke tapi sambil jalan aja ya gpp kan?"
Gue: "gapapa pak" (padahal mimpi gue bisa dikasih waktu 15 menit, wawancara ekslusif kaya si Oprah ngewawancarain orang penting--- emang sih impian babu)
Pak Rektor: "nanti kamu jalan saja dibelakang saya ya"
Gue: "iya pak" dalam hati gue, bersyukur punya rektor baik begini...

Suasana mencekam, detik-detik sebelum selesai kuliah sangat mematikan, gimana kalo gue ntr ga bisa ngomong apa-apa? terus gimana kalo gue ditembak sama intelnya? Deg-degan parah bgt...Kameramen si Ade sampe pias mukanya, cuma bisa ngomong "Deg-degan, deg-degan, deg-degan sambil menunduk..." kasian tekanan mental ini terlalu berat buat dia...

Tiba-tiba salah seorang intel menghampiri gue.
Intel: "Mbak, mbak yg mau liput pak dubes ya?"
Gue: "iya pak"
Intel: "maaf mbak ga bisa, ini kartu namanya"
Gue: "tp kata pak rektor bisa" ---> sambil pasang tampang melas
Intel: "Ini nanti hubungi ke asistennya aja, kalo masih ada yg mau ditanyakan, tanyakan saja mbak ke nomer itu"
dia pergi
gue nyaris nangis, licik! batin gue...

Akhirnya acara selesai... pak dubes bangkit diiringi intel yg sebanyak arak-arakan haji orang kampung gue.
Gue masih yakin ada harapan buat gue...
Dan bener aja setelah gue bangkit, pak rektor manggil gue
Langsung gue hajaaaar
semua pertanyaan mengalir dengan sedikit kebusukan grammar...
dan tangan gue gemeter megang recordernya.

Lo bayangin gue bukannya wawancara sambil jalan, tapi si dubes itu berdiri di depan gedung diem dan wawancara ekslusif itu jadi tontonan semua peserta yg hadir...
Semua itu pengalamanan yg berharga bgt buat gue... dan semakin membuktikan bahwa gue emang gila! GILA AKUT
Sayangnya Ade gagal mengambil foto gue sama si dubes, saking groginya...

But, it's fine... Gue dapet pengalaman yg ga semua orang dapetin....
Glory glory Lina







Komentar

  1. Balasan
    1. wah kamu pas ga di semarang ya cit?? makasih anyway hehe

      Hapus
  2. gila, u realy is GILA jaw! :D
    hahaha
    but u make me impressed, indeed

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaaaaa bomey, peluuuk, hehehehe
      thanks ya sob buat supportnya

      Hapus
  3. Balasan
    1. apa lu?? cecunguk cecunguk! lu tuh udah puas kan di PARE ntr ajarin idiom yak haha

      Hapus
  4. Kemaren ane sempet mikir kalo ente kedepan mau nusuk tuh dubes pakai pisau lin.. sip dah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha yaah kaleee nusuk pake piso mah mati sekeluarga aku fan, mending santet sekalian hahaha

      Hapus
  5. Hahaha. Ngakak banget lina. Gilaaa banget tapi Good job lah. Haaaa.

    BalasHapus
  6. hehe makasih yaa , tp udah biasa aku di ngakak2 in kok (opo to iki)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer